Cara Menggunakan React Router

Aristrisnawan
2 min readJan 25, 2022

--

Halo teman-teman, ini pertama kalinya saya menulis di medium.

Saya ingin membagikan beberapa ilmu yang baru saja saya dapat hari ini, semoga ilmu ini bisa bermanfaat untuk temen-temen semua.

Jadi pada hari ini saya telah belajar penggunaan reactrouter v6,

Dalam kasus kali ini, saya anggap teman-teman semua sudah mempunyai project reactjs ya.

Langkah yang pertama teman-teman masuk ke project reactjs kalian, kemudian buka command prompt atau bisa masuk di terminal vsc kalian.

ketikan perintah di bawah ini:

npm install react-router-dom@6

Jika sudah selesai kalian bisa masukan tag <BrowserRouter> di file index.js seperti gambar di bawah ini :

Jika sudah memasukan tag BrowserRouter, kita bisa menambahkan route yang kita inginkan

Untuk tag layout kalian bisa hialngkan ya, kita fokus ke tag Routes dan Route

Penjelasan :

path : merupakan alamat yang berada di search bar, seperti https://facebook.com

element : untuk tujuan jika mengklik pathnya, misalkan kita mengkilk tombol yang pathnya “/home” maka akan mengarah ke file ContainComponents.

Tetapi jika kalian tidak ada file yang di tuju maka kalian bisa langsung masukan menggunakan div dalam elementnya seperti Route terakhir.

Untuk lebih lengkapnya kalian bisa kunjungi web reacrouternya ya teman-teman.

Mohon maaf ya, ini pertama kali saya nulis di medium jadi bingung dengan kata-katanya hehe

Terimakasih teman-teman

--

--