Speak About: Title Challenge (Hal-hal Mendasar)

Yak! Gue akan kembali mengusahakan untuk menulis. Entah kenapa belum kepikiran untuk nulis fiksi lagi. So sorry :(

Daripada tidak menulis sama sekali, gue akan membuat Speak About. Speak About adalah artikel yang setengah review, setengah curcol wkwk
Gue akan me-review game atau apapun yang bisa gue review. Untuk saat ini mungkin game dulu, nanti ke depannya semoga bisa bertambah lagi hal-hal yang gue review.

Di Speak About pertama ini, gue pengen ngebahas sebuah game yang udah gue mainin selama … gue libur. Sebelum libur juga kayaknya udah main deh. Jadi udah sekitar 3 bulananlah.

Game ini bernama Title Challenge.

(Ini gue ambil dari web gamenya langsung)
Game Name: Title Challenge
Developers: Laurent Maguire, Paul Sturgess, Thom Dorkings, Ahmet Abdi and Dave Will.
Platform: iOS
Enquiries: games@kyangames.com
App Store: http://itunes.apple.com/app/id959982756
Facebook: TitleChallenge
Twitter: @TitleChallenge
Website: http://www.titlechallenge.com
Language: English

Seperti yang udah tertera, game ini cuma tersedia di iOS (maap Android user) dan harganya GRATEEEZ.

Ini adalah game di mana kita mengatur sebuah tim sepak bola dari liga-liga yang bisa dipilih: England, Spain, Germany, France, Italy, Portugal, and Netherlands. Buat gue yang ga paham-paham banget sama sepak bola, ketujuh liga ini sudah cukup sih. Kalo mau nambahin liga, ngedit tim yang udah ada, di game ini juga disediakan fitur untuk mengedit database yang sudah ada biar sesuai keinginan kita.

Saat gue donlod (dan sampe sekarang), default seasonnya adalah season 2015/2016, terus ada 1993/1994, dan 2001/2002. Karena gue baru-baru ngerti sepak bola, gue akhirnya mulai dari 2015/2016. 
(Soalnya gue familiarnya sama pemain-pemain season 2015/2016. Di season lain gue cuma familiar sama beberapa pemain wkwk)

Gue udah mengarungi sekitar 20 season lebih (26 season tepatnya, sekarang sudah masuk season 27) bersama tim terbaik di tanah Inggris.

Yup, Manchester United, yang tetangganya berisik itu.

Tapi sedihnya, gue baru 6x juara liga. Bayangin aja, di era sepak bola modern, main 20 season dan cuma 6x juara liga? Keburu didepak gue dari tim.
Kecuali gue adalah Opa Wenger, lain cerita.

What a long journey
What a long journey (2)

Sedikit penjelasan dari foto:
S (Season): Musim 
League: Liga tempat timnya bermain, karena MU ada di Premier League, maka leaguenya Prem
Pos (Position): Ranking tim saat seasonnya berakhir
Pld (Played): Jumlah game yang dimainkan, di game ini Premier League ada 38 game yang dilalui oleh sebuah tim di sepanjang musim (gue lupa apakah Premier League beneran juga jumlah gamenya 38)
W (Win): Jumlah game dimana kita menang, 1 game yang dimenangkan poinnya +3, standarlah ya
D (Draw): Jumlah game dimana kita seri, 1 game yang seri poinnya +1, ini juga standar
L (Lose): Jumlah game dimana kita kalah, 1 game yang kalah poinnya 0
F (Gue lupa apa istilahnya): Jumlah gol yang tim kita lesakkan ke gawang lawan secara keseluruhan
A (Lagi-lagi gue lupa apa istilahnya): Jumlah gol yang tim lawan lesakkan ke gawang kita secara keseluruhan
GD (Goal … defisit? Drawing? Anjirlah gue lupa): Selisih antara F dan A
Pts (Points): total poin dari win, lose, dan draw

Awalan gue … gue berada di posisi 6, posisi MU musim lalu :(
Apa mungkin karena gue ga beli Pogba, Mkhitaryan, Bailly sama Ibrahimovic?
Iya, kenapa gue ga beli? Bukan karena ga ada duit, tapi di game ini, kita disarankan cuma milih 4 liga yang bisa kita ajak jual beli pemain.

Sebetulnya bisa aja kalo kita mau milih semua liga untuk jual beli pemain. Gue udah coba, tapi itu bikin kita lama nunggu loading waktu hasil pertandingan udah kelar. Gamenya juga kerasa jadi lebih berat.
Why? Karena setiap liga yang kita ajak jual beli pemain, hasil pertandingan di liga tersebut akan nongol juga di laman loading kita. Semoga kalian paham maksud gue.

Bayangin aja, di liga Inggris, ada 5 divisi (dari League One ampe Premier League), jadi hasil pertandingan dari League One sampe Championship bakalan nongol di laman loading. Belum lagi dari Liga Spanyol 2 divisi (La Liga sama divisi di bawahnya). Ditambah liga-liga lainnya.

Buat gue, mantengin hasil pertandingan liga lain ga begitu penting sih. 
Ini bisa disiasati dengan ngedelete divisi-divisi yang dianggap ga penting di menu database editor. Tapi gue mager banget.

Liga-liga yang gue pilih buat transfer adalah liga Inggris, liga Perancis, liga Spanyol, dan liga Jerman. Sejauh ini gue ga begitu mengamati liga Italia, liga Portugal, dan liga Belanda, jadi gue ga masukin ketiganya.

Tim gue sempat merekrut nama-nama yang lumayan … bagus, menurut gue: Timo Werner, Saul Niguez, Antoine Griezmann, Bernd Leno, Romelu Lukaku, Alexandre Lacazette, Dele Alli, Heung-Min Son, dan Andre Schurrle.

Ngerekrut di game ini tuh ga ruwet kayak di game football manager lainnya: di sini cuma klik approach, tim sono nerima approach-an kita, dan si pemain pasti bilangnya pengen join ke klub kita. Gue ga pernah dapet penolakan dari pemain di game ini, hehe. Kalopun gue ga berhasil ngerekrut, paling cuma kendala dana.

Sepanjang sejarah tim gue, beberapa nama lumayan bersinar, misalnya Timo Werner, Bernd Leno, sama Heung-Min Son. Nama terakhir gue agak “wow” karena rekrutnya bersamaan sama Dele Alli, dan Dele Alli ternyata biasa aja di tim gue :( malah Son yang melejit menurut gue. Ratingnya oke terus tiap season. Sayangnya gue ga mendokumentasikannya dengan baik.

Ngomongin pemain yang bersinar, gue punya seorang pemain favorit. All time favorite sih buat gue:

Introducing: J Kirkland.
J Kirkland, baby!

Penjelasan tambahan:
App (Appearances): Jumlah penampilan 
Gls (Goals): Jumlah gol yang dicetak 
Ast (Assist): Jumlah asis
Yel (Yellow): Kartu kuning
Red: Kartu merah
MoM (Man of the Match): Penghargaan pemain terbaik per pertandingan
Avg: Rata-rata rating pemain per season

Gue mendatangkan J Kirkland di season 17, dan season 18, gue juara liga. WTF. WTF. WTF!
Harga tertinggi dia di transfer market adalah 39M (tidak terdokumentasikan hiks), di musim 25–26 harganya segitu. Tapi gue ga jual, soalnya doi gokil sih.
Liat aja di season 25. Doi cuma butuh 36 kali bermain untuk 62 gol dan 4 asis. Muke gile. Kalo dirata-rata … 1 pertandingan sekitar 2 gol. Mantab soul buat seorang striker. Sekelas Ronaldo mungkin, kalo doi beneran ada di dunia nyata.

Oke segitu dulu Speak About kali ini, masih ada yang mau gue ulas dari game ini, misalnya gue pake taktik apa, tips belanja pemain, dan lain-lain. Semoga kalian paham, dan terhibur sama bahasan gue. Kritik dan saran dipersilakan di kolom komentar.

Ciao,
Ari