7 Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Anak susah makan???

Bingung cara mengatasinya???

Mari kita simak artikel di bawah ini…

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Jangan anggap sepele apabila anak susah makan. Anak sangat memerlukan asupan nutrisi yang seimbang dan teratur setiap harinya. Hal itu sebagai faktor penentu pertumbuhan mereka. Apabila anak kurang asupan nutrisi yang optimal, tentu saja akan mengganggu pertumbuhan mereka. Oleh sebab itu kita perlu segera mengatasinya. Di bawah ini beberapa cara untuk mengatasi anak susah makan, berikut penjelasannya :

1. Menyajikan Makanan Dalam Porsi Kecil

Saat anak masih kecil, keadaan lambungnya juga masih kecil dan belum dapat bekerja secara maksimal. Oleh sebab itu bunda harus dapat menyesuaikan dengan keadaan dari lambung anak, dengan cara memberikan porsi makan jauh lebih sedikit. Sehingga anakpun dapat menghabiskan makanan tersebut dan saluran pencernaannya pun tidak akan terganggu.

2. Hidangkan Makanan Yang Bervariasi dan Menarik

Contoh Kreasi Makanan Untuk Anak

Cara yang kedua adalah dengan memberikan hidangan makanan dengan macam dan bentuk yang bervariasi dan sajian yang menarik. Bunda bisa menyajikan menu makanan yang berbeda antara makan pagi dengan makan siang. Agar sajian menarik bunda bisa membuat kartun kesukaannya menggunakan jenis sayuran dan buah-buahan. Akan tetapi bunda juga harus memperhatikan asupan minumannya pula. Minuman juga sangat penting untuk anak karena kandungan gizi dan nutrisi di dalamnya.

3. Jadikan Moment Makan Anak Sebagai Hal Yang Menyenangkan

Gambar Anak Sangat Senang Saat Makan

Cara selanjutnya adalah bunda bisa menggunakan trik khusus agar menarik perhatian anak tersebut hingga mau menyantap setiap makanan, namun anak bisa saja bosan apabila dilakukan secara berulang kali. Sehingga perlu adanya kreatifitas dengan cara alami supaya anak tetap mau melahap makanan yang disediakan.

Cara yang bunda bisa lakukan adalah dengan mengajak anak berlomba makan dengan anda dan berikan ucapan pemenang untuk memacu agar anak merasa senang dalam mengkonsumsi makanannya. Selain itu, bunda harus hidari beberapa hal yang membuat anak tidak senang, seperti menakut- nakuti, mengancam, bahkan memarahinya apabila makanan tidak dihabiskan.

4. Berikan Reward/Hadiah

Anak kecil biasanya sangat menyukai apabila di beri hadiah oleh orang tua. Hal ini bisa di terapkan oleh bunda agar anak lahap makan. Anak akan bersemangat menghabiskan makananya agar mendapatkan reward atau hadiahnya.

Berikan reward/hadiah yang mendidik untuk anak, misalnya rekreasi ke kebun binatang. Hal ini selain untuk merangsang anak makan juga akan memberikan dampak positif terhada diri mereka.

5. Terapi bermain

Bunda bisa meningkatkan nafsu makan anak dengan mengajaknya bermain. Anda bisa mengajak bermain di suatu taman sambil makan. Hindari mengancam, menghukum, ataupun menakut nakuti agar anak tidak takut atau trauma untuk makan.

6. Mengajarkan perilaku Makan Yang Baik dan Makan Teratur

Agar anak mengenal banyak rasa, bunda bisa menyajikan menu makan yang bervariasi. Biasakan juga anak untuk makan bersama. Dengan makan bersama, kita bisa menjalin hubungan yang baik dengan anak. Bisa membuat orang tua adalah teman yang menyenangkan bagi anak di meja makan.

Bunda juga harus membuat jadwal makan anak dengan teratur dan membiasakannya. Sama juga dengan waktu tidur, mandi, dan sebagainya.

7. Berikan Suplemen Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak

Vitamin Untuk Anak Susah Makan

Suplemen vitamin penambah nafsu makan anak ini bisa membantu anak untuk lebih lahap makan. Akan tetapi bunda harus berhati-hati dalam memilih suplemen untuk anak. Carilah suplemen yang tidak memiliki efek samping.

Nah, kami rekomendasikan suplemen madu antariksa untuk penambah nafsu makan anak bunda. Madu Antariksa merupakan madu anak yang tidak memiliki efek samping. Produk ini sudah mendapatkan sertifikat Halal MUI dan Dinas Kesehatan. Hal itu menunjukan bahwa produk ini memiliki kualitas yang tinggi.

Selain bermanfaat untuk penambah nafsu makan anak, Madu Antariksa juga berkhasiat sebagai madu gemuk anak alami yang terbuat dari bahan-bahan herbal. Madu antariksa merupakan madu anak pertama yang terbuat dari gamat emas. Selain itu madu antariksa juga terbuat dari madu murni, temulawak, dan albumin / ikan gabus.

Gambar Produk Madu Antariksa