8 Elemen Stylish Kontemporer dalam Kamar Mandi

Apabila Anda hendak merenovasi kamar mandi untuk pertama kalinya dan menetapkan visi yang mencerminkan selera pribadi Anda, bukan hal yang aneh bila bertanya, “Seperti apakah gayaku?”

Jika Anda menetapkan pilihan pada gaya kontemporer, Anda dapat mengawalinya dengan mempelajari berbagai contoh gambar kamar mandi dengan gaya tersebut yang dapat membantu memandu Anda untuk menyulap kamar mandi impian Anda.

Berikut adalah beberapa unsur gaya kontemporer yang dapat Anda terapkan pada desain kamar mandi minimalis Anda.

Kamar mandi The Gianetti Apartment oleh The Ground Market Interior Design (Sumber: arsitag.com)

1. Desain clean lines

Garis horizontal tak terputus sangat menonjol dalam kamar mandi kontemporer. Bidang lengkung dan bergelombang tidak terlihat di sini. Desain hardware kabinet juga dibiarkan tetap basic berupa garis lurus.

Kamar mandi Splow House oleh Delution Architect (Sumber: arsitag.com)

2. Material asli

Setiap material harus menonjolkan keasliannya. Jika menggunakan material kayu atau beton, tampilkan sebagaimana adanya. Bila perlu, Anda bisa mengeksposnya dan tidak menyembunyikan atau mengubah material tersebut, namun justru menonjolkannya.

Prospect Heights Townhouse oleh Etelamaki Architecture (Sumber: houzz.com)

Anda tidak akan menemukan berbagai aksen ornamen rumit lainnya. Semua dibiarkan tetap dalam bentuk dan material dasar. Meja wastafel dan pintu kabinet berbentuk bidang datar dengan permukaan yang halus dan bersih.

Demikian pula dengan finishing pada dinding atau lantai, pertahankan desain yang lebih bersih dan sederhana.

Residence Green Garden oleh Evonil Architecture (Sumber: arsitag.com)

3. Kekacauan minimal

Ruang kontemporer memiliki estetika minimalis. Dalam kamar mandi ini, semua perlengkapan kamar mandi seperti lotion, sikat, sabun, dan sebagainya memiliki ruang tersendiri dan tersimpan rapi. Itu sebabnya kamar mandi ini terlihat apik dan bersih.

Greenbank Park oleh HYLA Architects (Sumber: archdaily.com)

4. Kontras

Sebagai ganti detail hiasan dan dekorasi, tambahkan tanaman hijau atau vas bunga di kamar mandi kontemporer sebagai kontras. Dalam contoh gambar ini, kamar mandi didominasi dengan material kayu dan beton ekspos. Warna kontras juga ditonjolkan pada closet dan wastafel warna putih.

Elwood Townhouse oleh Inform Architects (Sumber: decoist.com)

5. Tata cahaya sederhana

Perlu ditekankan sekali lagi, bentuk dasar dan minimalis pada fixture lampu lebih menonjol daripada detail atau hiasan yang rumit.

Kamar mandi kontemporer (Sumber: decoist.com)

6. Ruang terbuka

Untuk menciptakan ilusi ruang terbuka, gunakan meja konsol. Lantai yang lapang adalah keunggulan dari gaya ini.

Westlake Hills 3 oleh J Square Architecture (Sumber: houzz.com)

7. Warna

Sementara beberapa pendapat mengatakan bahwa gaya kontemporer lebih ke arah warna dingin, namun ada juga yang tidak sependapat. Warna bersifat sangat pribadi, namun batasilah pemilihan warna kesukaan Anda yang cocok dengan pilihan material. Kamar mandi ini tetap mempertahankan minimalisme dengan cara menambahkan aksen seperti vas, bunga, atau pernak-pernik lain dengan warna merah.

Aksesories kamar mandi serba krom (Sumber: godfatherstyle.com)

8. Serba krom

Polesan krom sering ditemukan dalam fixture kamar mandi kontemporer karena berkesan lebih mengilap, tahan lama, dan mudah dibersihkan. Anda bisa memilih fixture serba krom pada keran, bingkai cermin, tempat sabun, dan sebagainya.

Originally Published at Arsitag.com