7 CARA TERMUDAH MENJADIKAN HOBI SEBAGAI PROFESI

7 CARA TERMUDAH MENJADIKAN HOBI SEBAGAI PROFESI

MENJADIKAN HOBI SEBAGAI PROFESI

padahal kalau mau serius, hobi yang kita miliki bisa menjadi sebuah profesi yang menguntungkan. Tentu, dengan catatan harus hobi yang positif.

Bagaimana tidak menguntungkan, jika kepuasaan batin terpenuhi dan materi pun terkumpul. Bagaiman dengan kita? Apakah kita ingin menjadikan hobi sebagi pendulang rupiah ? jika kalian tertarik, pertimbangkan saran — saran berikut dari saya.

1. INVENTARISASI HOBI KITA

Coba catat hobi apa saja yang kita miliki. Apabila hobi kita cukup beragam, catat di sebuah kertas dan daftar hobi kita dari yang paling kita sukai serta yang paling sering kita lakukan. Misalnya, hobi menulis cerpen, menggambar, berkebun, berternak, bengkel atau memasak, dll.

2. FOKUSKAN PADA SALAH SATU HOBI

Dari sekian banyak hobi yang digeluti, pilih salah satu yang paling disukai dan sering kita kerjakan. Yakinlah bahwa hobi yang kita pilih memang hobi yang paling mendatangkan kepuasaan batin, jika kita melakukannya.

3. MULAILAH MENGEMBANGKAN HOBI PILIHAN KITA

Jika sudah menetapkan pilihan, cobalah untuk mengembangkan hobi tersebut. Kita harus menekuninya lebih serius misalnya dengan meningkatkan kemampuan hobi kita. Hal tersebut dapat kita lakukan dengan rajin mengikuti dan menambah informasi seputar hobi kita, seperti mengikuti seminar khusus, seminar, membaca buku, atau diskusi dengan peminat hobi yang sama atau dengan ahlinya.

4. JALINLAH KERJA SAMA DENGAN REKAN SEHOBI

Jalin kerja sama dengan orang — orang yang kompeten, ahli atau berprestasi di bidang yang sama dengan hobi kita. Kita bisa menyerap pengetahuan dari mereka. Makin luas jaringan, maka makin terbuka peluang bagi profesi yang akan kita rintis.

5. AMBIL SEMUA PELUANG

Jika ada event lomba, tidak ada salahnya kita ikut serta. Karena ini merupakan kesempatan untuk mengukur sejauh mana kemampuan kita dalam menekuni suatu hobi. Kita memiliki hobi menyanyi, ikuti festival lomba menyanyi pada tingkat tertentu. Sebelumnya, jangan lupa berlatih. Apabila kita menang, maka kesempatan untuk menjadi penyanyi makin terbuka lebar.

6. JANGAN PERNAH MENYERAH

Menghadapi batu sandungan atau hambatan dalam menggapai sukses adalah suatu hal yang wajar. Jangan pernah putus asa dan berhenti hanya karena rintangan yang menghadang. Justru segala hambatan itu harus kita jadikan sebagai semangat dan motivasi untuk meraih sukses.

7. JELI MEMILIH HOBI

Jeli memilih hobi ini artinya agar kita tidak sembarangan menyalurkan hobi. Karena ada hobi yang membawa rezeki, ada juga yang boros mengeluarkan rezeki, bahkan ada juga yang resiko terhadap maut.

Kalau bisa pilih hobi yang tanpa resiko maut dan tidak mengeluarkan biaya yang terlalu besar.

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.