TIPS SUKSES MEMULAI USAHA DARI HOBI DAN MENGHASILKAN UANG

TIPS SUKSES USAHA DARI HOBI — Dalam memulai usaha melihat keahlian, keinginan, semangat dan hobi kita. Banyak modal tetapi jika tidak senang dengan kerjaan tersebut maka akan gagal. Jadi saat kita memulai suatu usaha, kita harus lakukan strategi agar berhasil.

A. RAHASIA MEMULAI USAHA

Tak sedikit orang menjadi pengusaha, dia tinggalkan pekerjaan PNS nya. Mereka memilih menjadi pengusaha . Apa Tidak diikuti orang lain, dan kuncinya ? ini kata mereka yang telah sukses memulianya.

1. Memulai bisnis tidak harus punya uang.

2. Jeli membaca peluang yang ada.

3. Meningkatkan semengat dan jangan berkutik masalah modal.

4. Mulailah sekarang .

5. Memulai dengan semangat dan niat.

6. Timing yang tepat.

7. Bisnis yang tidak diikuti orang lain, dan tidak ikut — ikutan orang lain.

Banyak orang yang akan memulai bisnis, akhirnya tidak jadi karena alasan tidak adanya modal. Mungkinkah kita memulai bisnis tanpa memiliki segudang modal ? JAWABNYA MUNGKIN

Jika kita mampu mengoptimalkan tenaga kita, maka akan banyak jalan yang bisa ditempuh dalam menghadapi masalah modal untukkita bisa memulai bisnis. Misalnya kita menjadi pedagang kecil — kecilan, menjadi broker,itu tidak membutuhkan dana yang besar.

Contoh usaha real sebagai pendapatan atau sampingan daripada menggangur adalah :

Ø Menulis buku

Ø Membuka bimbingan belajar

Ø Jualan makanan ringan

Ø Membuka warung

Ø Penyewaan buku

Ø Mengumpulkan barang bekas

Ø Mengumpulkan perkakas

Ø Jualan Koran

Ø Jasa pengetikan ( rental computer )

Ø Berternak

Ø Berkebun atau budidaya pemanfaatan lahan kosong

Ø Memelihara bunga atau tanaman ( tanaman bunga dalam pot )

Ø Pemanfaatan limbah yang ada di sekitar kita

Ø Bunga anthurium, mawar, melati ( yang harganya 30.000 hingga ratusan juta ), dll

Kenapa takut kita memulai dari kecil ? tunjukkan nyalimu ! jika kita ingin menggapai sukses. Mengapa kita malas memulai berwirausaha. Padahal , modal yang paling vital sebenarnya bukanlah uang, tetapi modal nonfisik, yakni berupa motivasi dan keberanian memulai.

Banyak anak di usia muda yang sudah sukses mendapatkan uang sendiri dan mampu membiayai sekolahnya sendiri, bahkan mampu bisa melanjutkan kuliahnya.

Toh dulu, Bob Sadino juga menjadi milyader diawali dari ternak ayam,sekarang merambah usaha yang lain hingga menjadi sukses dan milyader hingga sekarang.

Oleh karena itu, sahabatku semua tidak usah gengsi gede — gedean dalam memulai usaha, sebaiknya kita tidak perlu berkecil hati atau takut dipandang rendah, bila ternyata kita memang tidak memiliki uang namun berhasrat untuk memulai bisnis.

Dengan kita memiliki kemauan besar menjadi seorang wirausahawan, maka setidaknya akan selalu ada jalan untuk memulai bisnis. Nyatanya, tidak sedikit pengusaha yang telah meraih keberhasilan meski saat memulai bisnisnya dulu tanpa memiliki uang tunai. Orang yang kaya pasti diawali dengan perjuangan yang luar biasa dan dimulai dari ketidak punyaan.

B. MEMBACA PELUANG YANG ADA

Saat saya berdiskusi dengan salah seorang teman yang kebetulan juga seprofesi dengan penulis, dia seorang dosen, tapi getol sekali dengan wirausaha, dia pernah mengatakan, “ saya begitu banyak sekali ide dalam bisnis, tapi nyatanya tak ada satu pun ide bisnis itu terealisir, apa yang menjadi hambatannya ? Apakah saya tidak cocok menjadi seorang pengusaha. Bahkan saya sudah mencoba 10 kali tapi gagal terus,bahkan kerugian mencapai 400 juta. Akibatnya, saya hanya sekedar kaya ide, menulis, tapi bisnis tak ada ? “

Memang, menjadi calon milyader itu tidak gampang, apalagi yang dikatakan teman ini tadi real, tidak semua orang yang memulai usahanya langsung sukses, memang ada yang mendapat ujian atau hambatan yang cukup serius. Tapi jika kita tidak pernah memulai pasti kita tidak akan pernah maju.

Dari kasus tersebut harusnya kita melakukan evaluasi, misalnya dengan melihat diri kita sebagai berikut.

1. Apa bakat kita ?

2. Apa minat kita ?

3. Apa kita cocok dengan usaha tersebut ?

4. Apa kelebihan dan kekurangan kita ?

5. Gimana lingkungan kita ?

6. Gimana pesaing bisnis kita ?

7. Apakah prospektif usaha kita ?

8. Apakah banyak hambatan dan dukungan dengan usaha tersebut ?

9. Lihat kondisi lingkungan dan konsumen kita ?

10. Apa keterampilan kita ?

Sebenarnya disekitar kita ini banyak sekali macam usaha yang harusnya bisa kita raih. Hanya saja, kita harus betul — betul memahami kebutuhan masyarakat.

Peluang itu juga terdapat di lingkungan kita semua. Tentu saja dilingkungan itu kita banyak teman. Maka, jika punya usaha tertentu. Bisa saja kita jual jenis usaha kita tersebut kepada mereka. Bahkan teman kita pun bisa juga jadi peluang bisnis.

Tapi, peluang usaha itu hanya bisa di raih, jika kita jeli dan gigih. Ingat pepatah yang mengatakan, “ tidak ada usaha, tidak ada hasil”, oleh karena itu,sebaiknya jangan ragu di dalam setiap meraih peluang usaha yang ada di sekitar kita. Soal besar kecilnya peluang jangan jadi masalah. Tangkap dulu peluang yang ada. Rezeki itu selalu mengalir, seperti bola salju, dimulai dari yang kecil lalu menggumpal menjadi besar.

C. LANGKAH MEMULAI WIRAUSAHA

Tiap hari kadang kita terbelalak melihat ada orang yang menaiki mobil BMW di depan rumah kita, pasti kita ingin memilikinya, kita bercita — cita dan berangan — angan kapan saya punya dan bisa seperti dia ya ? kapan saya kaya ? kapan saya jadi konglomerat ? kapan saya jadi milyader ? kapan saya bisa membantu keluarga yang kekurangan ?

Kalimat ini menggelitik dalam diri kita. Sehingga banyak orang yang binggung untuk memulai usaha, mau dimulai dari mana usahanya, atau bagaimana memulainya. Tidak usah bingung dan tidak usah pesimis, jalanilah sesuai air yang mengalir, pasti semua akan berjalan dengan sendirinya menjadi matang.

Adapun langkah — langkahnya sebagai berikut :

1. Memulai dengan harapan dan angan — angan

Orang yang siap bermimpi adalah seperempat kesuksesan, setengahnya adalah bertindak dan penyempurnaan adalah hasil. Tapi jika kalian terlalu banyak berangan — angan, banyak mimpi dan tidak dibuktikan dengan aksi itu akan dapat menghancurkan hidup kalian dan justru terjerembap dalam penyakit hati, tahukah kalian apa penyakit hati itu ? di antaranya adalah orang yang selalu banyak angan — angan tanpa realita.

2. Cintai Usaha

Cintailah usaha kalian, karena kecintaan akan memberikan sebuah keyakinan pada siapa pun penggunannya dan membuat kerja keras terasa ringan, karena akan membuat kita mampu melewati masa — masa sulit. Jika kita melakukan kegatan dengan mudah , setiap apa pun usaha jika dilandasi suka atau senang terhadap pekerjaannya sekalipun sakit, bersimbah darah sekalipun, akan terasa nikmat hasilnya. juga membawa berkah.

3. Tentukan tujuan bisnis

Tidak akan sukses tanpa ada sebuah pengetahuan dasar untuk bisnis yang baik, belajar sambil bekerja, dasar usaha yang dimiliki akan membantu kita untuk maju dengan lebih baik. Tanpa ilmu semua itu berjalan dengan penuh rintangan, maka ilmu dan tujuan inilah sebagai sarana untuk mengejar impian tadi. Tanpa ilmu berjalan penuh dengan ketidakpastian.

4. Berani menghapi semua resiko

Berani mengambil resiko yang diperhitungkan merupakan kunci awal dalam dunia usaha , karena hasil yang akan dicapai pasti juga memiliki resiko. Sebuah resiko yang diperhitungkan dengan baik — baik akan lebih akan lebih banyak memberikan kemungkinan berhasil. Orang yang siap bisnis berarti siap dengan kondisi dan resiko apapun, resiko itu bisa sukses atau gagal. Jika gagal jadikan sebuah kegagalan itu ajang untuk bangkit. Jika sukses bersyukurlah semua itu adalah nikmat, karena tidak semua orang akan mendapatkannya.

5. Konsultasi dengan para ahli atau rekanan seprofesi

Carilah nasehat dari pakar, jangan lupa ikuti kata — kata dari hati kita. Wirausahawan selalu mencari nasehat dari berbagai pihak tapi keputusan akhir selalu ada ditangan kita sendiri, dan dapat diputuskan dengan petunjuk — Nya. Pada tahap awal bahwa kepiawaan memulai sesuatu merupakan kunci suksesnya.

6. Kerja keras

Kerja yang keras sering dianggap sebagai mimpi dan seharusnya diganti, tetapi hard work and smart work tidaklah dapat dipisahkan lagi. Seorang pengusaha tidak pernah lepas dari kerjanya, pada saat tidurpun otaknya bekerja dan berpikir akan usahanya dan rencananya dan rencananya besok pagi.

7. Carilah teman yang mampu meningkatkan prestasi Bertemanlah sebanyak — banyaknya karena teman kita akan membantu mengembangkan usaha kita, memberi nasehat, menolong saat masa — masa sulit. Memang jaringan atau kolega dalam bisnis itu harus diperbanyak dan wajib jika ingin sukses.tetapi harus hati — hati, karena teman itu banyak yang kejam, suka menjatuhkan teman sendiri, maka jika berteman jangan terlalu jauh dan jangan terlalu dekat.

8. Hadapi setiap kegagalan

Kegagalan merupakan sebuah suntikan untuk menguatkan dan mempertajam intuisi dan kemampuan kita berwirausaha, selama kegagalan itu tidak mematikan. Setiap usaha selalu akan mempunyai resiko kegagalan dan bila itu sampai terjadi, bersiaplah itu aka nada hikmah dan kesuksesan yang tertunda, siapa tahu dengan gagal kita lebih hati — hati dan lebih dekat dengan Allah, atau lebih bersih harta yang akan kita jemput, ingat jalani dengan apa adanya, jangan menggerutu dan apalagi menyalahkan Tuhan.

9. Mulailah sekarang

Lakukanlah sekarang juga. Blia kita telah siap, lakukanlah sekarang juga. Putuskan dan kerjakan sekarang, karena besok bukanlah milik kita. Tiada kesuksesan tanpa kerja keras, maka jika ingin berhasil dalam semua hal wajib bekerja keras dan memulai dari sekarang dan jangan menunda pekerjaan. Jika telah memulai jangan lupa, serahkan semua usaha kepada Allah,karena usaha apapun tidak akan terjadi jika tidak mendapatkan ridha — Nya. Jangan under estimate ? jangan memicingkan mata, jangan berpikiran negative, jangan memandang sebelah mata. Kalian harus tahu bahwa hobi tidak selalu menghabiskan uang, justru ada hobi yang bisa menghasilkan. Jika kita memiliki hobi, maka salurkan dalam realita dan action plan ( rencanakan dengan real ). Jika kalian hobi olahraga, maka kalian harus laithan yang keras dan jangan pantang menyerah. Hobi pada seni, terus kejar impianmu di dunia seni agar terbukti. Hobi pada ternak atau tanaman, maka gali dan buktikan potensi hobi itu. Hobi pada benda masak , hobi tulis — menulis. Semua akan membawa rezeki asal kalian mau memulai menjadikannya sebagai uang.

10. Mulai diri sendiri dari yang kecil

Bisnis hobi dapat dimulai dari diri sendiri. Memulai sebuah usaha seringkali memerlukan dukungan orang lain orang lain baik itu keluarga, teman, karyawan, bank, maupun kemitraan.

Sebelum kita mendapatkan dukungan orang lain, kita perlu memulai dari kita sendiri. Kita perlu meyankinkan diri sendiri bahwa kita bisa sukses. Jika kita sendiri sudah mempunyai keyakinan ini, akan lebih mudah bagi kita untuk meyankinkan orang lain untuk mendukung kita.

Dari hal sekecil itu kita bisa memetakan kemampuan dan keinginan kita, hobi apa yang bisa kita manfaatkan untuk menggapai sukses. Tapi ingat, kalian harus berpikir, kenapa kita memilih menjadi karyawan dengan disuruh orang lain ? kenapa tidak kita tak memulai usaha sendiri ? aduh…. Saya ngak punya modal.

Jangan beralasan seperti itu, karena jika kita memanfaatkan hobi, bisa jadi kita tak mengeluarkan modal yang banyak. Apa buktinya ? baca menjadikan hobisebagai profesi .

11. Mulai dari yang kecil

Kapan lagi kita akan mulai, jika tidak sekarang ini ? Banyak hal yang bisa kita lakukan sekarang dengan mempersiapkan diri, mempelajari dan memantapkan ketrampilan yang diperlukan.

12. Mulai dari sedikit tanpa gengsi

Mau sukses diawali dari nol, tak bisa diawali dari puncak, semua tubuh butuh ketekunan, keuletan dan pemanfaatan hobi yang tepat.

Sebenarnya untuk memulai usaha, tidak perlu menunggu sampai semua yang diperlukan yang diperlukan itu ada. Kita dapat memulai dengan memanfaatkan fasilitas dan hobi yang sudah ada, kemudian dilengkapi sedikit demi sedikit sejalan dengan berkembangnya usaha kita.

13. Mulai untuk senang

Menjalani hobi harus dilandasi dengan senang hati. Bisnis hobi dapat dikerjakan dengan senang hati. Sesugguhnya, modal utama dari sebuah usaha adalah “ rasa senang “. Karena sudah merupakan hobi sehari — hari. Tentu kita akan dengan senang hati menjalani bisnis.

Secara mutlak, kita perlu menyenangi bisnis yang diterjuni. Tanpa rasa senang terhadap apa yang akan di kerjakan, kita akan mudah menyerah ketika harus menghadapi berbagai masalah dan kendala yang menghadang.

14. Mulai yang real Hobi yang dijalankan harus real, nggak usah neko — neko alias jangan mikir yang ngak masuk akal. Jangan berandai — andai dan berfikiran bahwa rezeki akan datang dengan sendirinya. Memulai usaha dan memanfaatkan hobi secara real ini sangat tepat. Hanya hobi yang real yang bisa di aktualisasikan dengan tindakan nyata.

15. Mencintai hobi untuk dipublikasikan

Hobi yang kita sukai, jika kita mengharapkan sukses harus kita publikasikan dengan baik. Publikasi dan unjuk gigi ini sebagai bukti kita suka dan memiliki hobi.

Kita suka dan hobi memasak, maka kita harus membuktikannya terlebih dahulu. Nggak ada artinya jika kita suka dan hobi memasak tapi nggak pernah sekalipun memasak, itu omong kosong saja.

16. Jangan bosan dengan hobi

Jangan mudah bosan jika kita ingin sukses, jangan mudah menyerah. Bukankah apa yang kita lakukan adalah sebagai kesenangan ? jadi jangan di forsir dan jangan mudah berpindah hobi. Apa yang kita tekuni, tekunilah sampai puncak dan memberikan kepuasaan.

17. Manfaatkan hobi

Jangan asal jalani hobi semata, hobi yang kita jalani harusnya sesuai dengan kemampuan, keinginan dan finansial kita. Kita nggak punya apa — apa, ngapain kita bermimpi yang nggak — nggak. Harusnya kita sesuaikan dengan kemampuan yang ada. Kita jangan bermimpi seperti Rossi sang pembalap, jika kita takut akan resikonya.

18. Berani menentang arus untuk memulai selama benar

Ngejalani hobi itu harus siap dengan segala resiko yang ada. Hobi merupakan kepuasaan menentang arus selama benar dan siap. Merupakan aktivitas untuk memanjakan bakat, minat dan keinginan. Orang yang suka terhadap sesuatu, maka ia jalani dengan pengorbanan yang luar biasa. Waktu, tenaga, dan pikirkan hingga keuangan ia keluarkan demi sebuah hobi.

19. Pantang menyerah

Meraih sukses dengan hobi harus ulet dan kerja keras alias pantang menyerah. Buktiknya anggap saja si A, awalnya dia hanya hobi menanam tumbuhan anturium. Ia memiliki ratusan bunga dalam pot ( tabulampot ). Akhirnya ada buktibahwa satu bunga anturium seharga 100 juta untuk yang besar dan 35.000 untuk yang kecil. Coba berapa ratus juta dan hampir miliaran teman saya ini mendapatkan keuntungan. Dari penjualan itulah sekarang memiliki usaha di berbagai tempat dan multiusaha.

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.