Sekilas Tentang Negara Jepang

Sudah lama kami tidak menulis artikel seputar Bahasa jepang di komunitas dunia maya ini. Pada Kesempatan ini Insya Allah penulis akan sedikit menceritakan atau membagikan sedikit pengalaman tentang negara Jepang yang saya alami ketika tinggal di Negeri Matahari Terbit tersebut
Jepang adalah sebuah negara kepulauan di wilayah Asia Timur yang luas negaranya sekitar mencapai 378 ribu km kubik. Tiga perempat bagian dari negeri tersebut berupa gunung-gunung sedangkan selebihnya adalah daratan dan cekungan. Adapun 4 pulau terbesar yang terdapat di negar yang pernah menjajah kita yaitu :

1)Hokkaido
Pulau terbesar di bagian ujung Negeri Sakura yang gampir selalu dipenuhi oleh salju sepanjang tahunnya.
2)Honshu
Pulau terbesar berikutnya adalah Pulau Honshu yang terletak di bagian tengah Jepang. Tokyo juga termasuk salah satu kota yang berada di Pulau Honshu
3)Shikoku
Shikoku menjadi daerah terbesar ketiga di Jepang yang mencakup dari beberapa kota seperti Okayama dan Hiroshima.
4)Kyushu
Pulau terbawah di Negeri Jepang bernama Pulau Kyushu. Ada satu provinsi di pulau ini yang iklimnya hampir sama dengan di Indonesia yaitu Provinsi Okinawa.

Negara yang mempunyai model bendera yang latar belakangnya putih ditambahkan dengan sebuah bulatan berwarna di bagian tengah tersebut memiliki 4 jenis musim. Adapun pembagian keempat musim tersebut ialah :

1)Musim Dingin/Winter (ふゆ)
Musim dingin ialah musim dimana suhu udara di sekitar menjadi terasa lebih dingin dengan indikator air berubah menjadi es. Musim dingin di Jepang ini biasanya berlangsung dari bulan Desember sampai bulan Februari.

2)Musim Semi/Spring (はる)
Musim semi adalah musim dimana kondisi berubah menjadi lebih hangat dengan indikator pertumbuhan tanaman seperti bunga Sakura menjadi mekar. Musim semi ada dari bulan Maret sampai bulan Mei.

3)Musim Panas/Summer (なつ)
Musim panas adalah musim dimana udara sekitar menjadi meningkat. Biasanya musim panas ini terjadi dari bulan Juni sampai bulan Agustus.

4)Musim Gugur/Autumn (あき)
Musim gugur adalah musim yang mana dedaunan pada pepohonan mati atau berguguran. Musim ini berlangsung dari mulai September sampai bulan November.

Itulah sekilas tentang berbagai musim yang terjadi di negara Jepang. Adapun rumah tradisional Jepang dibangun dari bahan kayu dan ditunjang dengan tiang-tiang dari kayu. Akan tetapi sekarang ini rumah di Jepang sudah mengikuti desain negara barat dengan lantai kayu dan dibangun dengan tiang baja yang familiar disebut apaato atau manshion.

1)Huruf Kanji
Menurut kisahnya huruf kanji adalah huruf yang bermula dari negaraTiongkok dan masuk ke negara Jepang pada sekitar abad ke-4 sampai 5 dengan berjumlah kira-kira 50 ribu buah huruf. Lantas dari beberapa kanji tersebut dikembangkan menjadi huruf hiragana serta huruf katakana

Kanji adalah salah satu jenis huruf yang dipergunakan dalam bahasa Jepang dan mempunyai ciri tersendiri terutama dalam tatacara baca dan cara penulisannya. Oleh sebab itu, kanji sering disebut sebagai huruf yang sangat rumit dan sukar untuk dipelajari. Namun, meskipun demikian kanji ialah salah satu huruf yang sangat vital dalam bahasa Jepang karena setiap huruf memiliki arti yang berbeda.

2)Huruf Hiragana
Huruf hiragana menyimbolkan suku kata sendiri dan digunakan untuk menyebut kata-kata yang berasal dari Bahasa Jepang asli. Huruf Hiragana terbuat dari penyederhanaan Kanji, sehingga huruf Hiragana garisnya melengkung dan tidak berujung tajam. Terkait dengan hal tersebut, seorang aktivis Jepang menyebutkan bahwa Huruf Hiragana digunakan dalam Zaman Edo pada mulanya digunakan oleh kaum perempuan sehingga Hiragana dikenal dengan huruf wanita atau dalam Bahasa Jepang disebut Onnade.

3)Huruf Katakana
Huruf Katakana sama sepertii Huruf Hiragana yaitu melambangkan suku tunggal kosakata tetapi mempunyai arti yang berbeda dengan huruf Hiragana.

Huruf Katakana selain digunakan untuk menulis kata-kata yang berasal dari bahasa asing, juga digunakan untuk penekanan sebuah kata yang berasal dari kosakata Jepang asli.

Kegunaan dari Huruf Katakana yaitu :
1)Menulis kata-kata yang berasal dari bahasa asing
2)Nama orang dan tempat asing serta kata-kata benda asing
3)Giseigo dan Giongo yaitu onomatope
4)Telegram

Metode pendidikan di Jepang pun hampir sama dengan dengan di Tanah Air yaitu :
1) 6 Tahun bagipendidikan dasar
2) 3 Tahun bagi pendidikan pertama
3) 3 Tahun bagi pendidikan atas
4) 3 Tahun untuk diploma
5) 4–5 Tahun untuk universitas

Adapun pakaian tradisional khas dari negara Jepang ini yaitu kimono. Umumnya jenis bahan yang digunakan adalah sutera berlengan besar yang menjulai dari bahu sampai ke tumit. Pada masa sekarang ini Kimono hanya digunakan untuk upacara-upacara dan festival tertentu saja.
Kebudayaan tradisional yang masih berjaya hingga saat ini adalah :

Kabuki
adalah sebuah pertunjukkan klasik yang berciri khas pada instrumen kalimat demi kalimat yang dilantunkan oleh para pemain yang sebelumnya telah dirias dengan kostum yang super mewah dan kosmetik yang mencolok serta efek-efek tertentu.
Noh
Adalah bentuk teater musikal tertua di Negeri Matahari Terbit. Kostumnya terbuat kain sutera dirajut warna-warni serta menggunakan topeng kayu berlapis laka.

Bunraku
adalah pertunjukkan boneka yang digerakkan dengan iringan nyanyian bercerita dan lagu yang dimainkan menggunakan shamisen ( alat musik petik berdawai tiga ).

Shado
Adalah tradisi minum teh hijau khas Jepang.

Kyougen
Yaitu bentuk teater klasik bertema lelucon yang ditampilkan dengan aksi dan percakapan yang amat bergaya tunggal.

Show your support

Clapping shows how much you appreciated Asep Firmansyah’s story.