Canis Major , the big dog constellation

Asher
2 min readSep 9, 2023

--

Canis Major. PNG

Menurut mitos Yunani, Canis Major mewakili Laelaps atau anjing ajaib yang bisa memburu dan menangkap mangsa apapun. Mitos mengatakan anjing itu telah berganti beberapa pemilik dan akhirnya dikirim untuk mengejar rubah Teumessian yaitu hewan ajaib yang tidak akan pernah bisa ditangkap. Zeus menyadari bahwa perburuan tidak akan pernah berakhir dan mengubah mereka menjadi batu. Kemudian, dalam salah satu versi, ia menempatkan kedua hewan tersebut di langit, anjing sebagai Canis Major dan rubah sebagai Canis Minor. Versi lain mengatakan anjing adalah satu-satunya yang diabadikan di bintang-bintang. Orang Yunani juga menganggap Canis Major dan Canis Minor sebagai dua anjing milik pemburu Orion.

Secara kebetulan saat ini aku pun sedang merasakan rasanya berjuang melawan ketakutan aku sendiri, berusaha lepas dari zona nyaman demi perubahan yang besar dalam hidupku. Aku pun takut, bahkan sampai gemeteran. Tapi rasanya kalau aku cuma takut tanpa berbuat apapun maka ngga akan ada perubahan apa-apa kan? Aku akan selalu tetap jadi si penakut, si cupu yang ngga ada apa-apanya di dunia.

Selayaknya Canis Major, anjing pemberani yang bisa menangkap dan memburu mangsa apapun tanpa takut aku sudah seharusnya bangkit dan mulai melawan semua hal yang bikin aku takut. Walaupun secara pelan-pelan, yang penting aku akan selalu bangga sama diriku kalau suatu saat nanti aku bisa jauh lebih berani pada segala hal yang akan menghadang di masa depan.

--

--