Memilih Penerbit Indie Terbaik untuk Menerbitkan Buku Secara Mudah

menulis adalah kegiatan yang menyenangkan

Bagi sebagian besar orang, tulis menulis merupakan hoby yang mengasikkan. Entah itu menulis berbagai berita, informasi, tutorial, cerita nyata maupun fiksi, semua sangat mengasikkan. Dengan menulis kita jadi bisa menyampaikan pikiran kita kepada dunia. Dengan tulisan kita bisa berbagi informasi dengan banyak orang. Sehingga banyak kita jumpai merek yang profesi sebagai wartawan, ilmuwan, maupun novelis, yang semua itu berangkat dari kegemaran akan menulis.

Ada banyak cara untuk menjadi seorang penulis, tetapi hanya ada satu cara untuk membuat tulisan kita abadi dan bisa dikenang sampai akhir hayat. Yaitu dengan menerbitkan tulisan kita menjadi sebuah buku cetak. Baik itu tulisan fiksi seperti novel, kumpulan cerpen, novelet dan lain sebagainya. Sampai dengan aneka buku non fiksi seperti kumpulan tips trik melakukan sesuatu, biografi orang terkenal sampai dengan cerita perjalanan hidup kita sendiri yang dianggap inspiratif.

Memilih Penerbit Indie Terbaik

Ada dua pilihan untuk menerbitkan buku, yaitu dengan cara menerbitkannya di penerbit mayor dan secara otomatis akan tersebar di seluruh toko buku di Indonesia, ada juga yang bisa menerbitkannya sendiri dengan bantuan penerbit indie terbaik di kota setempat.
 
 Penerbit indie yang baik biasanya sudah sangat berpengalaman dalam menerbitkan suatu buku secara profesional yang mengerti betul tentang seluk beluk mengenai buku dan penerbitan. Merka paham betul apa yang diperlukan untuk membuat buku yang bermutu.
 
 Jika di penerbit mayor harus mengalami antrian yang panjang dan belum tentu naskah kita akan diterima untuk diterbitkan, apalagi penulis pemula, maka memilih jalur self publishing jauh lebih praktis dan lebih direkomendasikan untuk membangun mental kita juga menambah pengalaman kita.
 
 Ada cara untuk memilih penerbit indie terbaik yang akan dipercaya untuk mencetak tulisan kita, berikut adalah tipsnya :

  • Cari rekomendasi dari teman-teman yang sudah lebih dulu menerbitkan buku secara self publishing
  • Pilih penerbit indie yang memiliki akun media sosial yang aktif, misalnya fanpage yang sering diupdate secara berkala. Jauh lebih baik jika diupdate setiap hari jadi kita bisa mengetahui bahwa penerbit tersebut aktif.
  • Pastikan costumer servicenya atau admin yang ditugaskan untuk menjawab semua pertanyaan calon klien selalu aktif sesuai dengan jam kerjanya, juga tidak late response. Kecuali penerbit yang sudah benar-benar besar dan terkenal, sedikit late response karena sibuk masih bisa dimaklumi.
  • Lihat juga paket penerbitannya, jangan mau menerbitkan sendiri dengan biaya yang terlampau mahal tetapi tidak mendapatkan fasilitas apapun seperti editing naskah, layout, dan juga desain cover.

Setelah menemukan penerbit indie terbaik yang tepat dan berpengalaman, maka kita tinggal melakukan deal dengan penerbit dan mempercayakan naskah untuk diterbitkan disana. Setelah terbit, kita juga bisa memilih untuk menyimpannya sebagai koleksi pribadi, bisa juga untuk dipasarkan sendiri.
 
 Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai Cara Memilih Penerbit Indie Terbaik Untuk Menerbitkan Buku buat sobat-sobat yang mempunyai hoby menulis dan ingin mengabadikannya dalam bentuk buku yang berkualitas dengan bahan yang bermutu. 
 
 semoga bermanfaat…