Pengalaman Maggang Menjadi Graphic Designer di Come Indonesia

Avissabenitaamadea
4 min readSep 6, 2020

--

kali ini aku akan membahas tentang pengalaman ku selama maggang menjadi Graphic Designer di Come Indonesia, apa itu Come, berbagai macam task selama maggang menjadi Graphic Designer, sistem kerja selama maggang, dan apa saja kesulitan dan pengalaman yang di dapat selama maggang akan di bahas kali ini….

Come Indonesia

Come Indonesia adalah sebuah Travel Agent marketplace yang menyediakan Startup berupa sebuah aplikasi yang bernama Come, Come menyalurkan travel agent dari berbagai daerah di seluruh Indonesia dengan harga yang sangat terjangkau jika temen temen ingin berwisata dengan sahabat dan keluarga dengan jumlah orang tertentu aplikasi Come cocok banget loh!, karna jika temen temen mengajak untuk menggunakan jasa agent travel dengan jumlah orang tertentu, akan mendapatkan harga yang sangat terjangkau, bahkan discount loh!..

nah tujuan Come Indonesia sendiri adalah, ingin menyejahterakan agent travel agent travel yang sepi pengunjung dikarenakan belum memiliki pamor yang tinggi dibanding dengan agent agent travel yang terkenal saat ini.

Internship Graphic Designer

Aku Avissa Benita Amadea, berkuliah di Telkom University semester 7 Jurusan S1 Design Komunikasi Visual, pada semester 6 aku diharuskan untuk maggang oleh program kampus, aku coba apply surat maggang Come Intership, jarak 3 hari Come membalas dan mengajukan perminataan untuk saku segera di wawancara, aku melaksanakan wawancara dengan mas Robi Hamanto CEO Come Indonesia, awal nya mas Robi setelah melihat Portfolio dan CV aku yang menggunakan style Horror, dan Dark agak ragu kalau aku ditakutkan tidak bisa mengikuti style art, atau wajah branding dari aplikasi Come sendiri yang menggunakan warna-warna pastel.

setelah lewat kurang lebih 2 hari aku mendapat surat penerimaan maggang dan melangsungkan maggang pada tanggal 8 Juni 2020, awal nya aku kira mas Robi akan tetap ragu terhadap aku yang mempunyai style yang sangat berbeda dari branding Come, namun beliau telah memberikan kesempatan nya dan tidak membatasi kreativitas yang dimiliki oleh anak Intership di Come.

aku keterima untuk maggang di Come ini barengan sama temen aku Ratika dia di posisi maggang Graphic Design juga hehe

Intership in the Middle of COVID-19

Melaksanakan maggang dalam kondisi COVID-19 sangat tricky, karena selain tidak bisa bertemu secara langsung, semua beriefing dilakukan secara online atau daring menggunakan Google Meet atau Zoom, sedangkan untuk chat dan report sehari-hari menggunakan Slack yang telah dibagi per divisi, dan room general untuk semua peserta maggang, sistem kerja yang digunakan selama maggang di Come Indonesia dalam masa pandemi COVID-19 dengan sistem remote, peserta maggang diharuskan untuk melakukan report singkat di Slack tentang progres, apa yang sedang di kerjakan dan apa yang kemarin di kerjakan.

untuk sistem kerja peserta maggang, Come juga membagi peserta nya ke dalam squad dengan tugas membuat konten setiap hari nya pada social media yang telah di bagi.

Batik Squad

Aku masuk dalam squad Batik, mendapat social media yaitu Facebook, awal nya rada sedih dapet platform di facebook karena pengguna milenial yang sedikit dan aku yang bukan penggunna facebook buta soal konten apa yang bisa menarik Netizen di facebook agar branding untuk aplikasi Come tercapai, tapi dengan ada nya temen temen squad aku yang punya segudang ide kreatif dan kemampuan kerja yang gigih target target enggangement pun tercapai pelan pelan kontenn demi konten.

selama mengerjakan berbagai macam konten pada Facebook Come aku telah belajar banyak tentang pariwisata Indonesia, apa yang disuka oleh pengguna Facebook agar engangement post naik dan Come bisa lebih dikenal lagi di luar, serta bekerja sama langsung dengan agen travel nya loh!, akhir nya dengan art style aku yang berbeda di awal nya dengan image Come lama lama aku mulai terbiasa, dan belajar banyak di luar zona nyaman ku selama ini, menjadi peserta maggang di Come sebagai Graphic Designer tidak dibatasi kreativitas nya, membebaskan kita para Designer untuk membuat post dikemas semenarik mungkin.

untuk batik Squad selama 3 bulan kita bekerja sama dalam squad ini aku ketemu orang orang yang baik, asik, dan bisa ngebantu temen nya tanpa pamrih ps: makasi anak anak batikkk ❤️❤️

What I've Got From This Intereship

yang aku dapat dari intership ini banyak banget di antara nya:

  • gigih dalam menghadapi semua masalah, dan jangan lupa berkomunikasi dengann team jika ada kesulitan.
  • mendengarkan pendapat orang lain tentang hasil kerja kita, kurang dan lebih nya, sangat berpengaruh untuk meningkatkan kinerja.
  • sebagai Graphic Design diharuskan untuk kreatif dan bisa menyampaikan apa yang ingin disampaikan dengan poster ataupun video yang dibuat untuk di share kepada khalayak.
  • menyesuaikan style art dengan branding come yang ingin dibuat membuat kemampuan kita semakin bertambah dan lebih peka dengan apa yang ingin diciptakan pada branding.
  • menerima kritik dan saran dengan sukarela.
  • mampu bekerja sama dengan berbagai macam peserta maggang.
  • berlatih berkomunikasi untuk menyampaikan ide yang kita miliki kepada para peserta maggang dan team.
  • dapat mempelajari bagaimana menciptakan image suatu brand dengan baik dan di kenali oleh khalayak.
  • mendapatkan banyak teman dan pengalaman bekerja langsung dengan agen travel yang disalurkan oleh Come.

berikut hal hal yang aku dapet selama maggang di Come Indonnesia, banyak banget kan! kita bisa belajar hal baru setiap hari nya di Come!

Thank you so much Come!❤️

--

--