Beberapa Hal yang Harus Kamu Tahu Mengenai Content Marketing

25 Agt 2016 19:29:00 165

smartbisnis

Bagi yang sudah terjun ke dalam bisnis dunia digital online mungkin sudah akrab dengan gunanya content marketing sebagai strategi yang harus digunakan guna mengembangkan bisnis mereka.

Lalu bagaimana dengan seorang pemula yang baru ingin memulai bisnis online?

Istilah content marketing telah berubah arti dengan cepat oleh para marketer. Hal ini bisa dilihat dengan volume pencarian Google yang banyak tentang hal ini. Meskipun content marketing telah memiliki arti yang berbeda beda dalam beberapa tahun ini, kenaikan pencarian dari keyword content marketing sebenarnya tidak mengejutkan.

Sederhananya, content marketing memanfaatkan proses membuat content untuk menarik customer ideal kamu. Biasanya, content ini datang dalam bentuk posting blog.

Diibaratkan kamu sedang bertempur, membuat content secara konsisten untuk bisnis kamu itu barulah setengah jalannya saja. Jika strategi content marketing kamu akan menjadi efektif, kamu tidak bisa hanya merombak content lama.

Berikut beberapa cara untuk membantu kamu membuat strategi content marketing untuk memenangkan pertempuran bisnis dari pesaing:

Tentukan Goal

Sebelum Anda mulai membuat content, kamu harus menentukan goal untuk content kamu. Dengan cara ini, kamu akan tahu apa yang harus Anda prioritaskan dalam rangka mencapai goal tersebut.

Kemudian, kamu akan dapat melihat kembali dan menganalisis apa yang berhasil dan apa yang tidak bekerja. Kamu harus menentukan goal jangka pendek dan jangka panjang untuk content kamu.

Misalnya, goal jangka pendek kamu adalah mengarahkan search engine traffic untuk website kamu. Jika itu goal kamu, kamu pasti ingin membuat content yang dapat masuk peringkat atas di Google untuk keyword tertentu.

Ketahui jenis industri

Ini merupakan poin penting : tidaklah cukup jika hanya mengetahui produk atau pelayanan kamu. Kamu harus mengetahui tentang sejarahnya. Dari mana industri ini dimulai.

Mengapa demikian? Karena dengan mengetahui industri kamu, hal ini akan membantu kamu untuk menulis content yang relevan dan aktif dicari oleh banyak orang. Hal itu akan membantu kamu agar tetap dalam posisi terdepan dalam berkompetisi.

Agar content Anda dapat menarik customer yang diinginkan, Anda harus tahu sebanyak mungkin tentang mereka.

Ketahui karakter pelanggan

Karakteristikan customer kamu dengan menciptakan persona pembeli terlebih dahulu adalah cara yang bagus untuk memastikan bahwa content kamu akan terhubung dengan profil customer yang tepat.

Misalnya, jika kamu menjual popok bayi, maka salah satu profil customer kamu adalah ibu-ibu muda. Sekarang kamu tahu siapa target customer. Yang perlu dilakukan sekarang adalah kamu perlu belajar bagaimana cara berpikir mereka.

Tuliskan customer kamu secara spesifik. Mereka mungkin tidak persis seperti kamu, tetapi kamu dapat masuk ke dalam kepala mereka dan berpikir seperti mereka.

Ketahui fokus unikmu

Jika content kamu belum clear, tidak memiliki fokus yang unik, maka kamu hanya berputar-putar saja di tempat yang sama. Dalam rangka untuk mendapatkan result, content kamu perlu menonjol.

Apa yang membuat situs web Anda berbeda dari semua web lain dalam industri Anda? Apakah kamu memiliki gaya yang unik? Apakah kamu membuat sesuatu yang berbeda dari topik yang biasa? Apakah kemampuan khusus kamu memungkinkan untuk lebih mendalami dan lebih menspesifikkan sebuah topik yang orang lain tidak lakukan?

Membuat kalender content

Membuat dan mempublikasi content secara teratur merupakan faktor utama dalam keberhasilan strategi content marketing kamu.

Jadilah konsisten untuk membangun kemampuan : jika kamu membuktikan diri untuk menjadi sumber dari informasi yang memiliki nilai, reputasi kamu akan menyebar dengan cepat seperti api yang menjalar.

Membuat kalender content (jadwal untuk postingan situs web kamu) akan membantu kamu untuk melakukan hal itu, dan juga akan membuat kamu tetap berada pada jalur yang tepat.

Menyegarkan content

Jangan pernah meninggalkan content lama kamu dalam arsip situs web! Kamu dapat menemukan cara untuk menggunakannya kembali. Misalnya, kamu bisa menggabungkan beberapa postingan lama yang berhubungan satu sama lain, dan membuat “panduan utama” dari itu.

Atau, kamu bisa membuat e-book dan menggunakannya sebagai hadiah opt-in untuk mendapatkan lebih banyak orang di list email kamu. Untuk memberikan kehidupan baru ke dalam content lama, melihat postingan mana yang paling sukses sejauh ini.

Apakah mereka semua up-to-date dengan informasi terbaru? Jika tidak, memperbarui posting ini. Peringkat SEO kamu kemungkinan akan meningkat karena sudah memiliki kredibilitas history, dan content diperbarui akan meningkatkan relevansinya.

Kamu juga dapat mengubah judul postingan kamu untuk membuatnya lebih diklik dan dishare. Namun, jangan mengubah permalink postingan kamu: yang pada dasarnya akan me-reset SEO yang telah kamu raih sebelumnya untuk post tersebut.

(***)