Pawn Sacrifice, Keren Abis

Pawn Sacrifice

Sebagai seorang pecinta catur, menonton film Pawn Sacrifice termasuk dalam jadwal belajar. Kok belajar? Kan cuma film? Pawn Sacrifice memang hanya film, namun film ini dibuat berdasarkan kisah nyata salah seorang pecatur paling fenomenal di abad ke-20, Robert James “Bobby” Fischer. Dengan menonton film ini, kita bisa mempelajari sebagian sejarah dari dunia catur yang salah satunya adalah “pertarungan abad ini” antara Fischer vs Boris Spassky.

Pertama kali saya mengenal Bobby Fischer lewat buku berjudul “Bobby Fischer, Manusia Ajaib dari Papan Catur” saat masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Fischer memang dikenal sangat fenomenal.

Lewat film ini diceritakan bagaimana Fischer pertama mengenal catur. Ia diceritakan pula memiliki ambisi yang sangat besar untuk menjadi seorang juara dunia. Dibalik kejeniusannya, Fischer ternyata memiliki mental yang kurang stabil.

Kurang asyik jika saya ceritakan isi filmnya disini, lebih baik pembaca langsung menonton filmnya saja. Sayang memang Pawn Sacrifice tidak tayangkan di Indonesia. Jika pembaca seorang pecinta catur, sayang kiranya melewatkan film ini.

Show your support

Clapping shows how much you appreciated Bagus Aji Santoso’s story.