Dunia Trigonomeri yang Kejam nan Susah (part 1)

menghapal derivative dan integral dari fungsi trigonometrik (sinus dan cosinus)


Untuk murid SMA atau mungkin SMP pasti sudah pernah mendengar apa itu trigonometri. Begitu diajarkan tidak sedikit murid yang langsung menyerah karena yang menyerah itu belum mampu untuk menalar. Walau sebenarnya subjek trigonometri itu gampang untuk trigonometri dasar seperti menghitung cosinus, sinus dan tangen.

Akan tetapi Trigonometri semakin rumit ketika menginjak bangku kelas 3 SMA atau di Perguruan Tinggi dimana terlalu banyak aturan dan hapalan yang bejibun.

salah satu bajingan yang kayak gini nih yang musti dihapalin

Untuk memudahkan lo ngapalin, gue bakal ngebagi analogi yang sering gue pake di Dunia Trigonometri. Pada bagian ini gue bakal ngebagi analogi untuk menghapalkan derivative dan integral dari cosinus dan sinus.

Konsep Dasar

konsep dasarnya sederhanya, lo musti menganggap:

  • cosinus -> kos -> kaya
  • sinus -> sin -> miskin
  • di Dunia Trigonometri hidup itu terasa sangat susah dan tentunya kejam.
  • Derivative -> turunan
  • Integral -> naikan

Yang musti dihapalin

Yang d/dx itu derivative dan yang ada ∫ itu namanya integral. Buat yang belom tau aja sih.

Analoginya

derivative sin

Si miskin musti diturunin (alias tambah miskin), walau di dunia ini susah bukan berarti tidak ada Tuhan. Ketika si miskin ditambah miskin lalu dia nerima aja alias pasrah, maka yang terjadi adalah ia menjadi orang yang sangat kaya sekali alias cos.

derivative cos

Si kaya musti diturunin (dibikin miskin), inget sob dunia trigonometri emang dunia yang susah maka dari itu ketika kekayaan si kaya dirampas maka ia langsung jatuh miskin alias sin. Akan tetapi si kaya ini licik dia masih punya uang dalam bentuk investasi, maka dari itu ia gak melarat amat alias -sin (kurang miskin, gak miskin-miskin amat).

integral cos

Si kaya kekayaannya ditambah alias tambah kaya, tapi inget di dunia ini ada Tuhan yang maha adil. Maka dari itu yang terjadi adalah si kaya malah jatuh miskin (sin) karena rakus dan tamak.

integral sin

Si miskin kekayaannya ditambah, apa yang terjadi? lo musti selalu inget di dunia ini tuh semuanya serba susah. Walaupun si miskin hartanya nambah dan menjadi orang kaya tapi pergaulan dan gaya hidup orang kaya sangat konsumtif dan layaknya OKB (Orang Kaya Baru) maka si miskin menjadi boros gak ketulungan. Maka dari itu bisa disebut si miskin menjadi orang yang tidak begitu kaya-kaya amat (-cos).

Penutup

Oke itu aja sih, semoga analogi yang gue pake ini bisa memberikan lo inspirasi buat ngapalin si bajingan trigonometri ini. Terserah lo mau make analogi ini atau mau dikreasikan lagi hingga sesuai sama nalar di otak lo.

Kalo ada kata-kata atau konsep yang menyimpang, mohon maaf karena gue sebenernya bukan mahasiswa ataupun professor Matematika. Gue adalah mahasiswa Ilmu Komputer yang notabene lumayan banyak matakuliah yang nyerempet sama Matematika.