Backlink Berkualitas

Bandarlink.com : Semua Internet Marketer pasti sudah mengerti dan paham bahwa pada dasarnya Backlink Berkualitas masih berguna dalam penghitungan algoritma google dan merupakan dasar pondasi dalam perencanaan SEO.

backlink berkualitas seo

Banyak pula artikel gratis dari para blogger yang menjelaskan tentang bagaimana mendapatkan backlink berkualitas tinggi secara cepat dan tanpa berbayar. Tetapi sayangnya kebanyak dari artikel tersebut memberikan penjelasan yang kurang tepat dalam mendapatkan backlink berkualitas tinggi

Perlu diketahui sebelumnya jika jumlah backlink bukanlah faktor penentu dari penilaian google, melaikan backlink berkualitas tinggi yang dilihat dan dianggap penting oleh google

Maka dari itu, pertanyaan yang paling penting adalah, “Seperti apakah backlink berkualitas tinggi menurut google search engine?”.

Karena perkembangan zaman, khususnya perkembangan teknologi, banyak search engine yang ada saat ini telah mengadaptasi logika untuk mendapatkan backlink berkualitas tinggi. Alhasil, backlink berkualitas rendah disisihkan dari database pencarian.

google search

Teknik yang harus dihindari dalam mencari backlink:

– Spam Comment dengan menyisipkan anchor text dengan link ke halaman utama website
 — Spam Forum dengan artikel singkat yang disisipkan anchor text dengan link ke halaman utama website
 — Submit ke situs directory dengan artikel press release
 — Melakukan submit directori ke sebuah artikel press release
 — Melakukan teknik 301 redirect
 — Private Blog Network
 — Membuat link dengan web 2.0 dengan sedikit konten
 — Membeli jasa penanaman backlink.

Masih banyak sebenarnya teknik-teknik Black Hat yang wajib kita hindari wahai para Blogger, namun list yang ada di atas adalah teknik yang sering digunakan hingga saat ini.

Sedangkan, teknik yang wajib kita lakukan untuk mendapatkan Backlink berkualitas tinggi adalah:

– Menggunakan sosial media sebaik-baiknya untuk menanam Backlink.
 — Mencari Backlink dari berbagai macam forum yang mempunyai nama baik, tanpa melakukan Spam link.
 — Backlink Broken Link dari Blog/Website yang memiliki kesamaan niche/tema.
 — Mencari Backlink dari Guest Blogging.
 — Pancing pengunjung Blog untuk melakukan sharing ke media sosial mereka.
 — Backlink dari website directory yang punya kualitas tinggi.
 — Komentar di blog berkualitas baik dengan menggunakan OpenID ataupun ID/Url.

Lalu, bagaimana cara mudah mendapatkan backlink berkualitas?

Berikut adalah beberapa diantaranya:
 1. Berkomentar di website milih pemerintah yang menyediakan penanaman url link pada Username komentar.

2. Berkomentar di Blog berkualitas baik yang menyediakan url link pada id komentar.

3. Membuat postingan di forum-forum yang sudah mempunyai nama besar.

search engine

Kriteria utama dalam menentukan situs yang memiliki kualitas tinggi:

Relevan

Backlink yang mempunyai topik/niche yang relevan sangat bagus karena link jenis ini terlihat lebih natural bagi search engine. Dari segi user experience (UX), link di website yang relevan juga tidak mengganggu visitor, bahkan sangat mungkin mendapatkan klik yang tentu saja menjadi traffic.

Contextual Links

Contextual links adalah links yang berada di dalam konten (artikel). Links yang berada di dalam artikel biasanya relevan dengan isi artikel (topik yang ditulis). Dan seperti yang sudah dijelaskan di kriteria pertama, link dari topik yang relevan sangat disukai search engine.

High PR (DA PA)

Google menggunakan Pagerank dalam menentukan penilaian, nilai pagerank berkisar antara 0–10, dimana 10 adalah terbesar. Maka, backlink yang berasal dari domain dengan Pagerank tinggi pun tentunya punya kualitas yang lebih bagus dari pada backlink dari situs dengan PR yang rendah, PR 0 ataupun PR N/A.

Karena pagerank sudah tidak update lagi sejak tahun 2012, maka penilaian Authority web saat ini bisa diukur menggunakan DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) dari Moz. Penilaian lainnya yang bisa digunakan adalah Metric TF (Trust Flow) dan CF (Citation Flow) dari Majestic SEO. Patokan nilai yang digunakan algoritma Moz dan Majestic tersebut adalah 0–100, semakin tinggi nilainya semakin bagus.

Aged Domain

Jika sebuah web memiliki authority tinggi, biasanya umur domain dari web tersebut juga sudah lama. Jarang ada suatu web yang bisa mendapatkan PR4 atau PR5 dalam hitungan bulan (terkecuali untuk web yang domainnya berasal dari domain drop, redirect atau fake).

Kelebihan lain dari domain berumur biasanya dapat ter-index lebih cepat. Walaupun domain berumur belum tentu memiliki authority besar, mendapatkan backlink dari domain dengan jenis ini lebih aman daripada mendapatkan backlink dari website-website yang baru seumur jagung dengan index yang belum stabil.

Belakangan banyak webmaster yang memanfaatkan kualitas dari aged domain untuk membangun blog network pribadi atau biasa dikenal dengan sebutan PBN.

Namun harap diperhatikan, jangan sembarangan membeli aged domain karena belum tentu domain tersebut cocok untuk dijadikan sumber backlink. Cek terlebih dahulu histori web tersebut, mulai dari tampilan halaman (dapat menggunakan Web Archive) hingga histori backlink (silahkan menggunakan Ahrefs). Pastikan web tersebut tidak pernah digunakan untuk kegiatan spamming sebelumnya.

Trafik Tinggi

Ada istilah “google follow people”. Dengan kata lain, links yang ada di website dengan trafik tinggi mempunyai kualitas yang lebih bagus daripada links yang berada di website dengan trafik rendah, karena links yang berada di website dengan trafik tinggi lebih berpeluang mendapatkan klik (kunjungan) dari visitor di website tersebut.

Hal tersebut tidak sepenuhnya benar,tetapi cukup untuk menunjang apabila kriteria yang lain terpenuhi.

Low Outbound Links

Situs yang mempunyai backlink dengan outbound link (link keluar) yang banyak akan mengurangi efektivitas backlink tersebut karena harus dibagi-bagi dengan link-link yang lain di dalam satu halaman yang sama.

Kebalikannya dengan low outbound links, backlink yang di dapat dari halaman ini jauh lebih powerful karena Link Juice yang didapat akan langsung masuk ke website Anda tanpa terbagi-bagi ke link lain.

Terlalu banyak mendapat backlink dari website dengan high outbound links juga berbahaya bagi situs Anda karena high outbound links rentan dianggap sebagai halaman spam (yang masuk kategori ini biasanya spamming jenis blog commenting).

Unik (Different C class IP’s)

Backlink yang berasal dari situs website dengan hosting yang berbeda dan IP yang berbeda juga ikut mempengaruhi peringkat website kita pada search engine Google.

Secara logika, apabila backlink yang didapat dari IP yang berbeda, kemungkinan besar backlink yang didapat bukanlah manipulasi seperti halnya jika kita membuat backlink dari website kita sendiri (dengan IP dan hosting yang sama).

Setidaknya, hal itulah yang kemungkinan besar dibenamkan ke dalam pikiran Google Penguin. Walaupun dalam prakteknya, tetap saja backlink beda IP juga dapat dimanipulasi (dengan PBN misalnya).

Dofollow Attribut

Menurut teori, Dofollow adalah link yang dihitung google sebagai sebuah ‘vote’ untuk website Anda, sedangkan nofollow tidak. Jadi, jika Anda mendapatkan banyak backlink berkualitas dengan 7 kriteria diatas namun link nya ternyata bukan dofollow, maka itu adalah sebuah kerugian besar.

Ada juga yang berpendapat bahwa link nofollow tetap dihitung sebagai sebuah backlink, ada juga yang mengatakan tidak.

Agar backlink dapat tetap terlihat natural, prosentase dofollow nofollow harus berkisar antara 80 : 20 sampai 95 : 5. Jangan sampai semua backlink yang Anda cari yang hanya dofollow saja karena akan terlihat tidak natural bagi search engine, pun juga jangan sampai mayoritas link nofollow daripada dofollow karena backlink yang Anda bangun akan menjadi kurang powerful.

One way links

Beberapa tahun lalu, link exchange (tukar link) antar sesama blogger adalah suatu aktivitas yang lumrah dan sangat sering dilakukan. Aktivitas ini cukup efektif untuk menaikkan Pagerank dan memperkuat backlink dari situs-situs yang melakukan link exchange atau disebut juga sebagai reciprocal link.

Sayangnya, di algoritma Google yang sekarang, reciprocal link semacam ini sudah banyak berkurang value nya (karena sudah terlalu banyak disalahgunakan).

One way links (link satu arah) ke website kita jauh lebih baik dari pada two way links (link dua arah) seperti model tukar link atau link exchange. Alasannya cukup sederhana, karena kita mendapatkan backlink (+) tanpa harus balik mengeluarkan backlink (-).

Jangan lupa juga faktor penunjang lain untuk memaksimalkan optimasi off-page Anda seperti social signal (link dari social media). Meskipun link yang dihasilkan dari social media kebanyakan adalah nofollow, tapi backlink jenis ini juga cukup bermanfaat karena mendatangkan trafik dan bisa menimbulkan efek viral.

Hanya butuh kurang dari 10 detik untuk like, share dan subscribe social media. Hal ini sebagai indikasi bahwa artikel ini bermaanfaat, sehingga akan dibuat kelanjutan artikel ini.

Salam

Bandarlink

Terima Kasih Atas Partisipasinya

Source : http://bit.ly/2dJfPqo

The post Situs Backlink Berkualitas Indonesia appeared first on BandarLink.

Related posts:

  1. Situs Backlink Berkualitas Indonesia
  2. Wisata Pantai Terindah Di Indonesia Yang Sangat Populer
  3. Wisata Eksotis Di Banyuwangi Yang Wajib Dikunjungi

Originally published on Wordpress

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.