Jalur sepeda Chambéry — Le Bourget du Lac , France

Jalur sepeda menuju Laboratorium

Bersepeda bukan hanya berolahraga, bersepeda adalah pilihan gaya hidup.

Akhir agustus 2014 lalu, saya mencoba berangkat ke laboratorium dengan menggunakan sepeda. Ini bukan kali pertama saya melakukannya. Namun ini menjadi kali pertama saya lakukan di pagi hari. Jam di tangan saya menunjukan waktu 7h45. Udara segar terhirup seriring saya kayuhkan sepeda ini ke jalan. Jalur yang akan saya pilih adalah jalur khusus sepeda untuk lintasan Chambery — Le Bourget du Lac.

Selama di perjalanan, banyak orang tua dengan anaknya mengayuh sepeda bersama. Mereka nampak bahagia menikmati akhir liburan sekolah musim panas. Jalur sepeda ini terletak di sisi sungai yang mengalirkan air nya ke danau Le bourget. Masih banyak rimbunan pohon yang tumbuh secara liar disini. Tak heran udara yang terasa cukup segar.

Makin jauh mengayuh, makin banyak orang — orang yang saya temui. Kebanyakan adalah para pekerja sainstis yang bekerja di daerah Savoie Tecnolac. Bersepeda bagi mereka menjadi bagian dari gaya hidup. Pakaian yang mereka kenakan sangat nyaman sekali untuk bersepeda. Perjalanan 45 menit menjadi terasa ringan jika dilalui bersama — sama.

Jika pemerintah mendukung, penduduknya pun akan mengikuti dengan senang hati

Pemerintah kota Chambéry menyadari bahwa pertumbuhan kendaraan bermotor itu tidak usah dipancing, dengan sendirinya akan bertumbuh dengan cepat. Mereka lebih memilih mendukung gaya bertransportasi yang ramah lingkungan. Bagi penduduk yang belum memiliki sepeda pun diberikan fasilitas peminjaman dengan harga yang cukup terjangkau.

Saya berpikir, jika kartu langganan bus saya sudah habis, mungkin bersepeda 10 km setiap hari kerja ke laboratorium bukan pilihan yang buruk.


Originally published at bastianokto.wordpress.com on October 11, 2014.

A single golf clap? Or a long standing ovation?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.