atelelellelelele ate
4 min readApr 5, 2023

••• Jeanne •••

Setelah berpisah dengan Vanya, Jeanne dan Sakara pergi ke food court untuk membeli makanan yang diinginkan Jeanne. Ia telah membeli minuman dan beberapa makanan ringan. “Udah semua?” Tanya Sakara yang dibalas anggukan oleh Jeanne, “Aman bos" jawabnya.

Sedikit banyak kedua orang itu berbicara ketika dalam perjalanan. Sakara mengemudikan motornya menuju rumah ibunya, “Kak? Ini bukan arah kosan gue perasaan" tanya Jeanne ketika merasa jalanan yang ditempuh berbeda, “Lah kan emang mampir dulu Je sebentar" ujar Sakara. Tak lama setelah itu, mereka pun sampai di kediaman orang tua Sakara. “Lah kalo bilang mau mampir mah harusnya beliin makan lah buat orang rumah" omel Jeanne, “Udah banyak makanan dari kemarin Je, dah yuk masuk" ajak Sakara.

“Assalamualaikum Ma, Saka pulang" ucap Sakara ketika memasuki rumahnya, diikuti oleh Jeanne dibelakangnya, sesosok wanita paruh baya pun menghampirinya dengan senyuman di wajahnya. “Udah pulang? Lohh?? Ada Jeanne?? Astagaaaa apa kabar anak manisss" sapa Aida ( Ibu Sakara ) ketika melihat Jeanne, “Hehe baik tante, tante apa kabar?” Sapa Jeanne sembari tersenyum, “Baik dong, ayuk masuk, tante ada oleh — oleh deh buat kamu" ucap Aida, “Bohong ih tante, pasti oleh — oleh sisaan nih" ujar Jeanne sembari menggandeng tangan Aida, “Ya itu bener sih, kan tante kasih ke siapa aja yang kesini, Jonathan gimana? Sudah punya pacar dia?” Ujar Aida dengan semangat, “Iya deh iya, Kak Jo masih single tan, sama aja tuh kaya Kak Saka" jawab Jeanne, “Kan, kenapa sih mereka tuh susah banget dibilanginnya, Tante tuh juga mau loh nimang cucu Je" cerita Aida sembari mengajak Jeanne duduk.

“Nah itu dia te, gimana dong, Jeanne sih udah ngode kak Saka terus tapi orangnya gak peka tuh" ledek Jeanne sembari terkekeh pelan, “Loh, kamu kalo sama Sakara kasian, anaknya cuek begitu, tapi kalau bener jadi tinggal disini sama tante ya Je, jangan kaya Sakara yang maunya tinggal sendiri" ujar Aida, “Ma…bahasannya kok kesitu lagi" keluh Sakara, “Ya makanya, kan niat Mama baik, biar kamu ngga ingat terus sama Alin..” ujar Aida, “Kan…malah disebut..” ujar Sakara pelan, “Udah ih, dari pada bahas itu, mending tante ambilin oleh — oleh buat aku, kalo boleh sekalian buat Kak Jo ya tante hehe" ujar Jeanne mengalihkan pembicaraan, “Astaga! Iya tante lupa, tunggu sebentar ya sayang" ujar Aida yang lalu masuk meninggalkan mereka berdua.

Jeanne dapat melihat perubahan di wajah Sakara, ia pun menepuk pundak laki — laki itu pelan, “Sori ya kak, gara — gara gue Tante Aida jadi bahas itu" ujarnya, Sakara pun tersenyum, “Santai aja udah Je..gapapa" jawabnya, “Lo sih ngomong santai dan gapapa, tapi pasti ada rasa ga enak ati kan lo..” ujar Jeanne kembali, “Ya gimana Je" ucap Sakara pelan, “Terlalu bucin sih dulu lo kak" celetuk Jeanne, “Ya udahlah, udah lewat juga Je" ujar Sakara, “Ya iya sih, tapi lo serius nih gamau sama gue? Pindah ke kak Han deh gue" ucap Jeanne sembari nyengir, “Kelarin dulu kuliah lo, tuh Jonathan tiap hari ngomongin lo mulu" ujar Sakara sembari mengacak rambut Jeanne pelan, “Dah lah, terima nasib aja gua mah di anggep adek doang sama lo kak" ujar gadis itu sembari membuat wajah yang bersedih yang membuat Sakara tertawa.

“Nih lihat, tante tuh sempat beli Tas branded lucu, tapi tante gajadi pakai disana, buat kamu ini, terus ini buat Jonathan ya" ujar Aida yang baru saja kembali membawa sebuah tas berwarna hitam dan sebuah dompet. “Lah tante kalo aku dikasih ini bisa dijual buat jajan" celetuk Jeanne yang membuat Aida tertawa, “Aduh kamu ini, kalau mau jajan minta lah sama Sakara, kalau ngga dikasih kamu kesini nanti jajan sama tante ya?” Ujar Aida, “Becanda te, ga akan aku jual lah kalo dari calon mertua mah" ujar Jeanne sambil nyengir, “Aduh bener — bener, ini yang tante kangenin dari kamu, lucunya kamu ini lho, bisa bikin mood naik" ujar Aida yang masih tertawa, “Hehe, pokoknya sehat terus ya tante, kalo keluar negri inget aku berarti" ujar Jeanne, “Iya, terima kasih ya kamu sudah sempatin ketemu tante, sukses buat kuliahnya ya? Biar Sakara antar pakai mobil, sudah malem" ujar Aida, “Ma, Jeanne kan mabok kalo naik mobil" celetuk Sakara yang laku disambung anggukan oleh Jeanne, “Nah, minusnya aku itu, rada kampung tan hehe pamit ya tantee" ujar Jeanne lalu berpamitan dengan Aida.

“Makasih ya Je, padahal gua ngajak mampirnya dadakan, tapi emang Mama tuh bisa ketawa kalo sama lo kayak tadi" ujar Sakara ketika mereka sudah sampai di kosan Jeanne, “Iya sama sama, lagian gue juga dapet tas, itung aja bayaran ngelawak wkwk" ujar Jeanne, “Soal yang dibahas Mama tadi, lo gak akan ambil hati kan?” Tanya Sakara, “Iyaaa gabakal gua ambil hati, lagian malah kalo lo tiba tiba berubah yang ada gue bakalan kaget kayanya" ujar Jeanne sambil cekikikan, “Ya udah, istirahat gih" ujar Sakara, “Nah, kalo lo begini sih makin maju lah gue sholawatin biar kita jodoh" goda Jeanne, “Masuk gih buruan, gua udah di telfon Jonathan mulu" ujar Sakara menunjukkan layar ponselnya, “Ya udah iyeee, byee! Oh ya, semoga bisa cepet lupa sama kak Alin ya!” Ujar Jeanne yang lalu masuk ke dalam kosannya.