GO-JEK Intern [Surabaya] Day1 by KS,RB

===============PRE STORY===============

Ini adalah cerita mahasiswa bermata paling sipit di angkatan (kevin), dan laki — laki paling siap nikah (robbigh). FYI (Info Buat Kamu) kami telah mengajukan kerja praktik (kp) di lebih dari 3 perusahaan dan semua berujung DITOLAK, mulai dari Nestle, Skha Consulting, Coca — Cola, Toyota, Hero, BCA, sampe XYZ (perusahaan fiktif). Dari teman — teman seangkatan belum keterima, sampe tinggal hitungan jari aja mahasiswa yang belum tau kp dimana. Engga hanya teman — teman yang “meninggalkan” kami, UAS aja ogah nungguin kami diterima di salah satu perusahaan WTH! (Neraka Itu Apa).

Hingga pada suatu hari disaat-saat hectic mengerjakan final project, kami mengajukan diri untuk mengikuti program intern dari GO-JEK lebih spesifiknya di GO-LIFE bagian Operation dengan ragu-ragu. Kami ragu karena kata OPERATION, ngapain kerjanya? dalam banyangan kami memikirkan driver GOJEK, nganter makanan, naik motor seharian (kalo robbigh udah biasa). Tapi yang namanya kepepet, dari pada ga dapet kp akhirnya kami mengirimkan dokumen-dokumen yang diminta. “Application for GO-JEK Internship” SENT!

===============THE STORY===============

Singkat cerita setelah melalui tahap wawancara (tahap selanjutnya setelah seleksi dokumen), kami AKHIRNYA diterima kp di GO-JEK dan tempatkan di Region Surabaya. Teruntuk teman — teman yang nanya kp dimana vin? disana ngapain aja? dapet gaji ga? akhirnya kami bisa menjawab pertanyaan kalian!

Beruntung pikiran tidak jadi kenyataan, karena ternyata di bagian oprasional GO-JEK kerjaannya bukan itu. Kami menghandle memiliki akses dan tanggung jawab penuh terhadap proses bisnis yang dijalankan oleh perusahaan. KP DI GO-JEK ITU ASIK!

Hari pertama puasa (6 Mei 2016) untuk kedua kalinya pergi ke GO-JEK Office di jalan Tidar No. 67 Surabaya. GO-JEK Office ini kantor satu-satunya untuk region Surabaya yang sekaligus jadi kantor seluruh anakannya termasuk GO-LIFE, next month GO-LIFE yang punya sub layanan GO-MASSAGE dan GO-CLEAN akan hijrah ke kantor baru yang lebih WOW (katanya).Tidak seperti tempat kp lain yang mengharuskan bangun pagi biar ga telat kantor, spesial hari ini kami masuk jam 10! (normalnya jam 9) berangkat dari kosan jam 9.20 sampe di kantor sebelum jam 10. Kami menunggu jam masuk kantor dengan stelan kemeja rapi dan celana jeans, bukan karena tidak bangga dengan setelan baju mahasiswa baru tapi karena himbauan dari mentor yang merupakan Operation Supervisor (pacarnya mbak SOLARIS) via Line beberapa hari sebelumnya. IT’S STARTUP BRO!

GO-LIFE berada di 3C yang berarti lantai 3 gedung C, meskipun hanya ruangan berukuran 8x20m (sisanya dipakai anak GO-JEK lain) di sini kami bertemu langsung dengan mentor kami dan Operational Manager (OM) GO-LIFE Surabaya. Beliau — beliau (padahal umur selisih 1 tahun) menyambut kami dengan ramah, dan menjelaskan secara singkat mengenai GO-LIFE, layanan yang baru berekspansi ke Surabaya semenjak 3 minggu lalu dan ditargetkan untuk mulai operation (beroperasi) normal minggu depan (target hari ini). IT’S STARTUP BRO!

Penjelasan mengenai budaya organisasi GO-JEK yang sangat welcome terhadap ide langsung yang jika visible dapat langsung dieksekusi saat itu juga, penjelasan operation itu ngapain aja, bagaimana alur proses bisnis, bagaimana kontrak selama intern di GO-JEK yaitu kerja mulai jam 9 sampe 16 dan akan digaji sebesar Rp. 100.000/hari membuka hari ini. Cerita tidak selalu indah, kemudian kami diberikan permasalahan nyata yang sedang dialami GO-LIFE yang menyebabkan operation harus ditunda. Brainstorming dengan OM, dan mentor pun kami lakukan pada saat itu untuk mensolusikan kendala yang ada. Alhasil di hari pertama kami sangat produktif dengan menambah pengetahuan mengenai kondisi kekinian dan proses bisnis GO-JEK serta GO-LIFE, memperoleh istilah — istilah baru dalam bisnis, mensolusikan kendala yang ada hingga mengeksekusi solusi yang kami rekomendasikan kepada GO-LIFE. Beberapa hari kedepan kami diminta untuk terus menghandle kendala ini, hingga tugas baru menanti saat sudah pada tahap operation. Overall kerja praktik kami seputar proses bisnis. KP DI GO-JEK ITU ASIK!.

*Banyak kejadian lainnya yang tidak dituliskan karena keterbatasan waktu dan pikiran penulis*

Mohon maaf karena permasalahan apa yang dihadapi tidak dapat dipublikasikan karena bersifat privasi bagi perusahaan.

Teruntuk teman — teman yang sudah mulai kp, atau baru mau kp, bantu doa rek! untuk yang belum memperoleh kepastian i know that feeling bro/sis.

-KS

Coret — Coret Hasil Brain Storming
Like what you read? Give BELTRANIS a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.