LAPTOP KAMU BASAH KENA AIR, COBA LAKUKAN TIPS SIMPLE INI, YUK KEPOIN!

Seiring dengan perkembangan teknologi kebutuhan akan perangkat seperti komputer dan laptop sudah menjadi keharusan, terutama laptop yang memiliki nilai kepraktisan dibandingkan dengan personal komputer atau desktop. Saat ini laptop adalah kebutuhan generasi millennial yang sudah menjadi teman sehari-hari. Tanpa laptop, hidup agan mungkin akan terasa hampa, terkhusus bagi kamu mahasiswa tingkat akhir, laptop adalah segalanya.

Barang elektronik, termasuk komponen-komponen laptop merupakan barang yang tidak tahan air. Makanya bahaya banget kalo laptop kamu sampe kena air karena menimbulkan korsleting pada komponen laptop yang dapat memicu kerusakan parah. Namun hal ini bisa dicegah jika kamu segera mengeringkannya.

Nah, berikut Urgent.id akan mengulas langkah-langkah mengeringkan laptop terkena air :

  1. Matikan Laptop

Untuk mencegah air yang masuk ke laptop berinteraksi dengan komponen di dalamnya dan menyebabkan korslet, segera matikan laptop kamu jika terkena air. Atau cabut baterai laptop. Dengan begitu arus listrik yang berinteraksi dengan air di dalam laptop tidak akan memicu kerusakan komponen yang lain.

2. Keringkan Laptop

Untuk mengeluarkan air yang masuk ke laptop, balik permukaan laptop kamu. Dengan bagitu air bisa merembes keluar dari dalam laptop lewat celah-celah yang ada di laptop. Tips mengeringkan laptop ini bisa kamu coba jika laptop tidak tersiram air kopi atau soda.

Jika bagian baterai dan tempat baterai laptop juga ikut terkena air, segera keringkan bagiannya menggunakan lap lembut. Bagian kutub positif dan negatif tempat baterai yang berwarna kuning sangat sensitif. Jadi keringkan dengan hati-hati, jangan sampai merusaknya.

Penting: Diamkan laptop kurang lebih selama 10 jam untuk proses pengeringan.

3. Jemur Baterai

Selagi menunggu permukaan laptop yang kena air mengering, kamu bisa menjemur baterai laptop yang basah. Tapi ingat, jangan sampai kena sinar matahari langsung. kamu bisa menjemur baterai lithium sambil ditutupi dengan kain kering untuk mencegah struktur kimiawinya rusak.

4. Bongkar Bagian Penting Laptop

Jika laptop terendam air dan basahnya parah, bongkar juga bagian penting laptop, seperti keyboard dan motherboard atau mainboard. Jangan lupa lepaskan komponen-komponen yang penting seperti processor, RAM, WiFi, Optical Drive, maupun Harddisk untuk dikeringkan agar tidak terjadi korosi.

Untuk mengatasi air yang masuk laptop merusak layar, agan bisa juga melepas bagian LCD. Tapi ingat, hanya lakukan pembongkaran laptop kena air jika kamu paham dan berani saja. Jika, tidak mau mengambil resiko, saya sarankan untuk segera membawa laptop ke tukang servis.

5. Uji Pasang Ulang

Setelah cara mengeringkan laptop di atas sudah dilakukan dan semua komponen laptopnya kering, segera pasang ulang semuanya. Lalu silakan hubungkan laptop kamu dengan adapter tanpa baterai. Jika tiba-tiba tercium bau hangus, segera lepas kembali. Jika tidak, kamu bisa lanjut menggunakannya seperti biasa.

Nah, itu dia tips atau cara mengeringkan laptop yang terkena air. kamu bisa melakukannya sendiri, jadi tidak perlu panik lagi jika laptop kamu tersiram atau kena air saat sedang digunakan. Apabila langkah diatas tetap tidak ngefek alangkah lebih baiknya kunjungi tempat service laptop yang bagus, nah salah satu rekomendasi tempat service bagus kunjungi aja URGENT.ID, tempat service tercepat dan bergaransi. Semoga bermanfaat!

Sumber :

http://www.urgent.id/service/laptop/10-basah-kena-air.php

https://jalantikus.com/gadgets/cara-mengeringkan-laptop-kena-air/