Apa yang Harus Dilakukan Setelah Instalasi WordPress

Seperti yang kita tahu WordPress adalah CMS yang populer dan diminati banyak blogger di seluruh dunia. Selain karena sederhana dan mudah, wordpress memiliki banyak pilihan template dan juga plugin untuk mempercantik wordpress mereka. Karena sederhana dan mudahnya, wordpress bisa digunakan oleh siapa saja bahkan oleh pemula sekalipun.

Bagi pemula, kami menyadari pasti akan menemui kebingungan setelah instalasi WordPress dilakukan. Nah untuk itu, tim Mebiso akan membahas apa yang harus dilakukan setelah instalasi WordPress. Apa sajakah itu, mari simak pembahasan kami dibawah ini:

1. Hapus contoh default

Setelah berhasil menginstal WordPress, Anda akan menemukan beberapa konten contoh termasuk Sample Page, Hello World post, Hello Plugin Dolly dan komentar. Anda harus menghapus semua konten yang tidak perlu & plugin karena bila Anda biarkan akan berdampak kurang baik bagi SEO Anda.

2. Konfigurasi general setting

Dalam pengaturan WordPress kita perlu mengkonfigurasi tagline dan tanggal. Untuk mengkonfigurasi pengaturan ini ada bisa menyetting melalui dashboard WP Anda, di menu Setting — General. Setelah itu, Anda harus tentukan tagline dan judul WordPress Anda. Kemudian perbarui zona waktu Anda sesuai dengan lokasi dimana Anda berada.

3. Struktur permalink

Anda harus menggunakan struktur permalink yang SEO friendly. Gunakan struktur permalik yang memuat tanggal dan nama post Anda. Struktur permalink ini SEO friendly. Anda dapat mengkonfigurasinya di menu Settings — Permalinks.

4. Hapus template yang tidak digunakan

Setiap kali Anda menyelesaikan instalasi WordPress, secara otomatis akan terupload beberapa template. Setelah Anda menentukan pilihan Anda, lebih baik Anda hapus template yang tidak digunakan. Jika Anda membiarkannya maka beresiko untuk keamanan WordPress Anda.

5. Security WordPress

Keamanan harus menjadi perhatian utama bagi Anda pengguna WordPress. Tahukah Anda bahwa issue tentang keamanan terus meningkat dari hari ke hari? Untuk itu Anda perlu menggunakan plugin security yang handal sehingga wordpress Anda aman dari serangan pihak tak bertanggungjawab.

6. Install plugin caching

Instalasi plugin cache juga penting untuk WordPress Anda, hal ini karena plugin ini akan meningkatkan kecepatan wordpress Anda.

7. Lindungi blog dari Spam

WordPress rentan terserang spam komentar. Gunakan plugin anti spam, salah satunya Akismet. Dengan plugin tersebut Anda dapat mengontrol komentar spam.

8. Install plugin SEO

Siapa yang tidak ingin web nya berada di halaman pertama search engine? Pasti Anda menginginkan pula bukan? Untuk itu Anda perlu menginstall plugin SEO. Ada banyak pilihan plugin SEO, Anda dapat memilih yang terbaik dengan mengecek rating dan reviewnya.

9. Backup

Backup secara berkala WordPress Anda. Backup akan menjadi file cadangan Anda bila suatu saat Anda ingin mengembalikan WordPress ke tampilan sebelumnya. Tersedia pula beberapa plugin backup yang membantu Anda membackup otomatis WordPress Anda.

10. Lain-lain

Install Social Sharing untuk membantu pengunjung Anda membagikan konten Anda dengan mudah. Semakin banyak yang berbagi, semakin banyak traffic Anda bukan?

Pengaturan profil pengguna dapat Anda atur di menu Users — Your Profile. Install plugin WordPress yang Anda rasa butuhkan

Jadi langkah-langkah penting diatas yang harus dilakukan setelah menginstal WordPress. Lakukanlah langkah-langkah diatas agar berikutnya wordpress Anda berjalan lancar.

source: http://www.ecloudbuzz.com/what-to-do-after-installing-wordpress/


Originally published at mebiso.com on October 16, 2015.

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.