Image for post
Image for post

Kembali lagi dengan Saya Bernhart Farras, fenomena entrepreneurship di Indonesia sekarang sudah mulai menjamur dan meningkat, bahkan ratio wirausaha Indonesia naik jadi 3.1 persen menurut depkop dari 1.7% pada 2013/2014 lalu.

Muncul suatu kata baru yang bernama Social Entrepreneurship / Pengusaha Sosial. Sebutan ini makin sering terdengar saat Saya diberikan tugas oleh fasilitator xl future leaders untuk melakukan social innovation challenge pada tahun 2016 lalu. Jujur Saya sangat bingung dengan tugas ini, begitupun beberapa teman Saya.

Instruksi yang saya dapat adalah “Cobalah buat bisnis/usaha yang dapat berdampak sosial” dan bentuklah pemikiran kita bisnis tapi hati kita sosial. …


Sudah lebih dari 15 tahun aku menggeluti dunia yang membuat beberapa teman, keluarga, dan orang-orang bilang kepadaku:
“Lo bisnis banget”, “Pak CEO”, “Visioner”, “Bisnis lo produknya mana?”, “Kapan lo pacarannya sih Bern kerja terus…”, “Ambisius”, “Selamat”, “Wah luar biasa”, “Gue pengen kaya lo”, “Kalau mimpi jangan terlalu muluk-muluk”, “Kerja ajalah aman, ngapain bisnis-bisnis”, “Si Bern mah uangnya banyak, bisnis nya aja dimana-mana”, “Eksis”, “Sombong”, “Sibuk”, dan lainnya.

Dan mungkin dunia tersebut disebut Dunia usaha.

Orang bilang dunia usaha itu bagaimana cara mendapatkan uang banyak, ada juga yang bilang bisnis itu jualan barang kepada konsumen, kalau dilihat dari usaha juga lekat dengan kata bisnis yang berawal dari bahasa inggris business yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. …


Akhir-akhir ini saya resah saat masuk ke dalam kamar untuk beranjak tidur. Bukan karena lelah yang tidak tertahankan. Tetapi ada amanah yang harus di jaga.

Saat ini saya memimpin beberapa orang di perusahaan yang kami bangun yang bernama HartLogic. HartLogic memiliki visi untuk membuat Indonesia menjadi negara yang mandiri. Terlihat mustahil dan sulit tetapi kami bergerak dari 0 memulai bekerja dari kamar pribadi pindah ke kantor sederhana di salah satu kamar kos di Jakarta selatan lalu beranjak sekarang ke kantor yang mulai membaik di Bandung.

Dimulai dari bekerja di karpet dan tidak memiliki tissue, dispenser, kursi bahkan meja pun tidak ada. …

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store