Langkah-Langkah Growth Hacking Untuk Mempercepat Pertumbuhan Bisnis

Hotmail menambahkan kata “PS I Love You. Get Free Email” di bagian bawah semua email pengguna awal mereka. Hasilnya, 1 juta pengguna dalam 6 bulan, dan 10 juta pengguna dalam 1 tahun.
Growth Hacking yang dilakukan Tim Draper di Hotmail

Sampai sekarang, apa yang dilakukan oleh Alexis Ohanian ketika masih pertamakali membangun Reddit masih menginspirasi banyak orang. Apa yang dilakukan Alexis sangat sederhana, semua orang bisa melakukannya, namun kenyataannya waktu itu, hanya dia yang melakukannya. Alexis menciptakan banyak sekali akun Reddit, dia kemudian menggunakan akun-akun tersebut untuk membuat obrolan di dalam Reddit. Terdengar familiar? Mungkin Anda juga pernah melakukan hal ini untuk meramaikan website Anda. Bedanya hanya satu. Alexis Ohanian menciptakan ribuan akun sekaligus! Hal tersebut membuat pengguna yang sesungguhnya menganggap Reddit sangat ramai, dan akhirnya mulai memakai dan mengajak temannya untuk menggunakan Reddit juga. Dari ribuan akun palsu, kini Reddit telah dikunjungi 28 juta orang tiap bulannya di Amerika saja.

Apa yang dilakukan oleh Alexis Ohanian di Reddit juga dilakukan oleh facebook, Twitter, DropBox, LinkedIn, dan perusahaan besar lainnya. Gaya marketing baru yang low cost high impact ini disebut dengan Growth Hacking. Ini adalah kunci bagaimana perusahaan kecil atau startup mampu menjadi perusahaan yang sangat besar dalam waktu yang sangat singkat. Bagi Sobat Studentpreneur yang masih asing dengan konsep growth hacking ini, Saya akan jelaskan Langkah-Langkah Growth Hacking Untuk Mempercepat Pertumbuhan Bisnis secara sederhana.

Alexis Ohanian Membuat Ribuan Akun Palsu Untuk Meramaikan Reddit Pada Awalnya

Apapun yang Terjadi, Kembali Ke Produk Anda

Daripada berusaha menjual sebuah produk yang sebenarnya tidak diinginkan pelanggan, lebih baik Anda mengembangkan produk sesuai dengan permintaan pelanggan. Growth Hacking, seperti yang diungkapkan oleh Josh Elman yang membantu Twitter berkembang, adalah kemampuan Anda untuk memahami keinginan pelanggan, tentang cara mereka menemukan dan menggunakan produk Anda. Dari data tersebut, Anda bisa membangun produk yang lebih baik dan menyelesaikan masalah pelanggan Anda. Bagaimana cara mengenali apakah produk Anda sudah sesuai keinginan pelanggan atau tidak? Mudah sekali. Lihat saja apakah ketika pelanggan memakai produk Anda, mereka akan merekomendasikan produk tersebut ke temannya atau tidak. Kalau mereka tidak berminat merekomendasikannya, yang salah bukan strategi marketing Anda, namun produknya yang tidak sesuai dengan pelanggannya.

Growth Hacking Untuk Produk Anda dan Dapatkan Pelanggan Awal

Strategi ribuan akun palsu awal yang dilakukan oleh Alexis Ohanian belum tentu juga berhasil apabila Anda yang melakukannya. Tiap produk mempunyai keunikannya sendiri-sendiri. Tapi, apapun jenis produk Anda, ingatlah bahwa tujuan growth hacking pertama adalah mendapatkan pelanggan awal. Contoh menarik selain Reddit adalah AirBnb, sebuah startup sukses dari Amerika. Untuk mendapatkan pelanggan awal, AirBnb membanjiri Craiglist, sebuah website yang jauh lebih populer, dengan semua rekomendasi tentang AirBnb. Akhirnya, banyak pengguna Craiglist yang penasaran dan mencoba AirBnb. Kita harus ingat bahwa growth hacking bukan alat, namun adalah mindset untuk berani mencoba berbagai hal. Kita harus lupakan cara tradisional seperti membuat press release atau iklan, coba temukan cara yang belum pernah dilakukan sebelumnya dan tepat untuk menonjolkan kekuatan produk kita. Produk manager dari Twitter, Paul Rosania, menekankan bahwa tidak ada satu cara pasti untuk bertumbuh, namun kita harus mencoba banyak ide marketing dan langsung evaluasi dengan cepat apakah berhasil atau tidak.

AirBnb Mengambil Pengguna Craiglist, Terang-terangan!

Buat Produk Anda Viral

Setelah berhasil mendapatkan pengguna awal, langkah selanjutnya adalah berusaha membuat produk Anda viral. Gunakanlah pengguna awal Anda untuk melakukan pekerjaan tersebut. Ada beberapa contoh growth hacking yang sangat sukses. Investor besar Tim Draper, memaksa tim Hotmail untuk menambahkan kata-kata “PS I Love You. Get Free Email” di bagian bawah semua email pengguna awal mereka. Hasilnya luar biasa, Hotmail mendapatkan 1 juta pengguna dalam 6 bulan, dan 10 juta pengguna dalam 1 tahun. Contoh lain yang Saya sendiri menjadi salah satu “korban” adalah DropBox. Apabila kita ingin mendapatkan space tambahan, kita harus mengajak teman kita bergabung. Sampai sekarang, Saya sudah mengajak 20 orang bergabung DropBox dan mendapatkan space penyimpanan data yang cukup besar dari DropBox. Dengan cara ini, DropBox dengan cepat mendapatkan jutaan pengguna baru. Satu hal yang harus Anda ingat, Anda tidak bisa hanya membangun produk dan berharap itu menjadi viral. Anda harus menganalisa data pengguna awal dan menciptakan strategi untuk membuatnya viral.

DropBox Membuat Pelanggannya Mengajak Teman Untuk Menggunakan DropBox Demi Space Lebih

Mempertahankan Pelanggan

Kalau dalam satu hari Anda mendapatkan jutaan pelanggan namun beberapa hari kemudian tidak ada pelanggan sama sekali, untuk apa? Setelah berhasil mendapatkan pelanggan, tugas penting berikutnya adalah mempertahankan mereka dengan cara benar-benar memperhatikan data yang ada dari pelanggan. Gagan Biyani, pendiri dari platform kelas online terkenal Udemy, menyarankan untuk selalu bertanya pada pelanggan yang ada, baik yang aktif dan tidak aktif, untuk mengetahui kenapa mereka memakai produk Anda, dan kenapa mereka tidak memakai produk Anda. Gunakan data tersebut untuk memastikan mereka terus memakai produk Anda. Ingatlah bahwa lebih baik anda mempunyai 1 juta pelanggan yang masing-masing membayar 100 ribu rupiah daripada 100 juta pelanggan yang hanya membayar 100 rupiah. Email, SMS, dan notifikasi adalah cara yang sering digunakan untuk memastikan pelanggan kembali memakai produk Anda.

SUMBER : https://studentpreneur.co/blog/langkah-langkah-growth-hacking-untuk-mempercepat-pertumbuhan-bisnis/

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.