Cara Membuat Tusuk Sate Menggunakan Mesin

Cara Membuat Tusuk Sate Menggunakan Mesin — Tusuk sate merupakan suatu hal yang paling dibutuhkan saat kita ingin mengolah sate, karena tusuk sate berfungsi sebagai pegangan supaya tangan kita tidak merasakan panas saat memanggang sate. Kebanyakan tusuk sate terbuat dari bambu karena memang bambu lebih murah dan lebih mudah di dapatkan jika dibandingkan dengan bahan kayu yang lainnya.

Dalam proses pembuatan tusuk sate, ada dua cara yang biasanya mereka lakukan yaitu dengan cara manual dan dengan cara menggunakan mesin. Mengingat bahwa sate merupakan makanan yang cukup diminati, maka peluang usaha tusuk sate ini juga cukup menjanjikan.

Jika anda ingin mencoba menjalankan usaha pembuatan tusuk sate, tentu saja anda harus mengetahui tahapan apa saja yang harus anda lakukan dalam membuat tusuk sate.

Berikut ini kami akan menjelaskan tentang cara membuat tusuk sate menggunakan mesin beserta tahapannya:

Cara Membuat Tusuk Sate Menggunakan Mesin

1. Pemotongan bambu

Langkah awal yang harus anda lakukan adalah memotong mambu menjadi ukuran yang di butuhkan. anda harus mengetahui panjangnya terlebih dahulu, tandai dan potong sesuai dengan panjang yang dibutuhkan.

2. Pembelahan bambu

Pada tahap ini anda harus membelah bambu menjadi beberapa bagian supaya lebih mudah saat mengubahnya menjadi tusuk sate. Dalam melakukan tahap ini anda juga bisa menggunakan mesin pembelah bambu.

3. Penipisan

Anda bisa menggunakan mesin serut manual untuk menipiskan bambu yang akan dijadikan tusuk sate. Penipisan ini dilakukan supaya ukuran bambu bisa sesuai dengan mesin pembuat tusuk sate.

4. Pembulatan

Masukkan bambu yang sudah anda tipiskan sebelumnya ke dalam mesin, setelah itu bambu tersebut akan keluar dengan bentuk bulat seperti tusuk sate pada umumnya dengan diameter 1 mm sampai 4 mm.

5. Pemotongan

Pada tahap ini anda bisa menggunakan gergaji khusus untuk pemotongan tusuk sate beserta mata pisau gergajinya.

6. Pengeringan

Jika anda menggunakan sinar matahari untuk pengeringannya, maka anda membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan proses pembuatan tusuk sate ini. Anda bisa menggunakan mesin oven dengan suhu 85 derajat celcius supaya lebih cepat kering.

7. Peruncingan

Anda perlu menggunakan mesin peruncing tusuk sate yang memiliki kecepatan tinggi dan menggunakan pisau yang berputar. Saat jejari bambu diputar maka akan ada pisau yang meruncingkan bambu tersebut.

8. Penghalusan

Penghalusan ini di lakukan dalam bak goyang yang membuat antara satu tusuk sate dengan tusuk sate lainnya bergesekan sehingga menjadi halus.

Setelah tahapan ini, tusuk sate masih harus di awetkan supaya lebih awet dan juga kuat. Itu merupakan proses pembuatan tusuk sate yang dilakukan pada umumnya. Untuk lebih rincinya anda bisa melihat cara penggunaan masing-masing mesin, karena setiap tahapan pembuatan tusuk sate mempunyai mesin yang berbeda.

Kualitas tusuk sate dapat di pengaruhi oleh kualitas bambu yang digunakan, kualitas antara satu bambu dengan bambu yang lainnya pun berbeda begitu juga dengan harganya. Tahap pengeringan juga bisa mempengaruhi kualitas tusuk sate. Jadi anda harus melakukan setiap tahapannya dengan baik supaya tidak rugi karena kualitasnya yang kurang baik.

Bisnis pembuatan tusuk sate ini akan sangat menguntungkan apabila anda mempunyai kualitas dan bisa mendistribusikan tusuk sate tersebut ke berbagai tempat. Oleh sebab itu selain cara membuat tusuk sate, anda juga harus belajar tentang teknik marketingnya.

Demikianlah informasi tentang Cara Membuat Tusuk Sate Menggunakan Mesin yang dapat kami informasikan kepada anda. Semoga bermanfaat dan Terima kasih.