Apa Itu Apache HTTP Server?

Apache HTTP Server

Apache HTTP Server adalah salah satu proyek dari Apache Software Foundation (ASF); fungsi utamanya adalah sebagai HTTP (Web) Server. Software open-source ini dapat digunakan untuk develop / deploy website pada sebuah server agar dapat diakses oleh aplikasi melewati jalur HTTP yang biasanya berupa internet-browser.

Apache HTTP Server ini dekat hubungannya dengan beberapa bahasa programming misalnya: PHP; dan beberapa aplikasi database seperti: Mysql, MariaDB, SqlLite, dan lain-lain. Fungsi setiap komponen yang telah disebutkan dapat dibagi seperti ini:

  • Apache HTTP Server sebagai web-server
  • PHP (atau bahasa programming lainnya) sebagai program utamanya
  • MySQL (atau aplikasi database lainnya) digunakan sebagai wadah penyimpan data.

Apache sebagai web-server tentu tidak sendirian, ada beberapa pesaing seperti Nginx, dan PHP-build-in-server dapat digunakan.

Nginx mulai digunakan sebagai alternatif apache untuk dipasang di server. Software ini unggul dalam melayani request yang banyak dengan penggunaan resource yang lebih kecil dibandingkan Apache.

Lain halnya dengan PHP-build-in-server; web-server instan ini digunakan untuk mengembangkan website skala kecil. Untuk pengguna Mac/Linux, instalasi PHP sangat mudah, menjadikan web-server ini sebagai alternatif web-server yang cukup memadai. Berbeda dengan pengguna Windows, akan lebih mudah proses instalasinya apabila dibantu paket web-development seperti XAMPP, WAMPP, dan lainnya.