Masa Depan Geoscientist

Melihat kondisi minat dan cita-cita mahasiswa ITB 4 sampai 5 tahun ke belakang, rasanya Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan masih menjadi primadona yang di agung-agungkan. Trend seperti ini tak lepas dari reputasi pekerjaan di dunia migas dan pertambangan yang saat itu menawarkan kesempatan dan pendapatan yang menjajikan. Bisa dilihat dari berbagai macam media yang memperlihatkan peringkat pendapatan berdasarkan jumlah nominal, tenaga ahli perminyakan selalu menempati posisi teratas. Hal ini pun berujung kepada persaingan yang ketat dalam mendapatkan kursi pendidikan di program studi terkait.

Kondisi seperti itu terus berlanjut sampai pada akhirnya terjadi ketidak stabilan dalam dunia minyak dan gas. Penurunan harga minyak dunia secara drastis berakibat terjadinya layoffs atau pemecatan di beberapa perusahaan secara besar-besaran. Per 8 Maret 2015 saja, tercatat sebanyak 58.586 data pemecatan pada oilfield services dan 8.362 data pemecatan di E&P. Penurunan harga minyak ini pun berujung pada berkurangnya lowongan pekerjaan baru bagi lulusan teknik perminyakan, teknik geologi, teknik geofisika, dan program studi lainnya yang berhubungan. Bisa dilihat dari berkurangnya jumlah perusahaan migas yang membuka recruitment dalam ITB career days yang terakhir diselenggarakan.

Dunia politik sangat erat kaitannya dengan harga minyak dunia. Tidak dapat dipungkiri menurunnya harga minyak dunia ini karena adanya persaingan antara negara-negara pengekspor migas. Menurut prediksi Goldman Sachs, harga minyak dunia ini akan terus menurun bahkan diperkirakan akan menembus harga $20 per barel apabila hal-hal berikut ini terjadi. Perjanjian nuklir Iran telah mencapai kesepakatan, dan sanksi ekonomi atas Iran akan dicabut. Apabila hal ini terjadi, maka minyak Iran yang diperkirakan tersimpan sebesar 38 juta barel akan masuk kembali ke pasar dunia dan akan mengacaukan harga minyak yang sebelumya memang sudah turun. Menurut Menteri Perminyakan Iran, Iran akan menaikkan produksi sebesar 1 juta barel setelah sanksi dicabut untuk merebut kembali pasar minyak. Kedua penimbunan minyak pada storage minyak untuk ‘menunggu’ harga minyak kembali naik dapat menjadi malapetaka. Apabila tempat penimbunan telah penuh, maka minyak akan ‘terpaksa’ dijual untuk mengurangi biaya penyimpanan minyak yang mahal. Sebagai contoh, di Cushing, Oklahoma, sentra tempat penimbunan minyak US telah mencapai utilisasi 77% dengan total yang tersimpan sebesar 54.4 juta barel. Kedua hal tersebut dan perlambatan ekonomi dunialah yang menjadi penyebab harga minyak dapat mencapai 20$/barrel menurut Goldman Sachs.

Masalah-masalah dalam dunia perminyakan seperti ini membuat para lulusan program studi terkait berpikir dua kali dalam merencanakan masa depan. Sebagai mahasiswa Teknik Geofisika, banyak lapangan pekerjaan yang tersedia diluar dunia perminyakan. Untuk itu dari Divisi Kajian TERRA melakukan diskusi secara bersama untuk khusus membicarakan hal ini. Kami pun melakukan LGD dalam penarikan pendapat setiap peserta diskusi. Berikut rangkuman dari hasil diskusi massa TERRA dalam massa depan karir seorang sarjana teknik Geofisika.

1. Dunia migas

Setelah mendapatkan penjabaran seperti sebelumnya diatas, beberapa massa TERRA masih ada yang menaruh harapan terhadap dunia perminyakan ini. Karena memang kesempatan untuk berkarir di dunia migas tidak sepenuhnya tertutup, hanya saja memang untuk saat ini kesempatannya sangat kecil.

2. Geothermal

Sarjana teknik geofisika memang dibentuk untuk menjadi seorang eksplorator handal. Oleh karena itu, banyak massa TERRA yang menganggap bahwa geothermal dunia khusunya di Indonesia sangat menjanjikan. Cadangan berlimpah, ramah lingkungan, dan energi nya yang terbarukan hanya beberapa keuntungan pemakaian geothermal sebagai sumber energi. Tetapi massa TERRA di satu sisi juga merasa perkembangan geothermal di Indonesia masih terbilang lambat dan sulit karena harga penjualannya yang rendah tetapi biaya produksinya tinggi.

3. Lingkungan

Sarjana teknik geofisika juga dapat terjun ke dunia lingkungan diantaranya CCS (Carbon Capture Storage), kebencanaan, pertanian, dan bahkan dapat menjadi ahli dalam meninjau perialku manusia terhadap iklim.

4. Infrastruktur atau Geoteknik

Ahli geofisika dapat menjadi pendeteksi batuan penyusun pondasi dan kerusakan. Tetapi kendalanya adalah lapangan pekerjaannya masih sangat sempit. Hal ini dikarenakan tenaga kerja geosfisika dalam dunia geoteknik sebagai penguat data atau sebagai tenaga kerja tambahan dan masih jarang ada perusahaan kontraktor yang menjadikan lulusan teknik geofisika sebagai pekerja tetap.

5. Dosen atau tenaga pengajar dan peneliti

Bagi beberapa massa TERRA yang ingin mengembangkan ilmu geosains nya, menjadi dosen dan peneliti mungkin alternatif yang cukup tepat dalam berkarir di masa depan.

6. Dunia perbankan

Sebenarnya dunia perbankan ini tidak adaa kaitan khusus terhadap ilmu yang dimiliki sarjana teknik geofisika, tetapi prospeknya sangat menjanjikan untuk masa depan. Hanya saja sayangnya bagi massa TERRA yang ingin terjun ke dunia perbankan akan lebih sulit nantinya ketika ingin kembali ke dunia geosains.

7. Wirausaha

Massa TERRA yang ingin bekerja secara bebas, tidak terikat, dan ingin mengelola suatu perusahaan, memilih untuk berwirausaha di kehidupan karirnya. Sebenarnya apapun program studi yang diambil seseorang, wirausaha akan tetap menjadi pilihan dalam berkarir. Karena yang dibutuhkan untuk berwirausaha yang paling penting adalah niat dan keberanian untuk memulai.

Setelah penjabaran hasil diskusi diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa buruknya perkembangan dunia perminyakan tidak menjadi masalah yang besar bagi lulusan teknik geofisika apabila pikiran tentang gaji dan masa depannya sudah terbuka. Pesan kami dari divisi kajian jadilah yang terbaik dimanapun massa TERRA bekerja. Karena masalah gaji dan lainnya hanya dapat dibuktikan dengan kinerja yang maksimal, terlepasdari apapun pekerjaan yang ditekuninya.

Sumber

http://www.eia.gov/todayinenergy/detail.cfm?id=20472

http://www.businessinsider.co.id/barclays-return-of-iranian-oil-could-not-have-come-at-a-worse-time-2015-7/#.Ve5EOPmqqko

http://www.presstv.ir/Detail/2015/09/02/427434/Irans-oil-minister-Bijan-Zangeneh-Bloomberg-oil-market-share

http://www.reuters.com/article/2015/06/15/us-iran-oil-storage-idUSKBN0OV1SV20150615

http://www.gibsons.co.uk/files/TMR%202015%2003%2020.pdf

http://www.reuters.com/article/2015/06/15/us-iran-oil-storage-idUSKBN0OV1SV20150615