Branchless, apakah itu?

Branchless, apakah itu?

Branchless atau dalam bahasa Indonesia bermakna “tanpa cabang”, merupakan sebuah konsep yang banyak di praktikkan oleh berbagai macam kalangan dengan berbagai bidang yang berbeda. Konsep branchless paling banyak didengar oleh masyarakat pada umumnya yaitu penerapan branchless banking, atau layanan keuangan tanpa kantor.

Indonesia memiliki sebuah program yang digagas oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dengan sebutan LAKU PANDAI (Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif) untuk penyediaan layanan perbankan atau fasilitas keuangan lain melalui kerjasama dengan pihak lain yang disebut sebagai agen bank yang didukung dengan sarana teknologi informasi.

Gagasan program tersebut dimulai pada Juni 2012 dengan sebutan Branchless Banking, menjadi salah satu program Strategi Nasional Keuangan Inklusif guna memberikan akses bagi masyarakat yang belum menyentuh fasilitas perbankan di Indonesia.

Branchless memiliki konsep yang sama dengan program OJK, dengan adanya program milik OJK menjadikan branchless memiliki kedudukan yang sangat potensial dalam rangka membantu program tersebut berjalan di Indonesia

Kenapa Branchless?

Pulau jawa sebagai daerah yang memiliki populasi yang sangat padat dengan kurang lebih 160.293.748 Juta yang berarti 50% penduduk Indonesia berada di pulau Jawa, menjadikan pulau jawa memiliki kegiatan transaksi yang sangat padat dan banyak, namun menurut data masih banyak terdapat masyarakat yang masih belum memanfaatkan layanan perbankan yang disebut dengan istilah “unbanked”. Terdapat hampir lebih dari 50% masyarakat Indonesia yang masih belum tersentuh layanan finansial dikarenakan lokasi yang jauh dari Bank maupun masalah biaya yang memberatkan.

Sejalan dengan kebutuhan program LAKUPANDAI, Branchless menawarkan berbagai solusi untuk membawakan layanan finansial lebih dekat kepada masyarakat. Salah satunya dengan pemanfaatan Fintech (Financial Technology) dalam pelaksanaan Branchless Banking, menawarkan solusi low-cost untuk institusi layanan keuangan, sekaligus memberikan solusi praktis dan murah bagi masyarakat untuk mendapatkan akses pada layanan keuangan perbankan.

Tidak hanya hadir memberikan solusi layanan keuangan inklusif, Branchless mencoba untuk menggandeng berbagai macam startup fintech, badan usaha non-bank dan juga badan usaha perbankan yang ingin bekerjasama dalam memberikan pelayanan keuangan yang terbaik bagi seluruh masyarakat di Indonesia.