Mengenal Anak Melalui 3 Pertanyaan


Ternyata cara yang paling tepat untuk mengerti our little ones adalah dengan cara mendengarkan ceritanya! Ini loh Moms, 3 pertanyaan yang bisa ditanyakan pada si kecil sebelum mereka terlelap.

Setiap malam melalui pertanyaan simple, Anak dapat diajarkan untuk terbuka pada orang tuanya, tentu saja peranan orang tua untuk mendengarkan ceritanya hari itu menjadi penting untuk pertumbuhan dan kedekatan hubungan dengan orang tua. Biarkan anak bercerita dan percaya pada orang tuanya melalui sesi “curhat” setiap malam. Berikut beberapa pertanyaan tersebut :

  1. Apa yang bikin Kakak/Adik (Anak) tersenyum hari ini?
  2. Apa yang bikin Kakak/Adik (Anak) nangis hari ini?
  3. Kakak/Adik (Anak) belajar apa aja hari ini?

Mereka akan mulai tersenyum bahkan tertawa dengan mengingat kejadian yang membuat mereka bahagia. Ternyata kegiatan ini dapat membuat Anak belajar beberapa hal, diantaranya…

  • Anak Belajar Berkomunikasi

Dengan terbiasa menceritakan kesehariannya, Anak akan belajar berkomunikasi dan menumbuhkan bibit percaya pada orang tuanya, dan memang yang kita inginkan sebagai orang tua ialah saat Anak percaya dan selalu menceritakan hal-hal yang mengganggu dirinya.

  • Mengajarkan Anak Untuk Menjadi Lebih Pintar dan Dewasa

Setiap hari, setiap malam, Anak akan mengingat apa yang mereka pelajari. Hal ini akan membuat mereka terbiasa belajar, dan mengemukakan apa yang mereka pelajari setiap hari. Kegiatan ini juga dapat mengajarkan pada Anak bahwa walaupun ada hal yang membuat mereka sedih dan menangis tentu dari sana ada juga sesuatu yang dapat mereka pelajari, dan mungkin ada hal baik yang dapat diambil. Kesalahan yang Anak buat, atau apapun yang membuat mereka sedih ialah hal normal, dan Anak dapat diajarkan melalui sharing dengan orang tuanya.

  • Membawa Orang Tua Melihat Dunia Anak

Anak akan menceritakan kegiatannya sepanjang hari itu, sebagai orang tua tugas kita ialah mendengarkan dan ikut masuk dalam dunia Anak. Kita akan melihat dengan cara pandang Anak. Apa yang membuatnya tersenyum, apa yang membuatnya sedih. Dari hal inilah, kita sebagai orang tua akan mengerti Anak. Jangan kaget ya Moms, jika Anak akan bercerita hal yang baru dan membuatmu terkejut, dunia Anak ialah dunia yang ceria dan penuh imajinasi! It’s awesome!

  • Mengajarkan Anak Berdoa

Setelah acara “curhat” selesai, sebagai orang tua kita dapat mengajak Anak untuk berdoa, bersyukur atas hal yang membuat kita tersenyum, bersyukur atas hal yang dapat membuat kita belajar menjadi Anak yang lebih pintar, dan minta ampun pada Tuhan untuk kesalahan kita.


Itulah 3 pertanyaan yang dapat membuat kita dekat dengan Anak, mengerti dunianya, bahkan mengajarkannya untuk menjadi Anak yang berani mengemukakan perasaannya pada orang tua. Jangan kaget ya Moms kalau suatu saat, Anak akan memintamu menjawab tiga pertanyaan diatas ☺️
Show your support

Clapping shows how much you appreciated brigitt’s story.