Wget merupakan software aplikasi opensource yang sering kita temui pada sistem operasi linux seperti Debian, Ubuntu, Fedora, dan lain-lainnya. Software aplikasi wget ini berguna untuk mendownload file berekstensi seperti .pdf .mp3 .mkv dan lain-lain. Software ini juga sering disebut dengan panggilan “sulap wget”.

 Pada tutorial kali ini saya akan membahas bagaimana caranya menggunakan wget, atau lebih khususnya saya akan membahas bagaimana caranya mendownload file menggunakan wget.

 Pertama sekali, anda harus membuka terminal linux anda dengan mengetikkan tombol shortcut “ctrl+alt+t”. Seteleah terminal terbuka, maka buka browser anda untuk memilih link mana yang hendak di download.

 Setelah link terpilih, maka copy link tersebut! Kemudian pindah ke mode terminal, dan buka wget dengan perintah “sudo wget” lalu pastekan link yang telah di copy sebelumnya. Ingat! untuk mendownload file dengan wget, harus menggunakan file berextensi. Contohnya seperti ini “http://ift.tt/1OjNLVI".

 Lalu tekan “enter” untuk memulai downloadnya. Simpel bukan?! Jika anda masih bingung bagaimana cara kerja wget, dalam tutorial ini saya sudah mengemas dengan tutorial video. Anda bisa langsung menonton video dibawah ini jika anda masih kurang faham. Terima kasih!

Originally published on Blogger

Like what you read? Give Komunitas Bungker a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.