Panduan Memilih Logo yang Menentukan Masa Depan Brand Anda

Hal Penting yang harus Diperhatikan Saat Memilih Contoh Logo Perusahaan

Selain nama perusahaan, salah satu hal yang penting adalah logo perusahaan. Logo menjadi identitas utama sebuah perusahaan yang akan dikenal oleh masyarakat. Contohnya saja Matahari dan Ramayana, masyarakat tak perlu melihat nama lengkap dari perusahaan retail tersebut, cukup melihat contoh logo perusahaan saja (yaitu huruf M dan R), mereka langsung mengenali kedua perusahaan retail tersebut. Masyarakat juga biasanya malah lebih familiar dengan logo perusahaan dibandingkan dengan nama lengkap dari perusahaan itu sendiri.

Masyarakat pada dasarnya memang menyukai hal-hal yang sederhana dan mudah diingat, tidak menimbulkan ambigu dan tak menyebabkan rasa ragu saat melihatnya. Di Indonesia sendiri, masyarakatnya juga terkenal sebagai masyarakat yang ogah ribet. Mereka kurang menyukai nama perusahaan yang susah diucapkan, misalnya yang berasal dari bahasa asing karena menimbulkan rasa risih dan malu jika salah menyebutkannya. Oleh karena itu, kalaupun perusahaan tersebut memiliki nama asing, maka contoh logo perusahaan menjadi alternatif lain bagi masyarakat untuk mengenalinya.

Berikut ini adalah beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebuah perusahaan saat memilih contoh logo perusahaan, hal ini bukan cuma berlaku di Indonesia saja, melainkan juga berlaku di negara-negara berkembang lainnya. Silakan disimak:

- Mudah diingat dan mudah untuk dipahami. Jangan sepelekan hal yang sederhana. Karena justru yang sederhana itu yang sangat mudah untuk dikenali dan dipahami oleh masyarakat. Misalnya saja adalah logo Adidas dan logo Nike, sangat sederhana, tetapi tetap terlihat berkelas dan mudah dikenali oleh masyarakat di manapun letaknya.

- Fleksibel. Hal ini penting, karena logo perusahaan bukan cuma dipajang di produk semata, namun juga akan dipajang dalam aneka banner, aneka pamflet, spanduk dan bahkan iklan di media informasi. Buatlah contoh logo yang fleksibel dan cocok diletakkan di berbagai media promosi.

- Menyiratkan banyak pesan dalam sebuah logo yang kecil. Sekalipun logo ukurannya kecil, tak berarti monoton dan berlalu begitu saja dalam penglihatan publik. Sebab logo menjadi hal pertama yang akan dikenali masyarakat, maka pastikan logo tersebut membawa jati diri perusahaan.

- Pilih logo yang unik dan berbeda daripada yang lainnya. Jika logo inisial nama perusahaan adalah hal yang mainstream di Indonesia, cobalah buat contoh logo perusahaan yang lain daripada yang lain, bisa jadi bentuk produk atau karikatur maskot. Apapun bisa menjadi logo yang unik dan menarik.

- Logo yang abadi dan tak akan ketinggalan zaman. Pilih logo yang memiliki desain futuristik atau setidaknya netral dan tidak menunjukkan trend di tahun pembuatannya. Hal ini dimaksudkan supaya logo perusahaan tidak mudah out of date.

Demikian adalah bagaimana memilih contoh logo perusahaan yang baik dan mudah diingat masyarakat, semoga bisa membantu ya.