Ibu Bekerja Bisa Melakukan 5 Kegiatan Weekend Seru Ini untuk Menggantikan Weekdays yang Kurang Berkualitas

Carolina Ratri
Aug 14, 2019 · 4 min read

Kegiatan weekend bersama keluarga penting untuk dilakukan oleh ibu bekerja, untuk mengganti weekdays yang mungkin terasa kurang berkualitas karena Bunda sibuk dengan pekerjaan kantor.

Yes, sebagai wanita karier, pastinya Bunda sering kali disibukkan dengan berbagai kesibukan di kantor ya. Pada weekdays, Bunda biasanya hanya memiliki quality time yang sedikit dengan keluarga, terutama si buah hati.

Tapi, tenang, Bunda. Sebenarnya Bunda tak pernah melewatkan sehari pun momen pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Apalagi setiap ibu bekerja bisa kok“membayarnya” dalam beberapa kegiatan weekend bersama keluarga.

Yes, Bunda tak perlu berkecil hati. Bunda masih bisa memiliki waktu untuk melakukan kegiatan weekend bersama keluarga, terutama dengan anak-anak. Weekend memang menjadi waktu yang pas untuk Bunda melepaskan seluruh kesibukan dan kepenatan di kantor, lalu habiskan waktu bersama keluarga. Tidak masalah kok, meskipun hanya dapat mengandalkan waktu weekend, asal Bunda bsia memanfaatkannya dengan baik.

Buku Kenapa Bunda Harus Bekerja? — Santy Dwi Kristina

Seperti yang diceritakan oleh Bunda Santy dalam buku Kenapa Bunda Harus Bekerja? ini nih. Di sini, Bunda Santy menyebutkan, bahwa tidak ada yang lebih penting antara quantity dan quality time. Keduanya memiliki porsi yang sama, kedudukan yang sama, dan kebutuhan untuk dicukup yang sama. Nggak akan terwujud quality time apabila kita nggak berkomitmen untuk menyediakan waktu yang benar-benar untuk si kecil.

Nah, ini dia beberapa kegiatan weekend bersama keluarga yang seru dan dapat dilakukan oleh ibu bekerja

1. Menonton Film di Bioskop

Ajak si kecil nonton film di bioskop bareng-bareng

Bunda hobi nonton film?

Kalau gitu, Bunda bisa deh mengadakan kegiatan weekend bersama keluarga dengan mengajak si kecil untuk menonton film bersama di bioskop.

Namun sebelum memutuskan untuk pergi ke bioskop, Bunda harus menentukan dulu film apa yang layak untuk ditonton si kecil. Bunda bisa melihat-lihat beberapa rekomendasi film yang sedang diputar melalui beberapa situs bioskop, lalu coba lihat apakah film yang diputar merupakan film keluarga yang cocok ditonton oleh anak-anak.

Selain itu, Mama juga bisa membaca review dan Parent’s Guide di IMDB akan film tersebut, terutama apakah film tersebut memiliki unsur kekerasan atau tidak.

2. Berenang

Kegiatan weekend yang bisa dilakukan oleh ibu bekerja bersama keluarga yang lain — yang tak kalah seru — adalah berenang.

Yes, tentunya ini bisa menjadi kegiatan seru yang anak sukai ya. Anak pun juga dapat sekalian belajar berenang. Selain seru, berenang termasuk kegiatan olahraga yang pastinya menyehatkan tubuh.

Sebaiknya kegiatan ini Bunda lakukan di pagi hari, saat matahari belum terlalu terik ya, yaitu sebelum pukul 10.00 pagi. Sinar matahari yang terlalu terik akan membahayakan kulit karena paparan sinar ultravioletnya.

3. Belanja

Kalau urusan berbelanja, biasanya Bunda lebih suka membawa buah hati atau tidak? Nggak ya? Alasannya, karena anak suka rewel kalau diajak berkeliling mal untuk belanja? Ujung-ujungnya acara belanja Bunda jadi terganggu deh.

Tapi Bunda bisa kok menyiasati untuk belanja seru bersama anak sebagai kegiatan weekend bersama keluarga. Caranya Bunda perlu membuat list prioritas akan daftar barang yang ingin dibeli, serta tentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membeli seluruh barang tersebut. Dengan begitu Bunda nggak menghabiskan banyak waktu ketika berbelanja untuk menghindari kerewelan si kecil.

Bunda juga bisa loh meminta pendapat si kecil akan barang-barang yang akan dibeli. Libatkan dia saat Bunda memilih barang, dan memasukkannya ke dalam keranjang belanja. Pun ajak dia berinteraksi dengan mbak atau mas kasir saat membayar. Pasti dia akan lebih tertarik. Anak pun menjadi belajar untuk mengungkapkan pendapatnya.

4. Memasak

Kalau biasanya Bunda menyuruh si kecil untuk duduk manis selagi sibuk menyiapkan makanan di dapur, sekarang saatnya Bunda mengajak anak ikut berkontribusi dalam membuat masakan favoritnya.

Kegiatan weekend bersama keluarga yang satu ini pastinya seru banget. Bunda bisa membuat cake atau cookies yang dihias dengan favorite figure si kecil.

Say Yes to 50 Homemade Snack, oleh Ridha Innatika

Selain itu Bunda juga bisa berkreasi menggunakan resep masakan baru dari internet atau buku resep. Atau Bunda juga bisa tuh, praktikkan resep-resep praktis yang dalam buku Say Yes to 50 Homemade Snack. Semuanya mudah dibuat dengan bahan yang mudah dan murah pula!

5. Lari Pagi

Apakah Bunda senang lari pagi? Kalau iya, nah, bisa juga nih dijadikan kegiatan weekend bersama keluarga yang seru sekaligus menyehatkan!

Yuk, ajak buah hati untuk lari pagi keliling kompleks perumahan. Nggak hanya lari lo, Bunda juga bisa berjalan santai bersama buah hati untuk menikmati udara pagi yang segar. Dengan begitu buah hati akan belajar untuk memiliki gaya hidup yang sehat.


Gimana, Bunda? Sudah punya planning untuk melakukan kegiatan weekend bersama keluarga akhir pekan ini? Apakah salah satu kegiatan di atas? Bukan? Boleh dong, ditambahkan di kolom komen ya!

Stay happy, Bunda!

Carolina Ratri

Written by

Penulis 25+ buku mayor dan indie, solo dan antologi, fiksi dan nonfiksi. Content & Marketing Strategist sebuah penerbit buku. Kunjungi: www.carolinaratri.com.

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade