Berbeda Dengan Arab Saudi?

Idhul Adha 2018 Indonesia beda sehari dengan Arab Saudi? Yang mengatakan beda sehari kan karena mereka berpatokan pada pergantian hari menurut konsep penanggalan Masehi, bukan pada penanggalan konsep Islam. Ingat penanggalan Masehi itu mengganti tanggal saat Matahari berada diatas Greenwhich yang ada di Inggris Raya. Tapi, pergantian tanggal itu tidak terjadi siang itu di Inggris, melainkan di kawasan bumi sebaliknya, kawasan Samudera Pasifik. Garis waktu itulah yang menyebabkan kita berada di bumi yang mendapat pergantian tanggal terlebih dahulu daripada kawasan bumi lainnya. Selain itu, kita juga akan selalu menjumpai malam terbagi menjadi 2 hari yang berbeda kalau memakai konsep penanggalan Masehi, karena pergantian tanggal terjadi tengah malam.

Apa konsep penanggalan Islam sama dengan penanggalan Masehi? Tentu sangat berbeda, dimana Penanggalan Islam berdasar peredaran bulan, sedangkan Masehi kan berdasarkan peredaran matahari. Dua benda angkasa yang berbeda, dan hasil akhir pun tetap berbeda sampai kapanpun. Beberapa isyarat AlQuran mengatakan kalau malam itu lebih dulu daripada siang hari, itu artinya pergantian tanggal terjadi pada saat matahari terbenam. Lalu apa pergantian tanggal menurut Islam terjadi juga di samudra Pasifik? Saya meyakini tidak. Itu artinya nggak harus Indonesia berada satu tanggal dengan Arab Saudi menurut konsep penanggalan Masehi. Lalu dimana titik pergantian tanggal itu? Ini yang harus didiskusikan bersama dan hasilnya mengikat kita semua sehingga Ummat Islam satu tanggal dalam menjalankan ibadahnya.

Efek buruk belum terciptanya satu konsep penanggalan yang diterima seluruh ummat Islam itulah menyebabkan sebagian dari kita menggunakan konsep penanggalan Masehi sebagai pathokan pergantian hari. Kita harus hormati itu, tapi bukan berarti titik kelemahan ini harus didiamkan terus-menerus. Harus ada usaha menyatukan perbedaan konsep ini, bukan hanya level Indonesia, tapi juga level dunia. Masa sich, bulannya cuma satu, tanggalnya bisa berbeda.

Hipotesaku tentang penanggalan Islam, titik terjadi pergantian tanggal ya ada di Mekkah. Itu artinya posisi Indonesia itu ada dibelakang Mekkah, sehingga negara kita akan selalu selisih 1 hari dibelakang Arab Saudi menurut perhitungan kalender Masehi. Lalu kalau saya punya pendapat&konsep sendiri, terus dipakai? Belum tentu, karena masih harus dipelajari lebih lanjut dan masih sangat premature. Yang harus dilakukan? Ya nurut apa kata pemerintah saja lah, toh urusan ini masih jadi perhatian pemerintah. Itu masih lebih baik daripada bikin konsep sendiri-sendiri.

Like what you read? Give Adi a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.