Wajah Chubby Tidak hanya Disebabkan Makan Terlalu Banyak!

Wajah yang bundar dan chubby dianggap menjadi ciri khas orang yang suka makan banyak. Padahal tidak selalu itu penyebabnya.

Macam-macam Hal yang Menyebabkan Wajah Tembem

ekspresi bingung kenapa pipinya tembem

Berdasarkan penuturan yang disampaikan oleh Dokter Jonathan Raharjo Subekti, terdapat beragam penyebab pipi seseorang bisa menjadi chubby. Cara mengatasinya pun akan berbeda tergantung dari penyebabnya. Apa saja cara meniruskan wajah yang ada? Kamu bisa membaca panduan lengkap meniruskan wajah di RUANGCANTIKMU.com.

Nah, apa saja sih faktor yang bisa membuat pipi dan wajahmu membulat?

1. Disebabkan oleh Keturunan

Apakah orangtuamu berwajah bulat? Kalau jawabannya iya, bisa jadi faktor keturunan adalah penyebab utama wajahmu chubby.

Ukuran tulang, tingkat metabolisme tubuh dan hal-hal lain ditentukan oleh faktor genetis ini.

Coba kita bayangkan. Jika tingkat metabolisme tubuhmu termasuk kategori lambat, maka makanan yang kamu konsumsi tidak bisa dibakar dengan cepat. Sejumlah makanan yang tidak terbakar dengan baik akan disimpan oleh tubuhmu dalam bentuk lemak.

Salah satu tempat penyimpanannya tentu saja di pipi dan wajah.

Beberapa orang perempuan bisa saja sangat berhati-hati mengontrol apa yang dimakannya, tapi tetap saja berat badan naik terus.

Sering menemukan kasus seperti itu?

Hal tersebut disebabkan tingkat metabolisme tubuhnya memang rendah atau lambat.

Tidak hanya metabolisme, tulang yang besar atau big bones dalam Bahasa Inggris juga berpengaruh pada tubuhmu. Perempuan yang memiliki tulang lebih besar dari yang lain tentunya akan memiliki tubuh yang lebih besar juga.

Kalau tubuh lebih besar, otomatis wajah biasanya juga lebih besar kan?

Jadi walaupun tidak banyak lemak di wajah, bisa saja wajahmu terlihat besar karena ukuran tulangnya.

Selain itu, ada 6 jenis bentuk wajah manusia: hati, bundar, wajik, lonjong, kotak dan memanjang. Kalau bentuk wajah aslimu memang bundar, otomatis mau diet seperti apapun wajahmu akan tetap terlihat bulat, kan?

2. Jenis makanan yang tidak tepat

Jenis makanan tertentu lebih gampang membuat gemuk dari makanan lainnya. Mau contohnya?

Nasi.

Makanan pokok orang Indonesia adalah nasi. Dan nasi mudah membuat gemuk.

Pada dasarnya nasi mengandung banyak karbohidrat dan gula. Tapi hanya nasi saja tidak masalah, yang menjadi masalah besar adalah porsi makannya.

Porsi makan orang Indonesia biasanya adalah nasi sepiring penuh, kadang juga sampai menggunung. Kemudian ditambah lauk dan sedikit sayur.

Kebiasaan makan itu tidak tepat. Sebagian besar nasi tersebut tidak akan dibakar tubuh dengan baik. Hasilnya ya hanya menjadi tumpukan lemak.

Lalu seberapakah porsi yang tepat?

Cukup semangkok kecil nasi. Persis seperti dalam film Korea, Jepang atau China (pasti pernah lihat kan).

Nasi semangkok kecil, ditambah semangkok lauk dan semangkok sayur. Itu adalah porsi makan yang lebih baik. Makanya kamu nggak akan pernah lihat film Asia Timur di mana mereka makan dengan porsi orang Indonesia.

Maka dari itu, kurangi konsumsi nasi, perbanyak sayur dan buah. Ingat “4 Sehat 5 Sempurna”? Nasi hanya salah satu elemen di dalamnya, masih ada 4 elemen lainnya yang perlu dikonsumsi.

3. Jarang olahraga

Olahraga selalu memiliki efek yang baik untuk tubuh. Mulai dari sekedar memperlancar aliran darah sampai membantu pembakaran lemak dalam tubuhmu.

Kalau kamu tidak mau olahraga karena sibuk (atau karena malas), sebenarnya tidak apa-apa. Asalkan kamu bisa mengimbangi dengan gaya hidup yang aktif dan sering melakukan aktifitas fisik.

Kamu bisa mulai dengan yang mudah. Misalnya berhenti menggunakan motor kalau hanya ingin pergi ke warung di depan gang. Perbanyak berjalan kaki untuk mencapai tempat-tempat yang dekat dengan rumah, atau naik sepeda juga bagus.

Kalau kamu orang kantoran, menggunakan tangga untuk naik ke lantai atas juga bisa menggantikan olah raga. Atau membantu mengangkat kardus berisi berkas-berkas ketika ada kesempatan.

Dari hal-hal sederhana seperti itu, kamu bisa membuat badanmu lebih sehat.

4. Jangan sering-sering begadang

Begadang sudah disimpulkan menjadi salah satu penyebab berat badan yang berlebihan.

Kenapa bisa begitu?

Karena begadang membuat tubuhmu tidak bisa istirahat dengan cukup. Alhasil metabolisme atau pembakaran dalam tubuh akan menurun, sehingga makanan yang masuk tidak bisa dibakar sampai tuntas. Sisa makanan yang tidak terbakar dengan baik akan disimpan dalam bentuk lemak.

Selain itu, begadang membuatmu memerlukan energi tambahan. Di saat orang lain beristirahat, badanmu masih aktif. Saat tubuh perlu tenaga, kamu akan merasa lapar.

Makan lebih banyak di saat pembakaran tubuh menurun tentunya akan menyebabkan lemak menumpuk lebih banyak.

5. Minuman beralkohol

Walaupun tidak semua orang Indonesia mengkonsumsi minuman beralkohol, tapi jenis minuman ini juga merupakan penyebab kegemukan.

Penelitian membuktikan minuman beralkohol akan dipecah menjadi asetat dan lemak dalam tubuh.

Normalnya, tubuh mendapat tenaga dari membakar lemak, karbohidrat, kalori, gula dan zat-zat lain yang kita dapat dari makanan. Kalau kamu mengkonsumsi minuman beralkohol, tubuh mengubah pembakarannya. Asetat tadi digunakan sebagai satu-satunya sumber tenaga.

Lalu bagaimana dengan lemak, karbohidrat dan zat-zat lain yang harusnya dibakar?

Mereka akan disimpan dalam tubuhmu, tentunya dalam bentuk lemak.

Sudah jelas ya, ada bermacam-macam penyebab pipimu membulat. Untuk itu, cara mengecilkannya pun ada macam-macam juga. Kalau kamu ingin membacanya, kamu bisa mampir di RUANGCANTIKMU.com melalui tautan yang saya berikan di awal artikel.

Semoga bermanfaat :)