Fenomena Gaji 8 Koma Mulai Gandrung Dibicarakan ☹

What? Gaji Gue 8 Koma

Fellas, sebelum masuk ke inti dari artikel ini, gue mau ajak lo semua untuk merenung sejenak, kita mulai ya, 1..2..3..

Lo udah menghabiskan berapa banyak uang saat liburan?

Hari ini tanggal berapa?

Lo gajian tanggal berapa?

Kira-kira sisa uang lo cukup nggak sampai gajian selanjutnya?

Kalau nggak cukup, ada yang bisa dipinjemin uang?

Coba deh, jawab satu persatu pertanyaan di atas! Kira-kira gimana nasib lo satu bulan ke depan pasca libur lebaran? Kalau lo sudah dapat kesimpulannya, coba kita samain semua jawabannya, apa benar uang lo 8 koma? Maksudnya bukan 8 koma berapa juta Fellas, tapi tanggal 8 sudah koma alias “modar” hehehe…

Kalau lo adalah salah satu dari yang orang yang tabungannya bernasib 8 koma, mendingan coba ikuti beberapa tips berikut ini:

1. Hitung Pengeluaran dengan Rinci

Banyak sih yang bilang, kalau hitungan matematis untuk pengeluaran nggak akan pernah bisa sesuai perkiraan. Tapi nggak ada salahnya kan mencoba? Siapa tahu dengan memperhitungkan semua pengeluran, lo bisa punya acuan jadi lebih jelas arus pengeluaran uangnya.

Contoh: Misalkan lo harus masuk kantor 5 hari dalam seminggu dengan menggunakan sepeda motor. Kalikan dengan jumlah uang yang biasa lo keluarkan untuk mengisi bensin. Misalkan 15 ribu. Berarti dalam satu minggu, total pengeluaran lo untuk bensin kendaraan sekitar 75 ribu. Nah, setelah itu coba hitung dengan rinci pengeluaran lo yang lain!

2. Bawa Bekal

Jangan pernah malu untuk membawa bekal, Fellas! Kalau ditanya teman kampus atau sekantor, jawab aja “lagi menerapkan pola hidup sehat” :p . selain bisa lebih menghemat pengeluaran, kebersihan dan kesehatan lo juga lebih terjaga kan?

3. Tutup AdSense yang Muncul

Emang benar, hidup tanpa internet di zaman sekarang itu, bagai Hachiko yang kehilangan Tuannya :p. hehehe… maksudnya, hidup tanpa internetan sehari saja, pasti lo bakalan mati gaya, bener nggak? Nah, perlu diingat juga, kalau online shop di Indonesia itu lagi menjamur dan selalu bisa membuat kita kalap untuk belanja ini dan itu. Dengan buaian obral, diskon, cuci gudang, atau bisa kredit, kadang kita jadi lupa kalau kebutuhan primer kita masih belum terpenuhi semua loh.

Nah, biar lo nggak kalap buat belanja ini itu, mendingan setiap kali lo buka situs apapun dan muncul AdSense, langsung aja klik X! dijamin lo akan dijauhkan dari godaan AdSenseapapun :p!

4. Puasa Syawal

Cara paling ampuh, dan jika dilakukan dijamin akan membuat lo lebih hemat 50 % pengeluaran lo sampai gajian selanjutnya. Ya, biasanya setelah puasa Ramadhan, umat muslim kan disunahkan melakukan puasa Syawal, selain menambah pahala, puasa Syawal bisa lo lakukan untuk membuat lo menghemat pengeluran selama 7 hari. Tanpa mengurangi esensi dari ibadah puasa, puasa Syawal menjadikan puasa Ramadhan lo lebih lengkap tahun ini, lalu membantu lo juga untuk berhemat.

Gimana Fellas, masih takut menghadapi beberapa minggu kedepan sampai gajian selanjutnya? Tentu nggak dong… Semoga berhasil dan selamat mencoba Fellas!

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.