Perencanaan Pelatihan Outbound

Ciliwungcamp
Sep 30, 2019 · 5 min read
outbound seru malang

Program pelatihan dan pengembangan kepribadianpersonal anggota selalu dilakukan di luar ruangan atau biasa disebut outing efektif apabila dilaksanakan dengan baik. Outbound team building gathering bisa menjadi bahan yang efektif dan ampuh untuk pengembangan SDM, asalkan jika dikerjakan dengan benar dan berisi rangkaian program-program training yang bagus.

Kompetisi seseorang bisa ditingkatkan melalui pengembangan pengetahuan, expertise, dan sikap/karakter personal individu itu sendiri. Dimana hal itu bertujuan menggali dan meningkatkan ability dan karakter individu. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kegiatan outing outbound team building idealnya dilaksanakan selama 3 hari, fasilitas dari profider yang harus memadai dan dipandu oleh instruktur traineer berpengalaman. Dan rule terpenting, sebuah program outing outbound team building gathering harus berfokus pada proses untuk mendapatkan output yang maksimal, bukan pada aktivitasnya itu sendiri.

Untuk itu, setiap akan melakukan kegiatan outing outbound team building gathering, terlebih dahulu harus di rencanakan, dirancang dan dipersiapkan dengan baik segala macam hal dan faktor menunjang keberhasilan tersebut. Secara umum sebuah aturan ataupun bentuk system edukasi perlu dipersiapkan untuk menuju kegiatan outing outbound malang team building gathering yang efektif sesuai dengan yang diharapkan.

1)Menetapkan target/tujuan
Apakah kegiatan outing outbound team building gathering harus dilaksanakan? Setiap kegiatan pasti memiliki tujuan dan target yang ingin dicapai. Untuk mengasah kebersamaan memompa semangat berprestasi dalam beberapa macam aspek seperti aspek Kepemimpinan, ataupun untuk tujuan lain

Penetapan tujuan dan target ini penting untuk mendesain sebuah kegiatan outing outbound team building gathering yang efektif dan sesuai dengan yang diharapkan, meliputi pemilihan lokasi, merumuskan materi, dan jenis-jenis materi yang akan disampaikan agar bisa dilaksanakan dalam rangkaian program tersebut.

2) Menentukan lokasi kegiatan.
Jika tujuan atau target kegiatan telah ditentukan, maka setelah itu adalah menentukan tempat/lokasi program kegiatan. Adakalanya program kegiatan dilakukan hanya sebagai pelengkap atau variasi kegiatan dalam ruangan (indoor). Bila seperti itu maka dapat direncanakan dengan memilih ruangan inddor yang mendukung aktifitas program meliputi,lokasi, jumlah peserta, luas ruangan,materi, game dan fasilitas pendukung.

3) Menyiapkan alat game yang diperlukan.
Agar kegiatan outing outbound team building gathering berjalan dengan baik, segala keperluan menyangkut peralatan yang dibutuhkan harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Untuk kegiatan fun outbound malang biasanya tidak memerlukan peralatan-peralatan rule rumit.

4) Menyiapkan tim instruktur.
Tim instruktur bisa jadi merupakan kunci keberhasilan kegiatan outing outbound malang. Entah itu high maupun center effect maupun hanya bersifat fun games. Instruktur harus berpengalaman di bidangnya, terutama yang beresiko tinggi, sehingga menjadi aman dan nyaman.

Seorang fasilitator dan instruktur dituntut setidaknya harus memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

• Memiliki kompeten dalam bidang ilmu manajemen, ilmu psikologi dan dinamika kelompok.
Tanpa memiliki kompetensi memadai seringkali kegiatan outbound hanya menjadi penderitaan fisik karena tidak jelas hubungan antara aktivitas fisik dengan ilmu manajemen dan perilaku harus dimiliki dalam kegiatan bisnis dalam time perubahan sangat cepat.

• Memahami rancangan permainan untuk mengungkap prilaku manajemen
Kegiatan dalam outbound manajemen baru bermakna bagi pembentukan perilaku yang menunjang sukses bisnis bila kegiatan dirancang untuk mensimulasi perilaku organisasi sebenarnya. Oleh karena itu, seorang fasilitator harus terlibat dalam perancangan kegiatan pelatihan outbound training harus mengetahui permainan , dan apa makna manajemen game team building outbound tersebut.

• Memiliki kemampuan observasi dan kemampuan komunikasi yang baik
Observasi adalah bagian penting dari kegiatan outbound training. Kemampuan mengamati perilaku yang produktif dan prilaku tidak produktif mutlak harus dimiliki seorang fasilitator. Selain itu, seorang fasillitator juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang jelas dan memproses perilaku yang muncul tanpa membuat peserta panic dan mengakibatkan memunculkan prilaku tersebut tersinggung.

• Menarik dan berwibawa (pendidikan memadai, kepribadian menarik dan memiliki inclination baik)
Suasana pelatihan outbound training malang hendaknya harus penuh rasa gembira. Belajar dalam hati gembira sangat membantu efektifitas belajar. Oleh karena itu seorang fasilitator harus mampu membuat suasana hangat dan gembira dengan humor-humor sehat tanpa menyinggung perasaan peserta outbound training.

• Menguasai masalah teknis pelatihan termasuk masalah
Pelatihan di alam terbuka sangat terkait dengan kemungkinan untuk terkena cedera. Oleh karena itu kemampuan teknis dibidang keselamatan permainan sangat penting dimiliki, walaupun di dalam outbound traning dan tim medis, keselamatan pelatihan berada di tangan fasilitator/instruktur.

Selain hal diatas, dalam tahap perencanaan outing outbound team building gathering yang harus diperhatikan agar kegiatan dapat terlaksanakan dan dapat menghasilkan hasil yang diinginkan, diantaranya adalah..

• INTERVIEW

ciliwungcamp

Ini perlu dilakukan untuk mendapatkan gambaran profil instruktur atau fasillitator. Jangan sampai nantinya permainan super keras diterapkan kepada peserta yang memiliki riwayat penyakit tertentu, Selain itu juga agar instruktur tidak terkaget-kaget di lapangan manakala karakter asli dari peserta muncul, sedangkan karakter itu belum tentu disenangi oleh instruktur, Jadi sudah semacam menggali informasi terlebih dahulu agar tidak terkaget-kaget (termasuk solusi bagaimana menanganinya).

• VARIASI PERMAINAN

outbound seru malang

Ini penting dan harus disesuaikan dengan kondisi dan situasi peserta. Semakin pandai seorang instruktur merancang suatu permainan, maka dapat mensimulasikan kerjasama antar anggota tim, semakin besar kemungkinan keberhasilan team building kegiatan outbound training malang tersebut.

• KESERIUSAN DAN KESIAPAN PESERTA

outbound seru malang

Bila segala-galanya sudah bagus namun pesertanya tidak serius atau tidak siap,sehingga hanyalah buang-buang waktu dan tenaga saja. Jadi apa gunanya kegiatan outing outbound team building gathering dilaksanakan.

• KOMUNIKASI

ciliwung camp

Saat kegiatan outbound training berlangsung, harapannya karakter yang dapat digunakan para peserta selama di tempat kerja, karakter itulah rule digunakan. Nantinya dapat menimbulkan konflik dan bisa jadi masalah dalam komunikasi.

More From Medium

Top on Medium

Top on Medium

Will Oremus
Feb 25 · 22 min read

1.8K

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade