10 Fakta Unik Tentang Berlian Ini Bisa Membuat Kamu Makin Mengidamkannya

Perhiasan adalah sebuah fenomena dunia yang selalu berkembang dari waktu ke waktu.


Mulai dari jenis nya yang bermacam-macam seperti cincin, gelang, kalung, anting-anting dan lain sebagai nya, dan juga bahan-bahan nya juga yang sangat beragam seperti emas, perak, titanium, berlian dan sebagai nya. Di sini kita tidak akan membahas keseluruhan tentang perhiasan, tapi kita akan membahas salah satu bahan dari perhiasan yang paling banyak di minati oleh para wanita atau pun para penggemar perhiasan yakni berlian. Bukan hanya perhiasan dari bahan emas saja yang bisa membuat penampilan lebih anggun tapi penggunaan berlian dalam sebuah perhiasan juga dapat membuat penampilan dari seorang wanita menjadi jauh lebih elegan dan mewah. Dengan ada nya berlian yang menyempurnakan penampilan, tentu nya rasa percaya diri pasti akan semakin meningkat juga seiring mewah nya perhiasan yang di pakai. Berikut ini adalah beberapa fakta-fakta unik dari berlian yang saya kemas dalam sebuah artikel yang bisa kalian jadikan sebagai pengetahuan mengenai berlian:

1. Berlian merupakan batuan mulia yang sangat cantik

Pada dasar nya berlian terbuat dari sebuah intan yang sudah melalui bermacam-macam proses pengolahan yang panjang di mulai dari proses cutting atau pembentukan sampai dengan proses penggosokan sehingga berlian tersebut siap di aplikasi kan kepada perhiasan lain seperti gelang, kalung, cincin atau pun perhiasan-perhiasan lain nya.

2. Berlian adalah batuan permata yang berkilau

Berlian adalah salah satu batuan dari keluarga permata. Berlian ini sendiri banyak sekali di pakai di perhiasan karena memang berlian memiliki kilau yang sangat cantik sehingga banyak para pasangan yang akan melangsungkan pernikahan menjadi kan berlian sebagai cincin kawin karena memang kilau indah berlian sangat pantas untuk di jadikan barang se istimewa cincin kawin.

3. Nama asal berlian

Nama berlian atau sering juga di sebut diamond ini sendiri dahulu berasal dari bahasa yunani yakni “Adamas” yang memiliki arti yang tidak terkalahkan atau tak bisa di hancurkan. Hal ini memang benar adanya, karena berlian sendiri adalah yang paling kuat dan keras textur nya jika di bandingkan dengan batuan lain dari keluarga permata.

4. Hubungan antara berlian dan mitos romawi

Menurut orang-orang romawi dan juga yunani kuno, mereka memilik suatu kepercayaan bahwa berlian atau diamond itu ialah air mata dari tangisan pada dewa dan dewi, bahkan ada juga yang mempercayai juga kalau berlian itu adalah serpihan dari bintang jatuh. Bangsa romawi juga memiliki kepercayaan bahwa anak panah dari Cupid ( dewa cinta di romawi ) itu pada ujungan nya menggunakan berlian, maka dari itu berlian sering di jadi kan untuk lambang cinta atau hal-hal yang romantis juga bisa menggunakan berlian.

5. Berlian adalah barang berharga dari perut bumi

Berlian adalah sebuah batuan yang terbentuk jauh di perut bumi yang mencapai 100 km di bawah tanah dan bisa keluar ke permukaan bumi karena telah di bawa oleh letusan gunung berapi yang maha dahsyat sehingga batuan berlian mentah keluar.

6. Usia berlian

Berlian ini sendiri menurut para ahli di perkirakan sudah ada di dalam perut bumi selama miliaran tahun yang lalu dan dari berbagai sumber menyebut kan bahwa berlian ada di perut bumi sudah mencapai tiga miliar tahun yang lalu. Hal ini juga yang membuat harga berlian sangatlah mahal karena memang benda ini sangat langka.

7. Berlian pada zaman perang

Pada zaman dahulu saat banyak terjadi peperangan antara kerajaan satu dengan kerajaan yang lain yang memperebutkan wilayah kekuasan atau barang berharga. Para pemimpin-pemimpin kerajaan zaman dahulu ini memiliki kepercayaan kuno bahwa batu berlian bisa memberikan sebuah kekuatan yang besar dan juga keberanian yang lebih bagi bala tentara yang memakai nya selama peperangan berlangsung. Karena hal tersebut para raja yang akan turun ke medan perang pasti memakai berlian pada baju besi mereka agar mendapat kekuatan dan keberanian yang lebih besar.

8. Berlian adalah batu permata mulia

Berlian sudah memiliki tempat nya sendiri di hati para penggemar nya, salah satu batuan berharga ini telah di hargai dan selalu di idam-idam kan sejak ribuan tahun yang lalu. Fakta nya, di india pada awal abat ke empat sebelum masehi banyak berlian di kumpulkan dan di perdagangkan kepada masyarakat lokal maupun para pendatang. Pada abad pertama masehi, seorang naturalis yang juga seorang budayawan asal roma yakni Romawi Pliny berkata “Berlian ialah batuan yang paling berharga, tidak cuma sebagai batu mulia, tetapi berlian adalah segala nya di dunia ini”.

9. Berlian adalah alat menggores yang baik

Selain sebagai perhiasan yang jadi idaman setiap wanita, berlian juga sudah tidak di ragu kan lagi kemampuan nya untuk menggores kaca. Berlian sendiri adalah sebuah batuan permata alami yang memang sangat sulit sekali utuk tergores, tapi perlu anda ketahui bahwa satu-satu nya hal yang bisa menggores berlian yakni ya berlian itu juga.

10. Berlian paling besar

Berlian sebagai salah satu batuan yang biasa nya kita jumpai di cincin, kalung, gelang dan perhiasan lain umum nya mempunyai ukuran dan kadar karat yang tidak terlalu besar akan tetapi telah di temukan sebuah berlian raksasa yang paling besar di dunia dan para penemu nya menyebut berlian itu dengan nama berlian Cullinan dan setelah di timbang sungguh menakjubkan ternyata berlian itu tadi memiliki berat mencapai 3106 karat. Berlian cullinan ini sendiri di temukan di negara afrika selatan pada tahun 1905, si pemilik tambang tempat penemuan berlian ini dan juga selaku pemimpin afrika selatan memilih untuk memberikan berlian yang menakjubkan tersebut kepada Raja Edward. Pada akhir nya berlian The Cullinan itu tadi di potong jadi sembilan bagian berlian besar dan juga menjadi 100 potong berlian yang lebih kecil, dan tiga dari keseluruhan berlian The Cullinan tersebut saat ini di pamer kan di Tower Of London sebagai bagian dari salah satu permata mahkota kerajaan inggris.

Berlian adalah salah satu batuan yang sangat berharga dan penuh dengan makna dan juga filosofi shingga berlian banyak di gunakan sebagai cincin kawin dan bahkan mahkota kerajaan inggris juga memakai batu berlian sebagai aksen keindahan. Di balik keindahan dan kemewahan batuan berlian ternyata memiliki banyak fakta unik yang bisa kita kupas untuk penhetahuan. Oke .. sampai di sini dulu informasi yang bisa saya bagi kepada anda, semoga apa yang yang saya tulis d artikel bisa bermanfaat untuk pengetahuana anda dan orang-orang di sekitar anda. Terima kasih.