3 Bahan yang Praktis dan Aman Untuk Merawat Cincin berlian

Bagi kamu yang memiliki cincin berlian, tentu sangat khawatir bila cincin kamu tersebut makin lama keindahan nya makin berkurang, atau bahkan mengalami kerusakan.


Untuk mengatasi hal tersebut, pasti nya kamu harus rajin-rajin merawat dan membersih kan cincin tersebut. Menjaga dan merawat cincin berlian kamu tetap bersinar tentu saja merupakan hal yang mudah dan bisa di lakukan dengan beberapa bahan dan perlengkapan rumah tangga.

Kamu mungkin pernah mendengar kalau baking soda dan pasta gigi merupakan bahan yang baik untuk membersih kan cincin. Akan tetapi, kedua produk ini sebenar nya justru sangat kasar dan bisa menggores cincin berlian kamu yang indah. Lalu bagaimana cara yang aman dalam merawat dan membersihkan cincin berlian? Untuk melakukan hal ini, mengguna kan pembersih lembut yang tidak abrasif merupakan cara yang lebih aman. Lalu apa saja bahan pembersih lembut itu dan bagaimana cara melakukan nya ? Nah, untuk lebih jelas nya simak penjelasan di bawah ini.

1. Menggunakan Air Sabun

· Untuk langkah yang pertama kali ini, terlebih dulu kamu perlu membuat campuran air dan sabun. Tetes kan sedikit saja sabun cuci piring ke dalam mangkuk, kemudian isi mangkuk yang sudah kamu siapkan tadi dengan air hangat. Aduk sedikit dan secara perlahan-lahan untuk menghasil kan sedikit busa. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan di sini. Yang pertama, guna kan lah sabun cuci piring yang lembut. Sebaik nya kamu pilih sabun yang di buat dari bahan-bahan alami untuk menghindari hal-hal yang membahaya kan cincin kamu mengalami korosi karna bahan kimia. Yang kedua, sabun mandi, sabun cuci tangan, atau sampo yang lembut juga bisa kamu guna kan. Walaupun begitu, pasti kan untuk tidak memakai sabun yang mengandung”pelembab”, sebab sabun jenis ini bisa meninggal kan lapisan pelembab atau minyak pada cincin kawin kamu.

· Selanjut nya, celup kan cincin kamu ke dalam mangkuk berisi air sabun selama 15 menit. Biar kan air sabun meresap ke dalam cincin tersebut. Cairan sabun ini akan menembus serta melonggar kan debu dan kotoran yang telah menumpuk pada cincin mu.

· Setelah 15 menit, segera ambil cincin kamu dan coba periksa dan perhatikan baik-baik. Bila kamu masih menemu kan kotoran yang menumpuk, kamu bisa mengulangi langkah di atas tadi secara berurutan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Tapi bila tidak, maka kamu bisa langsung ke step yang selanjut nya yaitu membilas cincin yang telah kamu angjat tadi dengan air bersih dan usaha kan menggunakan air yang mengalir.

· Setelah selesai di bilas, pakailah sikat gigi yang lembut untuk menggosok lembut sisa kotoran yang ada pada cincin kamu. Pasti kan kamu memakai sikat gigi dengan bulu-bulu yang lembut, bukan dengan bulu-bulu yang sedang atau keras, sehingga cincin mu tidak akan tergores atau rusak. Gosok cincin kamu tadi secara perlahan-lahan dan searah serta masuk kan bulu sikat yang halus tadi ke dalam celah-celah yang sulit untuk di jangkau.

Kamu juga bisa memakai tusuk gigi untuk mengambil kotoran keluar dari celah-celah jika di perlu kan.

Kemudian, setelah itu step selanjut nya kamu bilas cincin dengan air dingin.

Terakhir, biar kan cincin kamu kering. Lalu letak kan cincin kamu di atas kertas tisu atau kain yang bersih dan biarkan benar-benar kering oleh udara.

2. Menggunakan Larutan Pembersih Celup Cepat

Belilah larutan pembersih celup cepat atau quick dip yang di khusus kan untuk jenis-jenis cincin berlian. Produk pembersih quick dip ini sendiri merupakan larutan yang tersedia secara komersial yang khusus di buat untuk membersih kan perhiasan dengan cepat. Larutan pembersih celup ini biasa nya di bagi menjadi beberapa macam, berbeda untuk tiap logam. Larutan ini di buat dengan menggunakan bahan kimia yang berbeda yang di formulasi kan khusus untuk emas, perak, atau logam lain nya. Kamu di sini perlu memasti kan untuk memilih larutan pembersih yang benar-benar di khusus kan untuk membersihkan cincin berlian dengan jenis sambungan seperti yang kamu miliki saat ini.

Bacalah label kemasan larutan tersebut dengan hati-hati. Sangat penting untuk mengikuti semua step by step petunjuk pemakaian larutan quick dip hingga setiap detail nya sehingga nanti nya kamu tidak sampai merusak cincinmu yang sangat berharga itu. Baca panduan nya terlebih dahulu dan pastikan kamu jelas dengan cara pemakaian nya sebelum kamu melanjut kan untu ke step berikut nya.

· Pakailah larutan celup nya. Tuangkan beberapa cairan larutan pembersih celup ke dalam mangkuk. Masuk kan cincin kamu ke dalam larutan tersebut sesuai waktu yang sudah di sarankan di dalam buku petunjuk pemakaian tadi, jangan sampai lebih taut nya malah akan merusak cincin kamu. Ambil cincin kamu dari mangkuk dan letak kan cincin tersebut di atas kain yang lembut, tunggu hingga benar-benar kering.

· Hal yang perlu kamu perhatikan di sini adalah, jangan meninggal kan cincin dalam larutan lebih lama dari yang di sarankan di label, atau cincin kamu akan rusak. Selain itu, jangan menyentuh batu berlian dengan jari-jarimu sampai cincin itu benar-benar kering. Minyak pada kulitmu bisa meninggal kan lapisan minyak pada berlian.

3. Mesin Pembersih Ultrasonik

Untuk cara yang ketiga, kamu bisa menggunakan mesin pembersih ultrasonik. Alat ini merupakan mesin kecil yang memungkinkan kamu bisa dengan mudah dan aman saat membersihkan perhiasanmu dalam hitungan menit. Harga alat ini cukup terjangkau, dan mirip dengan jenis mesin pembersih yang di pakai di took-toko perhiasan. Sebaik nya, cari mesin pembersih yang di buat oleh perusahaan yang terkenal, karena lebih terjamin mutu nya.

· Isi mesin pembersih atau mesin cuci perhiasan tersebut dengan air dan deterjen. Sebagian besar mesin pembersih dilengkapi dengan wadah logam yang dapat di isi dengan air dan deterjen untuk membersihkan perhiasanmu. Ikutilah panduan pemakaian nya dan juga isi mesin pembersih tersebut dengan jumlah larutan deterjen yang sesuai.

· Masukkan cincin ke dalam mesin pembersih dan tutup. Kamu perlu memastikan kalau mesin pembersih sudah terpasang dengan benar dan ditutup dengan benar.

· Terakhir, ambil cincin kamu setelah waktu pencucian yang di sarankan telah selesai. Biasanya nya, cincin sudah bersih hanya dalam waktu satu atau dua menit, jangan biarkan cincin palladium di dalam mesin lebih lama dari yang di perlukan.