Belajar di Luar Rumah

Suatu tempat nan menarik dan mendidik

Ruddy M Salam
5 min readJul 25, 2018

Belajar diluar rumah ?? Ya setelah saya membaca beberapa website mengenai wisata alam terdapat salah satu wisata alam yang tidak hanya ditujukan untuk berekreasi namun juga dapat digunakan sebagai sarana belajar menambah ilmu pengetahuan, yaitu Taman Botani Sukorambi.

Sumber : e-lis.org

Seketika saya teringat dengan adik-adik didik saya, oya sebelumnya saya merupakan seorang mahasiswa Institut Teknologi Bandung dengan aktif berkegiatan diluar kampus dalam mengajari/mendidik adik-adik yang membutuhkan ilmu pengetahuan lebih di wilayah Rancaekek, Jawa Barat. Usia mereka sekitar 5–14 tahun. Adik-adik pembelajaran pasti akan sangat tertarik jika saya menyarankan untuk berlibur sekaligus menambah ilmu pengetahuan mereka di Taman Botani Sukorambi ini.

Ok back to the topic, yang saya tahu lebih lanjut, Taman Edukasi ini terdapat di Sukorambi, Jember, Jawa Timur, Indonesia. Jujur saya belum tahu destinasi wisata Jember yang satu ini karena saya bukanlah asli orang Jawa Timur, Jember khususnya. Namun setelah saya mencari tahu lebih jauh, tempat wisata ini begitu asik dan menarik untuk dikunjungi. Bisalah ya ngajakin kakak-kakak dan adik-adik pembelajaran dibawa kesini. Jember makin rame pastinya.

Tak lama kemudian saya langsung mencari tahu dari berbagai situs video bagaimana bentukan ataupun wahana yang tersedia pada wisata alam Taman Botani Sukorambi ini. Akhirnya saya menemukan video yang dapat memberi sedikit gambaran perihal destinasi edukasi ini, berikut video nya :

Setelah melihat video tersebut saya langsung tersibak kagum dan so interesting dengan wahana-wahana disana, begitu indah nan mendidik, cocok untuk menambah ilmu kakak-kakak pengajar maupun adik-adik khususnya.

Dari info yang beredar, destinasi wisata jember ini dibutuhkan tiket masuk sebesar 12ribu rupiah saja untuk weekdays dan seharga 20ribu rupiah untuk weekend, murah banget ga si dengan harga sangat terjangkau bisa nikmatin berbagai macam destinasi disana, bahkan hingga bisa bermandi-ria.

Berbagai macam destinasi ini akan kita telusuri lebih lanjut setelah yang satu ini hehe bukan ngiklan loh ya ini cuy

Oke ini dia yang saya baca-baca mengenai destinasi apa aja yang ada di Taman Botani Sukorambi ini.

Pertama, Tanaman hidroponik, yap ini katanya berada di paling depan wisata, kabarnya kita bisa belajar menanam tanaman hidroponik disana. Hhmmm interesting. Disana juga kita dapat mengetahui metode yang digunakan dalam penanaman tanaman hidroponik juga loh, selain itu berupa perawatan hingga pemanenannya kita diajari disana, very educational guys.

Sumber : blusukanjember.blogspot.co.id

Kedua, so pasti yaitu Kolam Renang. Tidak ada yang mengasikkan selain berenang, katanya hehe. Kolam renang ini kabarnya berasal dari sumber mata air loh, coba bayangin gimana jernih,bersih dan pastinya bakalan bikin tubuh seger buger dah. Bayangin juga kolam renang dikelilingi oleh persawahan hijau yang begitu menyehatkan mata, pasti begitu indah. Sesekali bisalah beralih dari penglihatan kota yang melelahkan mata.

Sumber : Surya.co.id

Ketiga, ada Rumah Pohon cuy, pasti seru nih buat belajar bareng adik-adik ditemenin sama.. indahnya pemandangaaaaan, banyak pohon-pohoooon wkwkwk canda deng, pasti serrrruuuuu dah ini ga bakalan cepat bosen si adik-adiknya mah wkwk. Kira kira bentukannya seperti ini cuy :

Sumber : Tamanbotanisukorambi.com

Sebenarnya masih banyak lagi wahana yang terdapat di dalam wisata alam ini seperti :

  • Flying Fox Jungle
  • Flying Fox Tombro
  • Aneka Permainan Outbond lainnya.

Namun saya akan membahas hal-hal yang menjadi daya tarik bagi saya sendiri, yaitu Area Edukasi. yeaayyyy!!!

Area Edukasi ini terdiri dari Pondok Baca. Seru pastinya ada tempat begituan. Pondok Baca ini terdiri atas 2 lantai dengan berbagai macam koleksi buku mendidik yang bagus untuk dibaca. Suasananya bakalan terasa dirumah sendiri cuy pasti akan nyaman banget belajar bareng disana.

Sumber : Tamanbotanisukorambi.com

Di area edukasi ini juga dapat belajar mengetahui 500 jenis flora dan fauna, keren kan ya kita bisa mengetahui 500 jenis flora dan fauna loh, duh pasti pusing jika ditanya sebanyak itu wkwk. Selain itu juga dapat belajar mengetahui aneka koleksi hewan hias, belajar mengetahui aneka koleksi hewan yang dilindungi dan belajar mengetahui pembenihan lobster dan ikan koi.. Duh bener-bener nambah ilmu pengetahuan bangeeet…

Dan terakhir tak kalah mengasikkannya yaitu Bunny & Friends Village atau Kampung Kelinci.

Sumber : faiqotulhimmah.com

Disini kita dapat belajar lebih banyak tentang berbagai hal tentang kelinci loh, mulai dari memberi makan, perawatan, memberi vitamin dan sebagainya. Kabarnya juga nih guys bakalan ada pertunjukan juga loh dari para kelinci-kelinci imut ini, mulai dari melihat mereka diberi makan, dimandikan, disisir dan hal lucu lainnya yang pasti bakalan bikin gemes sendiri. Duh kalau bawa adik-adik pasti nangis-nangis minta bawa pulang kelincinya hahaha ataupun kakak-kakak pengajarpun juga pasti mau bawa pulang tuh kelinci. So glad.

Pasti akan banyak hal ataupun pengetahuan baru yang akan saya dapatkan baik sebagai kakak pengajar maupun terhadap adik-adik nantinya jika berkunjung ke destinasi wisata Jember yang satu ini. Taman Botani Sukorambi menjadi salah satu destinasi yang patut untuk dipertimbangkan bagi saya ataupun teman-teman untuk merelaksasi pikiran saya dari dunia perkuliahan beserta adik-adik nantinya. Tunggu kami disana Taman Botani Sukorambi, kami akan belajar banyak darisana~

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh : Taman Botani Sukorambi dan Blogger Jember Sueger #2

--

--