WETO

Ruddy M Salam
Jul 25, 2018 · 3 min read

When Education Talking to the Others


Sumber : https://sitemohammadridwan.wordpress.com

Salah satu wahana yang terletak di Jember yang buat saya tertarik akan menambah pengetahuan dan kenangan ya satu ini, WETO (Wisata Edukasi Tanaman Obat). Destinasi Wisata Jember ini didirikan oleh Universitas Jember (UNEJ) yang diresmikan pada tanggal 23 Oktober 2015 yang berada di Agrotechnopark Jubung Jember. Wahana terbagi menjadi 3 cluster yaitu cluster agroindustri, agrowisata edukasi dan training center.

Dengan dibukanya tempat wisata edukasi ini akan membuat Jember makin rame dikunjungi oleh wisatawan dalam maupun luar negri, terutama saya. Saya cukup terkagum karena Jember memiliki cukup banyak wisata baik wisata alam, objek ataupun edukasi seperti ini.

WETO merupakan salah satu tempat untuk yang ingin tau berbagai macam tanaman obat di Indonesia. Kabarnya, Di kawasan ini dikembangkan sebuah klinik kesehatan herbal yang menggunakan herbal medicine dari tanaman loh guys, keren kan..

Herbal medicine merupakan suatu obat alami yang pada umumnya berasal dari tanaman segar, tanaman segar ini mengandung banyak komponen aktif yang befungsi sebagai ramuan obat-obatan. Nah dari sinilah pemanfaatan tanaman ini sebagai terbentuknya obat-obatan herbal guys..

Destinasi Wisata Jember ini didesain untuk menampilkan sebuah sarana wisata berbasis edukasi mulai dari anak-anak usia dini hingga masyarakat umum, wahana edukasi ini diharapkan memberikan pembelajaran mengenai segala aspek tanaman obat (medicinal plants) dengan tetap memperhatikan keserasian dan kelestarian lingkungan kebun, so amazing..

Selain sebagai sarana wisata dan edukasi untuk masyarakat, juga merupakan sarana untuk mendukung penelitian dari berbagai disiplin ilmu di Universitas Jember (UNEJ) dalam mengembangkan obat herbal. Dari sini dapat disimpulkan bahwa mahasiswa dari Universitas Jember berperan aktif dalam pengembangan wisata edukasi ini. Sekarang kan istilahnya yang muda yang berkarya hehehe

Sumber : https://sitemohammadridwan.wordpress.com
Sumber : https://sitemohammadridwan.wordpress.com

Wahana ini terdiri atas kebun tanaman obat beranama gedung rimpang sebagai display pemanfaatan tanaman obat, dan green house sebagai etalase tanaman obat dan tanaman hias yang diharapkan dapat menjadi wahana edukasi di wilayah Jember dan sekitarnya yang memiliki keunikan tersendiri.

Wahana-wahana tersebut, diharapkan dapat menjadi aset strategis Universitas Jember (UNEJ) yang tidak hanya bermanfaat bagi warga kampus tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat dan pemerintah, yakni:

  1. Menjadi wahana pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat yang diharapkan dapat selalu memberikan informasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang bersifat dinamis
  2. Menjadi sarana penunjang kegitan tridarma terpadu bagi civitas akademika Universitas Jember (UNEJ) dan perguruan tinggi lainnya
  3. Dapat membantu pemerintah dibidang pengembangan agrowisata yang berbasis pendidikan dan pertanian industrial, menyediakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat.

Beberapa tanaman obat yang ada di Wahana Edukasi Tanaman Obat (WETO) adalah sebagai berikut :

  • Rambusa Mini
  • Sambang Darah
  • Coleus Merah / Iler
  • Jarak Bali
  • Lantan
  • Dan lain sebagainya

Pengobatan dengan secara herbal sudah banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia selama berabad-abad dan terus diturunkan dari generasi ke generasi. Saat ini, pengobatan dengan memanfaatkan tanaman obat makin banyak dilakukan, tidak terkecuali dari kalangan medis. Produk obat bahan alam Indonesia dapat dijadikan sebuah produk yang diandalkan dan diterima di semua kalangan masyarakat.


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh : Taman Botani Sukorambi dan Blogger Jember Sueger #2

    Ruddy M Salam

    Written by

    Writing that best thing

    Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
    Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
    Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade