My Experience with Gaming

The Beginning

Perjalanan gaming Saya dimulai sekitar tahun 2003–2004 dengan memainkan Aladdin 2000 dan Virtua Cop. Saat itu, saya sama sekali tidak mempermasalahkan grafis dan gameplay dari game yang Saya mainkan karena memang baru mengenal dunia Video Game.

Enjoying The Game

Tahun berganti tahun, Saya mulai mengenal game-game dari genre yang berbeda. Masa SD Saya dipenuhi dengan bermain game PC, terutama yang ber-genre real time strategy seperti Age of Empire 2, Age of Mythology, Commandos, Empire Earth, dan Rise of Nations. Perbedaan yang Saya rasakan cukup signifikan pada saat itu adalah kedatangan Command and Conquer Generals dengan gameplay-nya yang memikat.

Golden Age of PC Gaming

Bagi Saya, Golden Age dari PC gaming adalah masa ketika Saya menduduki bangku SMP. Pada saat itu, Saya berkenalan dengan Warcraft III, DotA, Dungeon Siege II, Point Blank, dan Counter Strike 1.6 yang Saya mainkan bersama dengan teman-teman. Saya menyebutnya Golden Age karena pengalaman gaming yang Saya alami bersama teman-teman sangatlah immerse. Pada saat Saya SMP pula muncul game-game seperti Spore dan Mirror Edge yang membuka mata Saya bahwa dunia game masih bisa di explore, tidak berpaku pada suatu gameplay tertentu.

A New Perspective

Seperti yang sudah Saya sebutkan sebelumnya, game seperti Mirror Edge membuka mata Saya bahwa dunia video game masih dapat dikembangkan dari berbagai sisi. Dari hal grafis, Mirror Edge kala itu adalah sebuah game yang hanya dapat dimainkan oleh PC High-end, dan Saya berkeinginan agar suatu saat dapat memainkan game tersebut. Dari sisi gameplay, Saya menemukan bahwa game real time strategy belum mati. Hal tersebut Saya sebutkan karena munculnya series Total War yang menampilkan peperangan dengan caranya sendiri.

Mainstream Modern Game

Pada saat ini, yang Saya rasakan adalah munculnya sebuah standar baru di dunia video game, yakni kualitas grafis yang harus bagus. Game-game seperti Fallout, Farcry, Assassin’s Creed, dan tentunya The Witcher 3 semuanya menonjolkan grafis yang amat bagus.

Final Thoughts

Dalam perkembangannya, video game mengalami perubahan yang sangat besar dalam waktu singkat. Dari pengalaman yang Saya alami, perubahan tersebut terdapat pada gameplay dan grafis. Kedepannya, Saya yakin video game akan terus berkembang, khususnya console. Namun, Saya juga yakin game-game PC yang akan datang memiliki terobosan-terobosan baru yang tak kalah saing dengan console.