Wawancara dengan Michael Kapilkov, Pendiri Healthi & MMVIII.com

CREDITS | Indonesia
4 min readMay 31, 2018

--

“Saya melihat strategi yang mendalam dan pemahaman tentang langkah masa depan Anda”

Michael Kapilkov, Pendiri Healthi & MMVIII.com, Co-Founder CryptoAlpha & I-Virtual dan anggota Dewan Penasihat CREDITS sedang berbicara tentang blockchain dan apa yang membuat proyek kami menarik baginya.

Michael, apakah Anda ingat hari ketika Anda pertama kali mendengar tentang cryptocurrency dan blockchain? Bagaimana perasaanmu itu?

Sejujurnya, itu semua Yunani bagiku. Saya belajar tentang Bitcoin dari seorang Profesor Ekonomi di Pace University pada tahun 2013. Pikiran pertama saya adalah — apa hal pengkodean ini? Tidak ada substansi di baliknya tetapi itu bernilai uang yang bagus. Apa hubungannya dengan mata uang?

Namun kemudian saya tertarik pada pemrograman. Saya tidak semuda itu ketika saya mulai belajar С ++. Saat Anda mendapatkan pengetahuan dasar, lebih mudah untuk menangkap teknologi apa pun, termasuk blockchain. Saya bukan tipe orang yang membuat keputusan dalam semalam. Saya harus menjelajahi hal-hal semaksimal mungkin. Saya mulai membaca dan menonton video tentang blockchain, mencoba berlatih coding.

Pada tahun 2015, teman-teman saya dan saya meluncurkan startup. Itu adalah jaringan sosial dengan identitas di blockchain. Publik tidak yakin pada saat itu tentang apa itu semua. Kami harus memarkir proyek, tetapi kami termasuk yang pertama mengangkat masalah penyimpanan data dalam buku besar yang didistribusikan.

Dapatkah Anda menyatakan beberapa kasus penggunaan umum yang Anda temui?

Ada situs web rekrutmen tepercaya yang disebut job.com. Basis datanya berisi sekitar 150 juta orang dan perusahaan. Saat ini, 20% dari biaya yang dibebankan oleh agen perekrutan di Amerika Serikat diwakili oleh gaji tahunan setiap karyawan yang direkrut. Perantara ini dapat dihapus jika semua data pelamar kerja dialihkan ke blockchain dan kontrak cerdas digunakan.

Secara lebih rinci, Job.com berencana untuk memberikan proses seperti ini. Pengusaha hanya membayar 6% dari gaji tahunan, biayanya mencapai 1%. 5% sisanya dibayarkan kepada karyawan yang direkrut setelah mereka melewati masa percobaan mereka — sebagai insentif bagi karyawan untuk mencatat Riwayat Hidup mereka dan detail kontrak kerja di blockchain.

Proyek ini akan dimulai dalam beberapa bulan.

Anda baru saja menyebutkan proyek blockchain, mereka tentang identifikasi. Bukan kebetulan, kan?

Blockchain tidak dapat diretas, dan tidak ada data yang sudah tercatat dalam buku besar Anda dapat diubah. Kedua fungsi ini menawarkan manfaat besar dalam hal penyimpanan data pribadi. Pemerintah, perusahaan — semua orang menunjukkan minat yang kuat.

Saya pikir paspor nasional akan hilang di masa depan. Tanpa memandang kebangsaan, semua data akan disimpan di jaringan super blockchain. Jika Anda bepergian katakanlah dari Zimbabwe ke Swiss, Anda tidak akan mengalami masalah dengan diidentifikasi. Pencarian solusi sedang dilakukan, baik itu kunci pribadi retina atau apa pun.

Tetapi identifikasi hanyalah salah satu dari ribuan kemungkinan aplikasi. Semua industri memiliki beberapa ceruk yang dapat dikonversi ke blockchain: logistik, rantai pasokan, pembayaran, dll.

Apa yang Anda fokuskan saat mengevaluasi proyek-proyek blockchain?

Saya telah menjelajahi ratusan, jika tidak ribuan, proyek. Sayangnya, beberapa dari mereka adalah scam, mereka hanya bertujuan untuk memukul jackpot. Untungnya, hanya beberapa yang berhasil.

Filter utama saya adalah situs web yang dibuat oleh para profesional dan tim dengan pengalaman yang diperlukan. Maka Anda harus melihat dengan hati-hati pada kertas putih mereka. Terkadang rasanya seperti ditulis oleh anak kelas lima. Yang juga saya perhatikan adalah penasihat. Jika ada penasihat yang menjadi fixture di proyek yang meragukan, saya lulus.

Mengapa Anda merasa proyek CREDITS menarik?

Karena ini adalah proyek blockchain murni — platform, bukan layanan. Saya sangat terkesan dengan kertas putih dan peta jalan Anda. Ini adalah pendekatan yang mendalam dan serius. Saya ingat berpikir, “Mereka setara dengan Hyperledger.” Sejujurnya, saya kurang memperhatikan indikator kecepatan. Menjanjikan dan bahkan membuat sesuatu terjadi sekali adalah satu hal. Membuat sesuatu bekerja dalam jangka panjang adalah cerita yang berbeda.

Dalam kasus Anda, saya melihat strategi mendalam dan pemahaman tentang langkah masa depan Anda. Saya suka itu.

Banyak orang bertanya-tanya bagaimana platform yang berbeda akan berinteraksi satu sama lain. Bagaimana bisa teka-teki itu dirangkai menjadi satu jaringan?

Secara pribadi, saya tidak berpikir itu akan menjadi satu jaringan blockchain yang sangat besar. Jembatan antara berbagai platform blockchain tampak seperti solusi yang lebih mungkin. Teknologi semacam ini sudah dikembangkan dan diuji. Itu layak. Selain itu, saya tidak melihat banyak pengertian dalam mengintegrasikan, katakanlah Bitcoin dan CREDITS. Jembatan lebih mungkin dibangun di antara mereka yang memiliki banyak kesamaan, pada kenyataannya, di antara para pesaing.

Mari kita asumsikan Maersk sedang bereksperimen dengan HyperLedger dan pelanggan terbesar mereka menggunakan CREDITS. Di sini kita membutuhkan jembatan untuk berinteraksi tanpa meninggalkan platform kita masing-masing.

Namun untuk saat ini, kami tidak memerlukan jembatan apa pun. Sampai blockchain dimanfaatkan oleh perusahaan yang diperlukan.

Bisakah Anda menceritakan tentang hobi Anda selain dari blockchain? Misalnya, saya bisa melihat perpustakaan di belakang Anda. Apakah Anda suka membaca?

Untuk saat ini, saya tidak punya waktu untuk membaca sama sekali. Tetapi ketika saya punya waktu luang, saya kebanyakan menonton hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan. Secara umum, saya suka sastra sejarah, fiksi, filsafat. Saya punya sekitar 3.000 buku dalam koleksi saya. Banyak klasik Rusia.

Yang saya suka selain membaca adalah olahraga. Saya mencoba bermain tenis setidaknya dua kali seminggu. Saya juga ikut pelatihan anjing, Anjing Gembala Jerman. Saya bahkan bisa menyebut diri saya seorang profesional di bidang ini.

--

--

CREDITS | Indonesia

CREDITS is an open blockchain platform with autonomous smart contracts and the internal cryptocurrency