Artikel yang bagus. Saya menikmati sekali alur penceritaannya, yang bisa naik, turun, belok kanan dan kiri. Ujungnya tetap menjelaskan kondisi lahan gambut di Indonesia. Terima kasih Reza Almanda dan Malay Archipelago.


Sumber salindia promosi baku Springer Nature

Komentar kami

Point 1: Fulfill funder or institutional mandates

Belum ada kampus yang memandatkan/mengharuskan warganya untuk mempublikasikan risetnya secara Open Access (OA). Yang selalu ditekankan adalah “Reputasi” jurnal berdasarkan kuartil scimago atau JIFnya. Jadi bahan promosi SN tidak (belum) relevan di Indonesia. Ketika pemerintah telah memandatkan OA pun, ada ribuan jurnal OA lainnya yang dapat menjadi tujuan publikasi.

Point 2: Increase accessibility to your findings

Sebenarnya seluruh makalah yang diunggah daring akan dapat ditemukan oleh mesin pencari. Pertanyaan berikutnya adalah ketika makalah ditemukan apakah dapat diakses (diunduh) atau tidak. Tanpa Springer Nature (SN) pun, kita dapat menerbitkan makalah secara OA dengan tingkat…


Bagi “generasi lama” pasti familiar dengan film Braveheart. Aktornya Mel Gibson. Ia berperan sebagai William Wallace. Kemarin saya menggambarkannya sebagai kartun.

A quote from William Wallace, by @dasaptaerwin, CC0

Bersama Ratodi dari UINSA dan Juneman dari BINUS, kami telah menuliskan beberapa hal penting tentang Hak Cipta yang dimiliki penulis dan Perjanjian Penyerahan Hak Cipta dari penulis ke penerbit, serta preprint sebagai solusinya.

Hak Cipta adalah kemerdekaan yang kami maksud dalam gambar di atas dan di dalam artikel yang kami tulis sebagai preprint di sini (Silahkan membaca artikel versi preprint untuk memahami konteks dari gambar saya di atas.). Preprint tersebut akan diterbitkan di Jurnal Guidena.


Artikel ini adalah salinan dari sebuah utas (thread) ini https://twitter.com/jelena3121/status/1356210115406397443?s=20. Sekarang gambar saya punya arti. :)

Available as CC0 in Wikimedia

We talk a lot about rankings here: what we think & how we feel about them, why we (dis)like them, what’s wrong with them, and so on. In this

I will try to disentangle the phenomenon. So, buckle up y’all, for a sociological ride through the world of rankings.

  1. Rankings are *comparisons of performances*. Think of rankings as a stage on which actors perform, in front of a jury (ranker) and an audience. Like in figure skating. …


Oleh: Dasapta Erwin Irawan dan Juneman Abraham

Perbandingan berbagai basis data sains

Ludo Waltman et al. (2020) menulis sebuah makalah yang berjudul Large-scale comparison of bibliographic data sources: Scopus, Web of Science, Dimensions, Crossref, and Microsoft Academic yang diunggah ke preprint server ArXiv.

Makalah tersebut menghitung jumlah dokumen yang diindeks beberapa basis data tersebut, juga membandingkan irisannya (overlap).

Hasil utama dari artikel tersebut adalah gambar di bawah ini yang telah kami anotasi.

Prinsip para dosen/peneliti saat membeli produk berlawanan dengan prinsip umum:
1. kalau ada dua barang dengan fungsi yang sama, kenapa membeli keduanya,

2. kalau ada barang yang lebih murah kenapa membeli yang lebih…


oleh: Dasapta Erwin Irawan

Perjalanan #365figures dan #365writings hari ini membawa Anda ke beberapa film :). Deep Impact (DI) (1998), The Day After Tomorrow (TDAT) (2004) dan Chasing Liberty (CL)(2004).

Kenapa saya menggambar ini?

Ide menggambar ini diawali saat saya dihubungi beberapa rekan dosen dari beberapa Perguruan Tinggi untuk membuat proposal Riset Kolaborasi yang saat ini sedang ramai diperbincangkan. Semangat kemudian kembali menurun ketika membaca luaran yang diharapkan. Masih syarat yang sama. Apa tidak bosan para pembuat program itu. Setiap hari yang disalin adalah fragmen persyaratan yang sama. Dari ujung rambut sampai ujung kaki.

Kalau saya tidak cinta dengan ilmu saya, hidrogeologi, pasti sudah…


Dari Wikipedia (GNU license)

Maaf.

Makalah anda belum dapat kami tayangkan. Layanan RINarxiv adalah untuk:

1. Makalah ilmiah lengkap yang belum dikirimkan ke jurnal/panitia seminar (preprint).

2. Makalah ilmiah lengkap yang sudah dikirimkan ke jurnal/panitia seminar dan sedang menjalani peninjauan sejawat (preprint).

3. Makalah ilmiah lengkap yang sudah menjalani peninjauan sejawat tapi belum terbit (postprint atau accepted manuscript). Kami juga menerima makalah yang sudah terbitkan secara luring (offline/tercetak) tapi belum memiliki tautan daring (online).

Salam,

Dasapta Erwin Irawan


Oleh: Dasapta Erwin Irawan

Lonceng 12 malam pastinya sudah berdentang 3 jam yang lalu. Hari pergantian tahun ini senyap. Ada larangan ketat di kompleks saya. Yang senang ya orang-orang seperti saya. Sejak kecil saya memang tidak pernah merayakan tahun baru di luar rumah. Di dalam rumahpun tidurnya ya rutin saja, toh esok hari bumi masih berputar seperti biasa. Tanggal 1 Januari tidak akan berbeda dari hari yang lain. Begitu almarhum ayah saya bilang.

Melihat kondisi sains di Indonesia juga sama. Hari ini 1 Januari 2021, kondisinya masih sama dengan kemarin. Jadi saya harus realistis.

Anda masih berpikiran (super) statis dan sempit

Saya tahu akademia sering disebut sebagai…


Profil penulis (ORCID | GOOGLE SCHOLAR)

Ini tentang artikel dengan judul yang sama, yang ditulis oleh mendiang Jon Tennant di Jurnal European Science Editing.

Hot air balloon Pxhere CC0

Dari gratisan menjadi keuntungan

Dalam dunia publikasi dunia yang telah menjadi industri, prinsip dari gratisan menjadi keuntungan sudah nyata terlihat. Dunia publikasi memang intinya menyerap hasil kerja orang lain (tanpa bayaran) dan mengubahnya menjadi keuntungan. Yang termasuk ke dalam eksploitasi jurnal untuk waktu kerja gratisan kelompok akademik (free academic labour) adalah meninjau makalah. Barangkali Anda kurang jelas.

Ya industri publikasi memang industri yang unik, yang hampir tidak ada padanannya. Saya bukan orang ekonomi atau teknik industri, tapi sepertinya cukup mengetahui…


Penulis: Dasapta Erwin Irawan [Profil ORCID]

Di sini saya menyampaikan sebuah artikel berbasiskan telaah sederhana yang diterbitkan oleh Jurnal European Science Editing (ESE), berjudul Exploring the relationship between journal indexing and article processing charges of journals published by MDPI, the Multidisciplinary Digital Publishing Institute.

[New earth magnetic poles]

Makalah tersebut menjelaskan hubungan antara APC dengan status indeksasi jurnal dan status Journal Impact Factor (JIF) serta CiteScore jurnal-jurnal terbitan MDPI.

Hasil utamanya adalah:

The charges levied by journals that had both IF and CiteScore were significantly higher than those charged by journals with neither IF nor CiteScore (p <0.05). …

Dasapta Erwin Irawan

Dosen yang ingin jadi guru | Hydrogeologist | Indonesian | Institut Teknologi Bandung | Writer wanna be | openscience | R user

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store