Penyedia bahan baku: peneliti > restoran

Pemesan: pembaca > pemesan makanan

Pengirim: jurnal > Go Food

Sudah sederhana saja.

Image for post
Image for post

Sampai kapanpun, Go Food tidak akan bisa mengatur restoran sampai ke resep. Kecuali kalau dia ingin bikin restoran tandingan.

Masalah muncul ketika pihak asosiasi pemilik restoran (baca: dikti) menetapkan bahwa Go Food adalah mitra paling tepat untuk mengirimkan makanan, bukan yang lain.


Tentunya masih ada banyak yang harus dilakukan dan diwujudkan.

Salah satunya bagaimana agar ekosistem riset Indonesia merdeka, pada tahap perencanaan, implementasi, dan pengukuran.

Image for post
Image for post

Bagi bangsa yang telah merdeka 75 tahun, ekosistem riset kita sudah punya semuanya. Kalaupun ada yang tidak punya, akan selalu ada pihak-pihak yang mau membantu, tanpa ada niat untuk mengeksploitasi.

Bagi bangsa yang telah merdeka 75 tahun, kita punya banyak orang-orang pintar yang bisa dan siap untuk bekerja dengan kemauan dan kemampuan sendiri.

Bagi bangsa yang telah merdeka 75 tahun, kita bisa saja merdeka, mengangankan apa yang kita inginkan, menentukan apa yang akan kita lakukan, dan menggunakan apa yang kita perlukan. Asal kita mau, karena sudah pasti bisa.

Jadi buat apa tunggu besok, segera lakukan nanti siang.

Dari kawan anda di RINarxiv.lipi.go.id


Di tengah sorak-sorai dan gemuruh pembahasan tentang pemeringkatan perguruan tinggi kelas dunia, Anugrah SINTA, perlombaan indeks H dan beberapa isu arus utama di bidang akademik lainnya, ada beberapa hal yang tidak pernah dibahas. Ini adalah salah satunya.

Artikel pendek ini adalah tentang pengalihan hak cipta. Satu hal yang tidak pernah dijelaskan di perguruan tinggi manapun di Indonesia, kecuali saat ada agen pemasaran penerbit komersial menyempatkan waktu mampir ke salah satu perguruan tinggi atau membuat webinar. Itupun semuanya tidak pernah menyampaikan hal ini dengan intonasi yang seharusnya.

Gambar di bawah ini adalah salah satu alinea di laman University of California yang menjelaskan tentang Pengelolaan Hak Cipta. …

About

Dasapta Erwin Irawan

Dosen yang ingin jadi guru | Hydrogeologist | Indonesian | Institut Teknologi Bandung | Writer wanna be | openscience | R user

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store