Beginilah kalau sedang asyik nulis.

Alaaaah.

Tapi yang perlu diwaspadai adalah bias reviewer. Jadi jangan pula mati-matian membela proes reviewing adalah proses yang obyektif. Salah besar. Reviewing adalah proses yang subyektif.

Bagaimanapun orang yang biasa merasakan empuknya sedan, pasti akan bilang kalau naik LCGC tidak enak.

Begitu pula yang biasa…

Berikut ini himbauan saya untuk para peneliti pemula yang akan mengikuti seminar (nasional atau internasional).

Tiga hal itu adalah

1. Pastikan tentang biayanya

Janganlah Anda mendaftar sebuah seminar yang biayanya tidak jelas atau sudah jelas mahal. Sesuaikan dengan kemampuan.

2. Pastikan modus presentasinya

Di zaman pendemi ini sudah ada banyak seminar yang menyediakan modus presentasi daring bahkan pre-recorded.

3. Pastikan modus makalah Anda adalah open access (OA)

Di sini ada beberapa…

Hari ini sesi Bulan Preprint Indonesia telah selesai dilaksanakan. Ada 105 peserta yang bertahan sampai akhir. Terima kasih atas kehadiran dan partisipasi aktifnya.

Narasumber pada sesi ke-3 ini adalah Bapak Hendro Subagyo dan Bu Mediareni Sulaiman. Keduanya dari PDDI LIPI yang juga bagian dari tim motor utama infrastruktur berbagi data Repositori Ilmiah Nasional. Acara dimoderatori oleh Bapak Dasapta Erwin Irawan.

Berkas penting

Salindia dari kedua narasumber dapat disimak masing-masing pada tautan berikut ini:

Ringkasan

Narsum pertama

Yth Bapak/Ibu

🇮🇩 Dalam rangka memperingati bulan kemerdekaan Indonesia, komunitas Sains Terbuka Indonesia, RINarxiv, PDDI LIPI, AKADEMISI dan ASAPbio mengadakan “Bulan Preprint Indonesia” selama bulan Agustus. Silahkan mendaftarkan diri melalui form berikut ini ✍️

🇮🇩 In commemoration of Indonesia’s independence month, the Indonesian Open Science community, RINarxiv, PDDI LIPI, AKADEMISI and ASAPbio are organising “Indonesian Preprint Month” during August. Please register via the following form ✍️

Ini adalah nama kabut yang selalu terbentuk di atas dataran paling kering di dunia, Gurun Atacama, Chili. Jaring di atas bernama fogcatcher. Per meter persegi jaring ini dapat menghasilkan kurang lebih 350 liter air tawar per hari Angka yang sama juga disampaikan oleh Natgeo dalam salah satu programnya.

Di tengah dampaknya yang dapat mendatangkan air untuk warga di sana, inovasi ini dipatenkan oleh penelitinya (WIPO).

Awalnya adalah masalah, kemudian itu memicu riset menggunakan prinsip-prinsip saintifik. Kemudian riset menghasilkan inovasi, dan kemudian baru memicu paten. Paten akan selalu hadir dengan motivasi ekonomi, yang sering menghadirkan perseteruan.

Beruntungnya, saya belum tahu bagaimana mekanismenya, ada inisiatif nirlaba untuk membuatnya secara masal. Salah satunya adalah panduan Do it yourself (DIY) ini.

Jadi yang betul adalah bukan paten yang memicu inovasi.

Oleh: Dasapta Erwin Irawan

‪Selamat pagi‬. Semangat yang sama.‬ Gambar yang sama (salindia hal 6).‬

Bahasa adalah untuk komunikasi, ‬bukan untuk menilai kepakaran seseorang. ‬

Tautan ke salindia -> https://www.slideshare.net/Babini/open-social-sciences-in-a-developing-region-policies-initiatives-and-needed-changes-the-case-of-latin-america-clacso-and-folec.

Salindia berikut ini dibuat oleh Dominique Babini dan Laura Rovellidari CLACSO. CLACSO atau The Latin American Council of Social Sciences (didirikan tahun 1967) adalah sebuah lembaga internasional non-governmental yang berafiliasi dengan UNESCO. Saat ini CLACSO beranggotakan 736 Pusat Penelitian sains sosial yang berada di 55 negara. Mayoritas anggotanya berada di kawasan Amerika Latin dan Karibia.

Dalam salindianya, Dominique dan Laura juga menyuarakan dominasi korporasi dalam dunia penerbitan ilmiah, yang berujung kepada takluknya (tanpa argumentasi) Blok Selatan (Global South) kepada seluruh aturan dan norma yang berawal dari Blok Utara (Global North).

Dasapta Erwin Irawan

Dosen yang ingin jadi guru | Hydrogeologist | Indonesian | Institut Teknologi Bandung | Writer wanna be | openscience | R user

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store