Apa Saja Pantangan Ibu Hamil 2 Bulan yang Harus Diketahui

David M Clark
Feb 8 · 3 min read

Pantangan Ibu Hamil 2 Bulan yang Harus Diketahui

Ketika masa kehamilan, terdapat berbagai hal yang tidak boleh dilakukan. Pantangan untuk hamil dimulai dari masa hamil muda hingga menjelang melahirkan. Dimana dengan adanya kehamilan, akan lahir seorang anak yang akan menjadi gerenasi penerus. Sehingga pada saat kehamilan, anda harus menjaga pantangan ibu hamil 2 bulan dan merawat sang buah hati dengan sepenuh hati. Salah satunya dengan mengetahui. Karena masa kehamilan adalah masa yang paling rentan terserang oleh penyakit, dan risiko lainnya, termasuk keguguran.

Pantangan Ibu Hamil 2 Bulan yang Memabahayakan

1. Makan nanas mentah

Buah nanas yang masih muda dapat memicu terjadinya keguguran jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah nanas muda mengandung enzim bromelain yang dapat membuah leher rahim berubah menjadi lunak sehingga dapat memicu terjadinya persalinan dini. Dalam sebuah penelitian terhadap bahaya buah nanas ini terbukti bahwa buah nanas dapat menyebabkan terjadinya keguguran kandungan pada ibu hamil.

2. Makan olahan tepung

Makanan yang mengandung tepung tidak baik untuk ibu hamil. Karena dapat mengakibatkan adanya kenaikan berat badan yang tidak bisa dikendalikan. Lebih lagi jika makanan tersebut mengandung bahan pengawet yang dapat membahayakan kesehatan janin dalam kandungan. Serta dapat menyebabkan obesitas yang membahayakan janin dalam kandungan.

3. Makanan Mentah

Makanan yang masih mentah tidak baik untuk pertumbuhan janin. Termasuk telur, salmon, dan sebagainya harus dimasak dengan matang agar dapat menjadi makanan bagi sang ibu dan janin yang dikandungnya. Makanan yang masih mentah mengandung bakteri sehingga dapat membuat janin keracunan, bahkan dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi. baca di info kecantikan

4. Makan jengkol atau petai

Ibu hamil juga mempunyai pantangan untuk tidak mengkonsumsi petai dan jengkol. Petai dapat menyebabkan asupan nutrisi pada sang buah hati menjadi terhambat. Serta dapat menyebabkan ginjal bekerja lebih cepat yang dapat mengakibatkan sang ibu menjadi lebih cepat merasa lelah. Biasanya kedua buah ini sering dijadikan lalapan, oleh karena itu, anda dapat menggantinya dengan sayur atau buah lain yang tidak berbahaya.

5. Konsumsi alkohol

Minuman keras dapat membahayakan pertumbuhan bayi. Mengkonsumsi minuman keras saat mengandung dapat membuat bayi terlahir dengan mengalami sindrom janin. Bayi akan mengalami gangguan perilaku, pertumbuhan yang terhambat, serta ketidakmampuan dalam belajar. Hal ini dikarenakan kandungan alkohol yang berbahaya terhadap tumbuh kembang anak khususnya ketika masih dalam kandungan.

6. Jangan duduk terlalu lama

Pada saat hamil muda, anda tidak boleh terlalu lama berdiri maupun duduk. karena hal ini dapat membuat pergelangan kaki terasa nyeri dan membuat rasa lelah yang berlebihan. ketika keadaan sang ibu terlalu lelah atau tidak fit, maka akan mudah terserang oleh penyakit, gangguan, kecacatan, bahkan dapat menyebabkan keguguran.

7. Hindari aku puntur atau pijat

Pantangan ibu hamil muda 1 bulan yang paling penting adalah hindari pijat atau aku puntur. Karena pijatan atau akupuntur dapat membuat janin terganggu dan membuat perkembangan sang buah hati lambat bahkan bisa juga manjadi prematur. Karena pijatan dapat membuat tubuh ditekan dari berbagai arah.

8. Menggunakan pewarna rambut

Bahan kimia dalam bentuk apapun berbahaya bagi pertumbuhan janin. Salah satunya pewarna rambut. Jika pewarna tersebut masuk dalam pori kulit rambut, hingga ke aliran darah, maka kandungan akan terkontaminasi oleh zat kimia yang dapat berakibat buruk terhadap kehamilan. Bayi akan mengalami cacat serta pertumbuhan yang terhambat.

9. Sauna selama >15 menit

Pada saat masa kehamilan, tidak dianjurkan untuk berendam di air panas. Karena dapat menyebabkan risiko keguguran. Bagi anda yang ingin mandi air panas, jangan terlalu lama, pastikan bahwa tidak lebih dari 15 menit, untuk menghindari risiko membahayakan bagi sang buah hati. air panas akan membuka pori kulit, sehingga dapat membuka jalan bagi bakteri dan penyakit untuk masuk dalam kandungan.

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade