40 Cara Agar Kamu Tetap Kreatif

Bukan cara yang mudah untuk membuatmu tetap dapat berpikir secara kreatif. Gangguan dari luar, banyaknya tugas, acara bersama teman hingga sedikitnya waktu luang membuat tingkat kreatifitas kita menjadi terbatas.

Lalu bagaimana caranya untuk mengatasi semua itu dan tetap berpikir kreatif ? Lihat ulasannya berikut ini :

1. Buat Papan Inspirasi

Bagaimana caranya ? Coba browsing karya-karya yang kamu sukai dan masukkan dalam filemu. Jika kehabisan ide, kamu bisa melihat file-file tersebut sebagai inspirasimu.

2. Jalan-Jalan

Banyak hal baru di luar sana yang mungkin belum kamu ketahui. Daripada hanya berdiam diri di rumah, lebih baik jalan-jalan keluar dan menemukan hal baru yang bisa menjadi referensi atau inspirasi ide kreatifmu.

3. Banyak Berlatih

Agar kemampuan otakmu tetap terasah, coba untuk terus berlatih. Cari waktu kosong dan gunakan untuk melatih kemampuanmu.

4. Eksperimen

Kamu tak akan pernah mengetahui sesuatu yang baru tanpa mencobanya terlebih dahulu. Jangan takut untuk mencoba sesuatu yang baru karena kamu tidak pernah tahu apa hasilnya.

5. Bersosialisasi

Masuk ke dalam komunitas dan berkenalan dengan teman lain seprofesi. Kamu akan mendapat banyak pengetahuan baru yang tidak kamu tahu sebelumnya.

6. Ikuti Tren

Jangan karena kamu suka dengan gaya tertentu membuatmu menutup mata pada hal baru. Seorang yang kreatif harus tetap mengikuti tren agar sesuai dengan perkembangan zaman yang ada. Dengan begitu hasil karyamu tak akan “basi”.

7. Belajar Sesuatu Yang Baru

Misalnya kamu adalah seorang desainer grafis, tidak ada salahnya jika kamu mempelajari bidang lainnya, misalnya animasi atau seni cat air. Dengan begini, kemampuan dan pengalamanmu otomatis akan bertambah sehingga bisa dijadikan sebagai inspirasi.

8. Baca Buku

Buku adalah gudangnya ilmu pengetahuan. Semakin banyak buku yang kamu baca, maka akan semakin banyak wawasan yang kamu peroleh untuk kemudian digunakan dalam karyamu.

9. Catat

Jangan biarkan idemu melayang begitu saja. Segera catat apapun ide yang sedang terlintas di pikiranmu dan lakukan hal ini setiap kalinya. Suatu hari nanti kamu bisa melihat catatan tersebut ketika akan membuat sesuatu.

10. Ubah Rutinitas

Apa kamu tidak bosan dengan rutinitas yang itu-itu saja ? Sesekali kamu harus merubah jadwal kegiatan agar tidak bosan dan bisa merasakan sesuatu yang baru.

11. Kumpul Dengan Orang-Orang Kreatif

Beranikan dirimu untuk berkumpul dengan teman-teman lainnya yang juga merupakan pekerja seni. Cerita-cerita dan pengalaman orang lain bisa kamu jadikan bahan pembelajaran dan referensi.

12. Lihat Hasil Perlombaan

Cari perlombaan yang sesuai dengan bidangmu dan lihat hasil yang dibuat oleh para peserta. Melihat hasil karya orang lain adalah sebuah pembelajaran yang efektif.

13. Datang Ke Pameran

Luangkan waktu untuk datang ke pameran tertentu dan belajar dari sana. Cari referensi dan inspirasi dari sana. Bahkan kamu bisa menemukan banyak klien atau rekan kerja sama yang potensial.

14. Kolaborasi Dengan Orang Lain

Terkadang kamu harus mengandalkan orang lain untuk memberimu bantuan dan melengkapi hasil karyamu. Bekerja sama dengan orang lain bisa membuka matamu terhadap pandangan orang lain.

15. Berlibur

Kita yang terbiasa tinggal di daerah perkotaan selalu dipusingkan dengan jadwal yang padat setiap harinya. Jernihkan pikiranmu dengan berlibur ke kota atau bahkan negara lain. Pikiran yang bersih akan membantumu mengembangkan ide kreatif.

16. Cari Hobi Baru

Cari dan tambah hobimu untuk menghilangkan rasa jenuh. Suatu hobi baru akan menambah wawasan, pengalaman, bahkan teman untukmu. Semua hal itu akan mendorong kreatifitasmu meningkat.

17. Tantang Diri Sendiri

Salah satu hal terbesar yang menghalangi kreatifitasmu adalah diri kamu sendiri. Terkadang kamu takut untuk melakukan sesuatu dan hal itulah yang menghalangi kreatifitas.

18. Buat Daftar

Agar kehidupan dan pekerjaanmu lebih teratur, maka buat jadwal sedetail mungkin tapi tetap memasukkan waktu luang di dalamnya. Dengan begini, kamu masih bisa memiliki waktu untuk melatih kemampuanmu dan membuat prioritas kegiatan.

19. Mediasi

Kehidupan kota yang bising akan membuat kita semakin penat. Cari tempat yang tenang dan jauh dari kebisingan kota untuk melakukan mediasi.

20. Minta Saran

Jangan minder atau marah jika ada orang yang mengkritikmu. Justru kamu harus meminta saran dari orang lain untuk memaksimalkan hasil karyamu.

21. Dengarkan Musik

Lagu dan musik dipercaya bisa mengembalikan mood seseorang menjadi baik. Suasana hati yang berubah karena musik akan turut mempengaruhi caramu berpikir dan bekerja.

22. Nonton Film

Film dapat menjadi sumber inspirasi bagi ide dan kreatifitas. Sebuah film mengandung banyak makna dan cerita tersembunyi di dalamnya. Coba untuk menggali sebuah film dan dapatkan rahasia di baliknya.

23. Ambil Resiko

Jangan takut untuk mencoba sesuatu yang beresiko. Siapa tahu hal itu malah akan membawamu ke sebuah “tempat” baru.

24. Buat Daftar Hal Yang Diinginkan

Punya banyak mimpi ? Buat daftar semua mimpi dan hal yang ingin kamu inginkan dan jadikan itu sebagai motifasi dan inspirasi bagimu.

25. Tata Ulang Ruang Kerja

Meja dan ruangan kerja yang ditata ulang akan membuat suasana baru bagimu. Suasana yang segar dan menyenangkan akan membantu meningkatkan semangat dan kreasimu.

26. Cintai Apa Yang Kamu Lakukan

Untuk apa melakukan sesuatu yang tidak kamu sukai ? Melakukan hal yang kamu sukai tidak akan memberikan beban bagimu, sehingga kamu akan lebih bebas melakukan sesuatu pada karyamu.

27. Selesaikan Pekerjaanmu

Jangan pernah menunda pekerjaan, selesaikanlah tepat waktu. Gunakan waktu bekerja seefektif mungkin agar tak ada lagi pekerjaan yang menumpuk dan membuatmu stres.

28. Kunjungi Museum Dan Galeri

Karya seni dan cerita sejarah adalah sumber pengetahuan yang baik untuk meningkatkan kreatifitas.

29. Tulis Diari

Walaupun sudah jarang dilakukan oleh orang-orang, namun menulis diari merupakan salah satu cara untuk merefleksikan diri dan melihat apa saja impianmu. Tuangkan semua pikiran dan perasaan yang kamu pendam di diari agar merasa lega. Tulis juga semua mimpi yang kamu cita-citakan. Lakukan hal ini setiap hari, maka kamu akan selalu terinspirasi.

30. Coba Berteman Dengan Lawan Jenis

Hal ini sebenarnya tidak harus, tapi bisa untuk kamu coba. Jika tidak sungkan, coba buka hati dan terima perasaan si dia. Menjalin hubungan dengan orang lain akan sedikit banyak mengubah hidup, perasaan, pandangan dan juga mood sehari-hari. Kamu akan memiliki pengalaman yang berbeda dari hal ini.

31. Tidur Siang

Isitirahatkan dirimu sejenak dari kesibukan yang ada dengan tidur siang. Kamu akan merasa lebih segar dan siap melanjutkan kegiatanmu.

32. Dengarkan Pidato Motivasional

Untuk menambah inspirasi dan kreatifitas, coba dengarkan pdiato motivasional dari tokoh kesukaanmu.

33. Pergi Ke Teater

Mirip dengan menonton film, pergi ke pertunjukan teater akan memberikanmu inspirasi. Jalan cerita, latar belakang, make up bahkan kostum bisa kamu pelajari dan jadikan ide baru untuk karyamu selanjutnya.

34. Latihan

Sebuah hasil tidak akan bisa maksimal tanpa melalui proses latihan yang tekun terlebih dahulu. Kamu tidak akan bisa menjadi seorang pemain piano profesional hanya dengan satu atau dua kali latihan bukan ?

35. Wisata Kuliner

Agar tubuhmu tidak bosan, tidak ada salahnya kamu wisata kuliner mencoba menu makanan baru. Perut yang kenyang akan membuat hati senang dan mempengaruhi kinerjamu.

36. Jangan Bandingkan Dirimu Dengan Orang Lain

Tidak ada satupun orang yang sama persis di dunia ini, setiap orang memiliki keunikannya masing-masing. Ini berarti kemampuan yang dimiliki setiap orang juga berbeda, jadi berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain.

37. Pertanyakan Banyak Hal

Biasakan untuk bertanya jika ada sesuatu yang tidak kamu mengerti. Jawaban yang kamu temukan dapat digunakan sebagai informasi baru.

38. Hindari Hal Yang Mengganggu

Jangan mudah tergoda oleh hal tidak penting yang mengganggu pekerjaanmu. Fokus pada apa yang sedang dikerjakan.

39. Jangan Takut

Selalu berani untuk melakukan sesuatu dan mencoba hal baru. Jangan biarkan kreatifitasmu terhalang oleh rasa takut.

40. Harus Penasaran

Orang yang penasaran akan banyak mengajukan pertanyaan dan bahkan berdebat. Jawaban-jawaban yang kamu dapatkan dari rasa penasaranmu bisa jadi membuatmu memiliki banyak wawasan dan ide yang baru.