Shalawat, Sebuah Refleksi Diri Atas Kecintaan Kita Kepada Nabi Muhammad SAW

Shalawat adalah sebuah refleksi diri, betapa cintanya seorang umat kepada Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana yang tertulis didalam Alqur’an surat al-Ahzab ayat 56 yang artinya “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Selain sebuah perintah dari Allah SWT, shalawat juga mempunyai keutamaan yang begitu banyak dan besar jika seseorang mau mengamalkannya. Ada banyak sekali shalawat-shalawat yang bisa kita amalkan untuk bisa mendapatkan keutamaan bershawalat, salah satunya shalawat nariyah. Dan diantara keutamaan-keutamaan bersholawat yaitu,

Mudah dikabulkannya sebuah doa.

Rosulullah SAW bersabda, “Apabila salah seorang di antara kamu membaca shalawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah Azza wa Jalla dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah shalawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki.” (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi). Inilah salah satu kelebihan yang bisa kita dapatkan dari membaca dan mengamalkan shalawat. Dalam hadist lain dikatakan, Rasullah SAW bersabda, “Setiap doa akan terhalang (untuk dikabulkan) hingga dibacakan shalawat kepada Muhammad dan keluarganya.” (HR Thabrani).

Pahala yang berlipat.

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali.” (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i).
 Diangkat derajatnya di sisi Allah SWT

Sebuah kisah, pernah suatu waktu Rasulullah tampak bahagia dan terlihat cerah tampak diwajah beliau. Sahabat pun bertanya, “Ya Rasulullah, pagi ini sungguh Engkau tampak terlihat bahagia bagaikan terlihat sinar cerah diwajahmu.” Rasulullah pun bersabda, “Memang benar. Semalam aku ditemui oleh seorang utusan Tuhanku Yang Mahaagung. Dia berkata, ‘Barang siapa di antara umatmu yang bershalawat kepadamu sekali, maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikannya sebanyak sepuluh derajat, dan mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula’.” (HR Ahmad).

Di hari akhir akan dikumpulkan bersama Rasulullah SAW di surga.

Rasulullah SAW bersabda, “Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca shalawat kepadaku.” (HR Tirmidzi).

Akan mendapatkan syafaat atau pertolongan dari Nabi SAW.

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya orang yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Lalu, mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuat tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah. Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat.” (HR Muslim).

Sungguh sangat luar biasa faedah yang bisa kita dapatkan dari mengamalkan dan membiasakan lisan kita untuk membaca sholawat. Semoga kita termasuk orang-orang yang selalu istiqomah mengamalkan sholawat, semata-mata karena kecintaan kita kepada baginda Rasulullah Muhammad SAW. Amin.

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.