Gadget Aneh di CES 2017, Drone Unik Sampai Celana Dalam Pintar

Rachmatunnisa — detikInet

Ilustrasi CES 2017 Foto: detikINET/Rachmatunnisa

Las Vegas — Setiap tahunnya di bulan Januari, ajang CES di Las Vegas, Amerika Serikat, memamerkan inovasi dari berbagai perusahaan teknologi dunia.

Yang menarik, kita tak hanya akan menemukan teknologi canggih yang memukau, tetapi juga gadget aneh yang bagi sebagian orang mungkin menggelikan, sekadar lucu-lucuan, atau malah membuat bertanya-tanya.

Yang jelas, embel-embel pintar yang dilekatkan pada sebuah benda selalu menarik perhatian. Berikut adalah sejumlah benda pintar, mulai dari wearable gadget sampai drone unik yang detikINET temukan saat mengunjungi ajang CES 2017 pada 5–8 Januari 2017.

Drone berbentuk telur

Foto: PowerVision

Perangkat berbentuk bulat telur banyak ditemui di ajang CES 2017. Mungkin karena wujud ini dianggap unik dan tidak biasa. PowerEgg yang dibesut startup teknologi bernama PowerVision salah satunya.

PowerEgg diklaim sebagai drone quadcopter pertama di dunia yang punya fitur kontrol gerak tubuh sehingga bisa digunakan hanya dengan satu tangan dan mudah diterbangkan siapa saja.

PowerVision menyebut drone-nya tersebut dirancang sebagai drone yang menyasar segmen konsumen biasa. Namun jika melihat banderolnya yang berkisar di angka USD 1000 atau sekitar Rp 13 jutaan, sepertinya PowerVision harus berpikir untuk membuatnya lebih ramah kantong.

Sisir Pintar

Foto: Withings

Anda mungkin berpikir bahwa keramas rambut adalah kegiatan yang tidak perlu dipikirkan dengan sangat serius. Tunggu dulu, bisa jadi anggapan ini salah.

Kerastase Hair Coach yang diciptakan oleh Withings dan L’Oreal adalah sisir terkoneksi yang akan mengecek kondisi rambut dan cara Anda menyisirnya. Informasi ini nantinya akan ditampilkan melalui aplikasi di smartphone.

Kerastase Hair Coach rencananya akan dijual mulai awal tahun ini seharga kurang dari USD 200 atau di bawah 2 jutaan. Masih lumayan mahal sih.

Pakaian Terbang

Foto: Theory

Yang satu ini, bukan pakaiannya yang terbang, melainkan membuat kita serasa terbang. Virtual Reality (VR) sepertinya jadi tema menarik lainnya yang banyak dijumpai di berbagai booth di CES 2017, salah satunya Hypersuit.

Dikembangkan oleh startup bernama Theory, Hypersuit memungkinkan kita merasakan seperti bisa terbang melalui dunia VR ketika kita tengah berbaring santai di rumah, mengontrol gerakan dengan tangan Anda.

Theory menghubungkan pakaian pintar dengan headset VR HTC Vive untuk mendemonstrasikan bagaimana meloncat, melayang di ruang angkasa dan merasakan bagaimana menjadi superhero.

Robot Proyektor Panasonic

Foto: Panasonic

Dalam beberapa tahun ke depan, orang mungkin akan semakin terbiasa melihat kehadiran robot di sekelilingnya. Di ajang CES 2017, banyak ditampilkan robot dengan beragam fungsi, baik yang baru tahap prototipe sampai yang sudah jadi dan komersial.

Panasonic ternyata juga diam-diam mengembangkan robot yang akan membuat Anda suatu hari nanti terbiasa berbicara dengan proyektor. Ini adalah robot desktop dengan ukuran mini dan berwujud bulat telur. Dia akan berputar di sekitar meja dan berbicara dengan majikannya, serta memproyeksikan konten video ke temRobot Proyektor Panasonic

Sejauh ini, robot yang belum punya nama tersebut masih prototipe. Namun setidaknya, ini jadi pertanda bahwa Panasonic sedang mempertimbangkan untuk ambil bagian di pasar robot asisten pribadi.

Pemanggang Roti Pintar

Foto: Griffin Technology

Senang memanggang roti? Jika iya, Anda pasti akan tertarik dengan pemanggang roti pintar yang terkoneksi bluetooth besutan startup bernama Griffin Technology.

Pemanggang roti ini dilengkapi dengan aplikasi di smartphone yang memungkinkan Anda mengontrol temperatur dan tingkat kematangan pemanggang roti.

Dijadwalkan meluncur pertengahan 2017, pemanggang roti pintar ini akan dipasarkan dengan harga di kisaran USD 100 atau sekitar Rp 1,3 jutaan.

Kamera Pintar untuk Kulkas

Foto: Smarter

Kulkas pintar tentu mahal harganya. Sebagai alternatif, kamera pintar seharga USD 150 (sekitar Rp 2 jutaan) untuk kulkas ini mungkin bisa menjadi gantinya.

FridgeCam besutan perusahaan bernama Smarter, akan ditempatkan di dalam kulkas dan mengambil foto isi kulkas setiap kali Anda menutup pintunya.

Selanjutnya, FridgeCam akan mengirimkan hasil jepretannya tersebut ke aplikasi di smartphone. Fungsi kamera ini sangat bermanfaat untuk mengingatkan Anda apa saja yang masih tersisa dan harus dibeli ketika berbelanja isi kulkas.

Celana Dalam Pintar

Foto: Spartan

Wearable gadget tak sebatas smartwatch, kacamata pintar dan fitness tracker. Seiring perkembangannya, wearable gadget bahkan tampil pula dalam wujud celana dalam pintar.

Sebuah startup bernama Spartan, membuat celana dalam pria yang disematkan teknologi, yang terinspirasi dari kekhawatiran akan dampak radiasi ponsel terhadap kualitas sperma pria.

Benang silver yang dibenamkan ke produk ini diklaim akan menciptakan lapisan elektromagnetik yang akan memproteksi bagian intim pria dari radiasi ponsel yang kerap ditaruh di saku celana.

Spartan terbilang sukses mencuri perhatian dan membuat penasaran di CES 2017, yakni dengan menampilkan model menggunakan celana dalam pintar tersebut berjalan-jalan di sekitar booth pameran. (rns/asj)

Lihat Juga:

10 Tutorial Cara Mengetahui Perbedaan HDD dan SSD [ LENGKAP ]

Like what you read? Give Dedi R Rainer a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.