Kulkas Canggih Bisa Pesan Belanjaan Sendiri

Foto: detikINET/Adi Fida Rahman

Foto: detikINET/Adi Fida Rahman

Jakarta — Pameran CES tahun ini turut dimeriahkan dengan kehadiran kulkas pintar. Tidak sekadar mendinginkan makanan, mereka dapat memesan belanjaan sendiri.

Ada dua vendor yang memboyong kulkas pintarnya ke Las Vegas, yakni Samsung dan LG. Kulkas pintar Samsung bernama Family Hub 2.0, sedangkan LG punya julukuan Smart InstaView.

Kedua kulkas tersebut dibekali layar sentuh layaknya tablet di bagian pintunya. Berbagai macam hal dapat dilakukan dari sana. Namun, kemampuan masing-masing berbeda satu sama lain.

Family Hub 2.0

Layar sentuh 21 inch yang tersemat di kulkas ini dapat dijadikan papan digital keluarga. Mereka bisa mencorat-coret atau memasang memo secara langsung atau lewat aplikasi di smartphone.

Setiap anggota keluarga pun dapat membuat profil sendiri dengan menggunakan avatar atau foto pribadi.

Foto: undefined

Pengguna dapat mengakses sejumlah aplikasi, salah satunya adalah Recipe. Aplikasi ini berisikan ratusan resep masakan dari berbagai negara. Teks yang ditampilkan dapat diperbesar sehingga memudahkan pengguna.

Samsung turut meningkatkan membuat manajemen makanan makin ditingkatkan. Lewat kamera yang terpasang di dalamnya, pengguna dapat menentukan makanan mana yang perlu diisi ulang.

Foto: undefined

Cukup menggunakan foto dari item tersebut untuk dimasukkan ke daftar belanjaan dan memesannya lewat aplikasi yang terinstal di kulkas.

Tidak ketinggalan fitur perintah suara pun disematkan di dalamnya. Pengguna dapat menanyakan cuaca, membuat daftar belanja tanpa harus menuliskannya hingga mengendalikan berbagai aplikasi lain.

Smart InstaView

Bentangan layar yang dipunyai kulkas ini berukuran 29 inch. Pada kondisi normal, layar ini seakan tak terlihat menyatu dengan desain keseluruhan. Ketika diketuk dua kali, layar akan aktif. Pengguna dapat langung melihat isi kulkas tanpa harus membuka pintunya.

Foto: undefined

LG menyematkan sistem operasi WebOS seperti ditemui di perangkat televisinya. Tapi paling menarik, kulkas ini dikolaborasikan dengan asisten digital Alexa besutan Amazon.

Dengan fitur ini, pengguna dapat mengendalikan kulkas ini lewat perintah suara. Mulai dari manajemen penyimpanan bahan makanan, berbelanja, mencari resep hingga mendengarkan musik.

Fitur yang tidak kalah menarik adalah Smart Tag. Memungkinkan pengguna dapat menempelkan catatan digital pada layar yang berisi daftar seluruh bahan makanan yang tersimpan berikut batas kadaluarsanya. Kulkas ini akan mengingatkan pengguna kala kadaluarsa makanan sudah mendekati tanggalnya.

Foto: undefined

Tidak ketinggalan, LG menempatkan kamera 2MP dengan sudut pengambilan lensa lebar dalam kabin penyimpan untuk mengambil gambar dalam berbagai sudut. Pengguna dapat mengaksesnya lewat smartphone, alhasil mereka dapat memastikan membeli bahan makanan yang sesuai dengan kebutuhannya.

Baik Family Hub 2.0 maupun Smart InstaView belum diumumkan berapa harga jualnya. Demikian pula kapan akan mulai dipasarkan. Tapi kemungkinan di semester pertama 2017. (afr/asj)

Baca Juga:

[LENGKAP] Tutorial Cara Menggunakan WhatsApp di Laptop/PC Terbaru

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.