Bagaimana Cara Memilih Warna Cat Ruang Keluarga

Denia Silvia — Anda telah mendengar kisah-kisah kegembiraan dan relaksasi yang menggetarkan, di antara dinding taupe dan beraksen indah dengan marun atau biru royal yang dalam. Cerita-cerita ini membuat Anda terjaga di malam hari, memimpikan skema warna yang sempurna untuk ruang tamu Anda sendiri. Baik dipandu oleh suasana hati yang Anda harapkan untuk ciptakan atau kecenderungan untuk mengelilingi diri Anda dengan pengaruh tematik yang dicoba dan benar, Anda akan mendapat manfaat dari pemahaman tentang cara mencocokkan warna dan menentukan warna dominan, sekunder, dan aksen.

Bagaimana Cara Memilih Warna Cat Ruang Keluarga

Warna Cat Ruang Keluarga Apa yang Anda Inginkan?

  1. Kembangkan ide suasana hati yang ingin Anda ciptakan. Suasana mengacu pada nada, karakter, dan suasana lingkungan. Suasana sangat memengaruhi suasana hati yang dipengaruhi ruangan. Pikirkan tentang peran yang Anda inginkan ruangan untuk bermain dalam hidup Anda. Di antara faktor yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah sebagai berikut:
    - Jam berapa Anda cenderung menggunakan ruang tamu?
    - Apakah Anda berharap ruangan memberi Anda energi atau bersantai?
    - Apakah Anda biasanya membiarkan sinar matahari masuk melalui jendela?
  2. Manfaatkan cahaya alami. Ada kombinasi warna tertentu yang dimaksudkan untuk ruang keluarga yang sangat cerah. Jika ruang tamu akan ditempati di siang hari dan sangat diterangi cahaya matahari, warnai dinding dengan nada permata jenuh atau nuansa bersahaja.
    - Warna cerah, seperti hijau safir biru atau zamrud tampak hebat di bawah sinar matahari.
    - Sama halnya, warna gelap yang bersahaja hanya bekerja di ruangan dengan banyak cahaya alami, karena cahaya menghalangi ruang tamu agar tidak terlihat terlalu gelap.
    - Perhatikan bahwa warna-warna ini cenderung terlalu kuat dalam cahaya rendah, dan sebaiknya tidak digunakan di ruangan yang tidak cukup terang.
  3. Meringankan ruang gelap dengan warna cerah. Jika, di sisi lain, ruang tamu Anda tidak mendapatkan jumlah sinar matahari yang baik, atau Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu di ruang tamu Anda pada malam hari, ada warna-warna tertentu yang dapat membantu mencerahkan ruang.
    - Gading dan buttercup kuning dapat membuat ruang tamu yang tidak menerima banyak cahaya tampak lebih cerah, terutama ketika warna-warna ini digunakan secara mencolok.
  4. Ciptakan ruang keluarga hangat dengan nada hangat. Aspek yang sama, meskipun berbeda untuk dipertimbangkan adalah kehangatan ruangan. Merah tua, jeruk yang dibakar, dan hampir semua warna emas dan coklat dapat digunakan untuk menciptakan ruang yang nyaman dan bercahaya yang sangat cocok untuk ruang tamu.
    - Kombinasi ini sangat bagus untuk warna cat ruang keluarga yang digunakan baik siang hari dan malam hari, karena mereka menekankan kenyamanan atas energi, tetapi tidak terlalu gelap untuk digunakan siang hari.
    - Hindari penggunaan warna-warna cat ruang keluarga cerah merah atau oranye sebagai warna dominan atau sekunder, karena warna-warna ini cenderung membawa terlalu banyak energi dan mungkin tampak berlebihan.
  5. Rileks ruangan dengan nada dingin. Di sisi lain, blues, cool violets, dan grey sangat berguna dalam menciptakan suasana tenang yang mampu menenangkan Anda, keluarga Anda, dan tamu Anda. Baca Juga: 10 Cara memilih warna cat dapur terbaik
    - Jika ruang keluarga Anda cenderung memiliki penghuni terutama di malam hari, nada pendinginan mungkin yang terbaik, terutama jika Anda cenderung bersantai di ruang ini.
  6. Kecilkan atau kembangkan ruang tamu Anda dengan warna. Ini adalah aspek lain yang sangat penting untuk dipertimbangkan. Salah satu cara paling pasti yang dapat memengaruhi nuansa ruang adalah dengan memanipulasi ukuran kamar Anda. Warna terang membuka ruangan, sementara warna yang lebih gelap membuat ruang terlihat lebih tertutup.
    - Jika Anda memiliki ruang keluarga kecil, Anda dapat membuatnya tampak lebih besar dengan mengisinya dengan warna yang lebih terang.
    - Buat ruangan yang sama terlihat lebih nyaman dengan warna sedang hingga gelap.