Halo!

Tidak terasa sudah tiga bulan Departemen Pengabdian Masyarakat BEM FH UI 2020 telah melaksanakan program-program kerjanya. Sebagai bentuk pertanggungjawaban, kami telah mempublikasikan Laporan Keuangan Departemen Pengabdian Masyarakat BEM FH UI 2020 Periode Februari - April 2020.

Berikut adalah tautan-tautan yang dapat diakses:

Laporan Keuangan Periode Februari - April 2020:
bit.ly/KeuanganPengmasFebruariApril2020

Data Donatur Eksternal FH UI Mengabdi per tanggal 30 April 2020:
bit.ly/DonaturEksternalFHUIMengabdi2020

Bukti Pembayaran:
bit.ly/BuktiBayarPengmas2020

Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung program-program kerja kami selama tiga bulan ini. Dukungan kalian telah membantu melancarkan program-program kami. Oleh karena itu, kami mohon untuk dapat selalu mendukung kami dalam setiap program kerja yang akan dilaksanakan ke depannya.

Narahubung:
Momo (085888913420/stanislausds)

Departemen Pengabdian Masyarakat
BEM FH UI 2020
Nyalakan Asa, Padu Mencipta

Bergantinya tahun menandakan bahwa kepengurusan Departemen Pengabdian Masyarakat BEM FH UI 2019 akan segera berakhir. Segala momen kebersamaan yang meninggalkan banyak kesan, penuh keluh kesah, dan juga gelak tawa; yang awalnya merupakan keseharian dan rutinitas akan berakhir menjadi suatu kenangan. Maka dari itu, sebelum kami benar-benar pamit, izinkan saya untuk menuliskan suatu refleksi akhir tahun.

Februari 2019. Kembali ke awal paruh ketika kami dipertemukan pertama kali. Momen ketika saya dipertemukan oleh 18 individu dengan karakteristik yang berbeda-beda. Juga tidak lupa pada Dimas, Bila, Mama Wahyu, Mama Ana, Afifah, dan lainnya – warga Kebun Sayur Ciracas; komunitas yang kami bantu berdayakan…

Seperti apa yang dikatakan Tony Stark “Part of the journey is the end” dimana bahwa akan selalu ada akhir dari sebuah perjalanan. Sama dengan perjuangan yang dilakukan Tony Stark, akan ada akhir dari pengabdian yang dilakukan oleh Departemen Pengabdian Masyarakat BEM FH UI 2019. Hal ini bukan berarti kita harus berhenti melakukan pengabdian, pengabdian tetap akan dilakukan oleh masing masing staf dan juga BPH Departemen Pengmas BEM FH UI 2019 di tempat lain karena kita harus menutup chapter ini dan menulis perjalanan yang baru.

Pengabdian yang dilakukan oleh Pengmas BEM FH UI 2019 selama setahun ditutup dengan Malam Apresiasi yang…

When you’re an entrepreneur, there are so many constrains: time, money, energy. It can be easy to feel as though you can never achieve your dreams and desires.” — Corryn barakat.

Berwirausaha bukan soal mudah. Butuh keyakinan, tekad kuat, dan kesetiaan penuh menghadapi berbagai rintangan. Melakukan hal baru memang penuh risiko, namun itulah inti dari usaha yang kita bangun agar bisa lebih berkembang. Memang melakukan hal yang statis bukan sesuatu yang salah, namun kita tentu harus bergerak maju bukan?

Memegang program kerja social entrepreneurship merupakan tantangan tersendiri. Bukan mau kami, tapi wirausahanya sendiri. Sebagai fasilitator, Elsa dan Jojo menyalurkan ide-ide…

Jika teman-teman membaca judul tulisan ini, artinya teman-teman membaca tema yang diangkat pada Sekolah Kepemimpinan dan Pengabdian 2019 (SKIP 2019). Sebelum membahas mengenai SKIP 2019, cerita kali ini diawali dari bulan Juli, awal perjalanan dari SKIP 2019.

Bulan Juli tahun ini adalah saksi dari awal perjalanan Pengurus Inti dan Panitia SKIP 2019. Untuk mendapatkan latar belakang, tema kegiatan, hingga pembicara kelas bukanlah hal yang mudah. Sangat banyak halangan dan rintangan yang tidak dapat disebutkan satu per satu. Namun, saya yakin bahwa mempersiapkan SKIP 2019 adalah salah satu pembelajaran terbaik yang saya dapatkan di Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Bulan Agustus tidak…

Kunjungan TIS ke Rumah Belajar Matalangi

Pada hari minggu tanggal 15 September 2019 Matalangi ramai dengan orang-orang yang berbeda. Pada minggu itu kami kedatangan teman-teman dari Technique Informal School (TIS). Adik-adik matalangi tentunya senang dan kaget melihat pegajar baru yang datang ke Matalangi selain dari IKM FH UI. Teman-teman dari TIS datang ke matalangi dengan penampilan yang cukup menarik perhatian dengan seragam biru tua yang mereka pakai.

Sebelumnya, kami memang diajak untuk melakukan pertukaran pengajar dengan pihak TIS jauh sebelum hari itu. Kesepakatan yang terjadi adalah Matalangi mengajar adik-adik TIS pada hari sabtu sedangkan pada hari minggunya, giliran TIS yang mengajar adik-adik Matalangi. …

Pada 22, 28, dan 29 September 2019, Departemen Pengabdian Masyarakat BEM FH UI telah menyelenggarakan kegiatan SEHATI 2019. Akhirnya setelah berbulan-bulan lamanya menyiapkan kegiatan tersebut, SEHATI 2019 berjalan dengan lancar. Semua dimulai dari riset-riset pertama gue dan Valdi. Kami berdua memulai riset pada BEM FKM UI, BEM IKM FK UI, dan BEM FKG UI. Seru, bertemu orang baru, dan seru juga menghubungi mereka. Suka duka kolaborasi juga banyak, mulai dari yang late reply, sudah sampai tempat riset tapi justru dicancel, disapa maba FK karena keliaran di RIK, dan masih banyak lagi.

Di hari H, banyak kejadian-kejadian seru dan gak akan…

Bentuk Apresiasi untuk Bantu Mereka Gapai Mimpi

Mengutip. kalimat dari paragraf pertama video teaser program kerja ini, “Pengabdian, tidak selalu tentang hal yang besar. Terkadang, melalui hal yang tak terlihat. Seperti pengabdian mereka, kepada FH UI”

Sebetulnya, siapa sih mereka itu? Mereka adalah bagian dari kita, yang seringkali kita abaikan. Mereka adalah yang bekerja sampai larut malam, untuk orang-orang yang mereka sayang – karena saya yakin, setiap orangtua pastinya menginginkan pendidikan yang terbaik bagi anak-anaknya. …

Hari kemerdekaan Indonesia merupakan perayaan yang dinanti-nanti masyarakat Indonesia. Tidak terkecuali dengan warga Kebun Sayur Ciracas yang antusias merayakan perayaan hari kemerdekaan pada tahun ini. Berbagai kegiatan seperti upacara bendera, beragam perlombaan, hingga pertunjukan budaya turut meramaikan perayaan hari kemerdekaan.

Persiapan acara dilakukan warga Kebun Sayur Ciracas dari hari sebelumnya dengan membuat gapura yang terbuat dari kayu, dihias dan dipasang di depan Lapangan Kebun Sayur. Selain itu, di lapangan terdapat juga panggung musik dan dua ondel-ondel disampingnya. Acara dimeriahkan dengan tarian-tarian dari berbagai daerah oleh warga Kebun Sayur, dilengkapi juga dengan pakaian adat mereka. Tamu undangan, perwakilan LBH Jakarta, dan…

Sesuai dengan fungsi advokasi sosial dari Departemen Pengabdian Masyarakat BEM FH UI, pada 2019 kami kembali mendampingi warga Kebun Sayur Ciracas untuk melakukan advokasi isu penggusuran. Dengan kondisi paruh awal tahun ini yang tidak mendatangkan ancaman nyata bagi warga Kebun Sayur, maka kami berfokus pada penguatan internal warga. Hal tersebut kami lakukan dengan membentuk sebuah paguyuban, dengan harapan partisipasi warga dalam advokasi lebih meningkat.

Selama ini, dapat dibilang partisipasi warga Kebun Sayur dalam advokasi isu penggusuran belum maksimal. Jika ada kegiatan yang berhubungan dengan advokasi isu, hanya Tim Sembilan dan beberapa warga lainnya yang berkenan untuk ikut serta. …

Departemen Pengabdian Masyarakat BEM FH UI

Halo! Selamat datang di kanal Medium Departemen Pengabdian Masyakarat BEM FH UI. Kanal ini berisi kisah-kisah yang ditulis oleh fungsionaris kami :)

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store