BOS VS PEMIMPIN

Hi Everyone,

Sering kita mendengar kedua kata tersebut didalam aktivitas kerja kita sehari-hari, Secara tidak langsung memang kedua kata tersebut tidak memilik perbedaan, itu karena secara posisi mereka berada di paling atas dalam sebuah perusahaan ataupun oraganisasi, akan tetapi banyak dari kita masih belum mengetahui dari perbedaan itu sendiri, padahal perbedaan itu dapat dilihat secara umum dan bahkan secara real.

Berikut saya akan menjelaskan beberapa perbedaan antara Bos dan Pemimpin

  • Bos akan mengatakan SAYA dan Pemimpin akan mengatakan KITA

Ini sering sekali terjadi sebuah perusahaan bahkan mungkin di tempat anda bekerja, dimana Atasan anda adalah Bos anda yang selalu mengatakan Saya Bos, Saya yang mengatur, ini perintah saya, ini urusan saya.

Beda dengan Pemimpin, yang selalu mengatkan, Inilah hasil kerja kita, kita berhasil dan kata-kata lainnya yang begitu sangat kekeluargaan.

  • Bos mengambil penghargaan dan Pemimpin memberikan penghargaan

Bos akan selalu berambisi untuk mendapatkan sebuah penghargaan untuk dirinya sendiri demi menojolkan dirinya dan jabatannya, meskipun penghargaan itu adalah hasil dari kerja keras tim.

Sedangkan pemimpin adalah dia yang selalu memberikan penghargaan demi suatu motivasi untuk tim.

  • Bos Micromanage sedangkan Pemimpin Delegates

Micromanage maksusdnya mengatur secara skill, Bos akan selalu mengatur karyawannya didalam suatu lingkungan bahkan hingga untuk masalah terkecil sekalipun

Sedangkan Pemimpin selalu Delegates anak buahnya, dia mendelagasi anak buahnya dan memberikan kebebasan untuk berkembang.

  • Bos berpikir pendek dan Pemimpin berpikir panjang

Bos selalu mementingkan hasil dari jangka pendek karena mereka terfokus untuk hasil yang saat ini, sedangkan Pemimpin lebih memfokuskan pada tim, selalu memiliki mimpi dengan tim, itulah mengapa Pemimpin selalu berpikir panjang.

  • Bos memanfaatkan Manusia dan Pemimpin mengembangkannya

Bos selalu menginginkan karyawannya untuk melakukan pekerjaan yang di perintahkanya tanpa peduli dampaknya, Bos melakukan itu demi tujuan goalnya.

Sedangkan pemimpin yang selalu memikirkan timnya dan Pemimpim selalu berpikir bagaimana cara mengembangkan timnya agar bisa terus berkembang bersama dirinya.

  • Bos mengintimidasi sedangkan Pemimpin memotivasi

Kebanyakan dari karakte bos lebih sering mengintimidasi sehingga membuat bawahaannya tertekan, sedangka Pemimpin lebih memotivasi dan memberikan kepercayaan kepada timnya serta memberikan setiap solusi dari setiap masalah.

  • Bos menyakahkan kegagalan dan Pemimpin memperbaiki Kegagalan

Seorang Bos akan menyalahkan orang lain atau bawahannya jika melakukan kesalahan, dia akan mencari banyak alasan demi menutupi kesalahannya agar tidak memperburuk citranya.

Seorang pemimpin akan memperbaiki setiap kegagalannya serta dan mencari cara lain untuk mengatasi kegagalan tersebut bersama timnya.

Itulah perbedaan antara Bos dengan Pemimpin, menurut saya pribadi Bos ialah orang yang belum cukup mempunyai sifat-sifat dari seorang pemimpin, sedangkan Pemimpin ialah orang yang memang mempunyai semua sifat-sifat Ilmiah dari seorang Pemimpin, dengan kata lain seorang Bos tidak bisa dikatakan bahwa dia seorang pemimpin.

http://derryez.com/2016/07/bos-vs-pemimpin/

Like what you read? Give Derry Pratma Reza a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.