Perbandingan Tarif Data Internet Operator Ponsel Indonesia

Juli 2015


Kebutuhan akses data internet di Indonesia makin meningkat. Operator telekomunikasi berlomba untuk memberikan layanan data yang maksimal bagi pelanggannya. Tapi manakah yang memberikan tarif paling murah dan kuota paling besar? Mari kita lihat satu persatu.

Catatan:

- Data diambil dari website masing-masing operator
- Data diluar tarif promosi yang mungkin ditawarkan operator
- Tarif 4G terpisah saat data ini diolah baru ditawarkan oleh XL
- Sebagai manusia, mohon masukan bila ada kesalahan
- Tidak ada pesan sponsor diperbandingan ini.

Kuota


Kuota data besar sangat diharapkan. Dulu, tanpa kuota merupakan idaman bagi pengakses internet. Namun saat ini layanan data tanpa kuota (unlimited) merupakan hal bisa dianggap tipu-tipu oleh operator ponsel. Kecuali menikmati akses data menggunakan fixed line seperti ADSL atau Fiber Optic.

Kuota data besar di operator ponsel berarti mahal, kecuali bagi yang suka bergadang malam. Dari 3 produk yang menawarkan kuota diatas 12 GB berharga diatas 200 ribu rupiah dengan harga per GB diatas 10 ribu rupiah.

Total Kuota Terbesar

Bila ingin menikmati kuota besar kebanyakan disiang hari maka harga yang ditawarkan semuanya berada diatas harga 100 ribu rupiah.

Total Kuota Siang Terbesar

Kuota besar ketika malam hari memang lebih murah. Harganya dibawah 100 ribu rupiah. Kecuali Telkomsel Flash.

Total Kuota Malam Terbesar

Harga per GB


Oke, kuota memang penting. Tapi jika ingin mendapatkan harga yang paling maksimal dari paket data yang ditawarkan operator maka lihat dari harga per GB nya.

Dari total kuota (siang dan malam) maka operator yang menawarkan harga per GB paling murah adalah Tri. Dengan harga per GB dibawah 8 ribu rupiah bisa mendapatkan kuota data diatas 2 GB.

Harga per GB Terkecil

Jika banyak membutuhkan akses data paling banyak pada siang hari maka Tri lagi-lagi penguasa disini. Kuota 9 GB all day cuma 100 ribu rupiah? Luar biasa bukan?.

Harga per GB Siang Terkecil

Untuk malam hari masih Tri yang berkuasa namun terselip dua produk XL dengan kuota yang cukup besar.

Harga per GB Malam Terkecil

Lalu manakah yang menawarkan harga per GB paling mahal dan harus dihindari? Terpenting adalah jangan membeli paket dengan kuota kecil atau dengan embel-embel unlimited. Karena dengan FUP yang kecil sama saja dengan biaya per GB nya makin besar.

Harga per GB Terbesar

Kesimpulan


Kuota besar belum tentu mahal. Harga paket murah belum tentu jatuhnya murah. Pilih yang seimbang antara kuota yang ditawarkan dan harga paketnya.

Tri memang juara diperbandingan ini. Namun semuanya kembali ke kekuatan sinyal di masing-masing daerah. Bila sinyal Tri didaerah kamu bagus, maka gunakan Tri. Bila tidak, gunakan yang terbaik selanjutnya sesuai dengan kebutuhan.